Peningkatan kemampuan guru pendidikan jasmani dalam merancang permainan dan olahraga dalam situasi wabah corona (covid 19)

Mu’arifin Mu’arifin, Ari Wibowo Kurniawan, Febrita Paulina Heynoek, Rama Kurniawan

Abstract


Tujuan dari pengabdian ini adalah dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru pendidikan jasmani dalam merancang permainan dan olahraga untuk pembelajaran pendidikan jasmani. Pengabdian ini menggunakan metode ceramah melalui aplikasi zoom/google meet, penugasan, pengukuran hasil, dan tindak lanjut hasil. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari Pretest menunjukkan nilai persentase sebanyak 55,5 persen  dan hasil analisis data Posttest menunjukkan nilai persentase sebanyak 77,2 persen. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil dari pelatihan ini guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan terjadi perubahan setelah diberi pelatihan dalam merancang suatu permainan. Sehingga pengabdian ini efektif dan dapat mencapai tujuan yang telah diharapkan dalam kegiatan ini.

Keywords


Pengabdian; perancangan permainan; pendidikan jasmani

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2004). Evaluasi program pendidikan pedoman teoritis praktis bagi praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bucher, C. A., & Krotee, M. L. (1998). Management of physical education and sport. WCB/McGraw-Hill.

Damrah, D., Pitnawati, P., & Erianti, E. (2019). Pelatihan Tenis Terhadap Guru Pendidikan Jasmani sekolah Dasar Negeri di Kota Padang. Widya Laksana, 8(2), 202-207.

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (COVID)-19 di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education, 8(1), 1-7.

Hopper, T. (2002). Teaching games for understanding: The importance of student emphasis over content emphasis. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 73(7), 44-48.

Indonesia, P. D. P. (2020). Panduan Praktik Klinis: Pneumonia 2019-nCoV. PDPI: Jakarta.

Kurniawan, A. W., & Tangkudung, J. (2017). Development of Interactive Multimedia-Based Gymnastics Floor Techniques Learning Model for Junior High School Students. Jipes-Journal of Indonesian Physical Education and Sport, 3(1), 100-115.

Parenkuan, M. (2010). Peningkatan Kinerja Guru Pendidikan Jasmani dan Olahraga di Gugus Inti Kota Utara Kota Gorontalo. Jurnal Health and Sport, 1(1).

Sari, D. P., & Sutapa, P. (2020, August). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (PJOK). In Seminar Nasional Olahraga (Vol. 2, No. 1).

Sudijono, A., & Pendidikan, P. E. (2006). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Winarno, M. E. (2006). Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Laboratorium Jurusan Ilmu Keolahragaan.

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19): situation report, 82.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um075v1i12021p1-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muarifin, Kurniawan, Heynoek, Kurniawan

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/