Cover Image

Peningkatan kualitas basic swimming techniques klub Arwana Kota Kediri melalui program pelatihan dan parenting

Rendhitya Prima Putra, Nur Ahmad Muharram, Reo Prasetiyo Herpandika, Budiman Agung Pratama, Weda Weda, Wing Prasetya Kurniawan, Muhammad Akbar Husein Alsabah, Nendika Dyah Ayu Murika Sari, Irwan Setiawan, Septyaning Lusianti

Abstract


Latar belakang masalah dari pelatihan ini adalah masih minimnya pemahaman dari orang tua tentang program latihan yang diberikan oleh pelatih, sehingga sering terjadinya komunikasi yang kurang baik dan juga teknik dari atlet kurang sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing gaya yang ada didalam cabang olahraga renang. Dengan metode pendekatan pendampingan, pelatihan, dan pembinaan, program pengabdian pada masyarakat memberikan warna baru dalam meningkatkan teknik renang yang baik melalui program basic swimming techniques di Kota Kediri. Materi yang disampaikan adalah program parenting dalam meningkatkan kualitas basic swimming techniques di Kota Kediri khususnya pada club Arwana serta pemahaman yang dalam waktu 5 hari ini menghasilkan respon yang positif dari orang tua wali. Adapun hasil yang didapatkan adalah adanya pemahaman yang berkaitan tentang langkah–langkah yang harus dilakukan ketika melakukan gerakan teknik dalam berenang, sebagai contoh gerakan upper body dan lower body yang mengalami perubahan yang signifikan.Berdasarkan hasil dilapangan dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan best time dari masing-masing atlet baik pada kategori 200 meter, 100 meter dan juga 50 meter dengan peningkatan rata-rata 200 meter sebesar 20.15, 100 meter sebesar 11.05, dan 50 meter = 04.10.

Keywords


parenting; renang; basic swimming techniques

Full Text:

PDF

References


Akhyadi, A. S., & Mulyono, D. (2019). Program parenting dalam meningkatkan kualitas pendidikan keluarga. Abdimas Siliwangi, 1(1), 1-8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/as.v1i1p1-8.34

Lahart, I. M., & Metsios, G. S. (2018). Chronic physiological effects of swim training interventions in non-elite swimmers: a systematic review and meta-analysis. Sports Medicine, 48(2), 337-359.

Lansford, J. E., Bornstein, M. H., Deater‐Deckard, K., Dodge, K. A., Al‐Hassan, S. M., Bacchini, D., & Zelli, A. (2016). How international research on parenting advances understanding of child development. Child Development Perspectives, 10(3), 202-207. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/cdep.12186

Leahy, M. G., Summers, M. N., Peters, C. M., Molgat-Seon, Y., Geary, C. M., & Sheel, A. W. (2019). The Mechanics of Breathing during Swimming. Medicine and science in sports and exercise, 51(7), 1467-1476. https://doi.org/10.1249/MSS.0000000000001902

Letourneau, N. L., Dennis, C. L., Cosic, N., & Linder, J. (2017). The effect of perinatal depression treatment for mothers on parenting and child development: A systematic review. Depression and anxiety, 34(10), 928-966.https://doi.org/doi.org/10.1002/da.22687

Pangesti, C. B., & Agussafutri, W. D. (2017). Hubungan peran Ibu dengan konsep diri anak usia 3-5 tahun. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 160-165. https://doi.org/https://doi.org/10.34035/jk.v8i2.236

Payton, C., Hogarth, L., Burkett, B., Van de Vliet, P., Lewis, S., & Oh, Y. T. (2020). Active drag as a criterion for evidence-based classification in para swimming. Medicine and science in sports and exercise, 52(7), 1576. https://doi.org/10.1249/MSS.0000000000002281

Putro, K. Z., Amri, M. A., Wulandari, N., & Kurniawan, D. (2020). Pola interaksi anak dan orangtua selama kebijakan pembelajaran di rumah. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 124-140.

Ribilotta, A., Sergio, M., & Scarponi, D. (2020). Parental stress in the relationship with children affected by chronic hematological disease. Minerva Pediatrica. https://doi.org/10.23736/S0026-4946.20.05912-5

Sari, S. L., Devianti, R., & Nur’aini, S. (2018). Kelekatan Orangtua untuk Pembentukan untuk Pembentukan Karakter Anak. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(1), 16-31. http://doi.org/10.24014/egcdj.v1i1.4947

Sunarty, K. (2016). Hubungan Pola Asuh Orangtua dan Kemandirian Anak. Journal of Educational Science and Technology (EST), 2(3). https://doi.org/10.26858/est.v2i3.3214

Thng, S., Pearson, S., & Keogh, J. W. (2019). Relationships between dry-land resistance training and swim start performance and effects of such training on the swim start: a systematic review. Sports Medicine, 49(12), 1957-1973.

Wahidin, U. (2017). Peran Strategis Keluarga dalam Pendidikan Anak. Edukasi Islami, 01(02). https://doi.org/10.30868/ei.v1i02.19




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um075v1i12021p29-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rendhitya Prima Putra, Nur Ahmad Muharram, Reo Prasetiyo Herpandika, Budiman Agung Pratama, Weda Weda, Wing Prasetya Kurniawan, Muhammad Akbar Husein Alsabah, Nendika Dyah Ayu Murika Sari, Irwan Setiawan, Septyaning Lusianti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.