Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Guru Pendidikan Jasmani melalui pelatihan penyusunan program latihan dan sport massage

Topo Suhartoyo, Didik Rilastiyo Budi, Indra Jati Kusuma, Ayu Rizky Febriani

Abstract


Meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing merupakan program prioritas nasional tahun 2020-2024. Tujuan kegiatan meningkatkan kualitas guru pendidikan jasmani dalam menyusun program latihan dan sport massage. Metode yang digunakan melalui workshop offline, pemberian modul program latihan dan video sport massage. Peserta pelatihan merupakan guru pendidikan jasmani yang tergabung pada Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pendidikan jasmani berjumlah 15 orang. Instrument tes menggunakan uji kompetensi bentuk soal pilihan ganda 20 butir dan 5 butir soal essay. Data pre test diketahui tingkat pemahaman guru sebesar 20 persen, data post test diperoleh hasil peningkatan kualitas pemahaman sebesar 93,34 persen. Kegiatan pelatihan menunjukan peningkatan sebesar 73,34 persen sehingga kegiatan berdampak positif dan efektif dalam meningkatkan kualitas pemahaman penyusunan program latihan dan sport massage.

Keywords


Pendidikan; massage; guru; olahraga

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Raja Grafindo Persada.

Bachtiar, M. Y. (2016). Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6.

Budiningsih, C. (2011). Karakteristik Siswa Sebagai Pijakan Dalam Penelitian Dan Metode Pembelajaran. Cakrawala Pendidikan, 160-173.

Bompa, T. (2009). Periodization Theory and Methodology of Training. Hunt Publishing Company.

Darni, W. W. (2018). Peningkatan Keterampilan Massage Cedera Olahraga Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kecamatan Padang Utara. Jurnal Stamina, 1, 415–424.

Dufour, F., Dube, F., & Granger, N. (2015). Assessment of Coating Quality in Cathodic Protection and Coating Systems. Journal of Educational Research, 3 (6), 07–712.

Dwiyogo, W. D., & Cholifah, P. S. (2016). Continuing Professional Development for Physical Education Teacher in Elementary School through Blended Learning. International Conference on Education, 948–955.

Fakhruddin, F., Ahmadi, F., Sumilah, S., & Ansori, I. (2017). IBM Guru Sekolah Dasar Melalui Upaya Peningkatan Kualitas Guru dengan 1 Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran pada Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Abdimas, 21(2), 103-110.

Handayani, T. &, & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Guru, dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabiltas Management Pendidikan, 3, 264–277.

Junaidi, S., Hanief, Y. N., Rizky, M. Y., Zawawi, M. A., Weda, W., Firdaus, M., & Setyawan, I. (2017). Pelatihan Massage Kebugaran Sebagai Media untuk Menciptakan Peluang Usaha Bagi Remaja Karang Taruna di Desa Ngulankulon Kabupaten Trenggalek. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian Nusantara, 1(1), 39-44.

Mulyawan, B. (2010). Panduan Pendidikan Profesi Guru Bagi Guru Dalam Jabatan. Undiksha, 11, 45–65.

Musfah, J. (2012). Peningkatan kompetensi guru: Melalui pelatihan dan sumber belajar teori dan praktik. Kencana.

Prastowo. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Richey, B. S. (1994). Instruct-ional Technology: the Definitionand Domains of The Field. AECT.

Roqib & Nurfuadi. (2020). Kepribadian Guru. Purwokerto: CV. Cinta Buku.

Sagala, S. (2009). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Alfabeta.

Study Kasus, 1 Jurnal Edu UGM 1 (2012).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Syampurma. (2020). Pelatihan Cedera Massage Nasional Tingkat 1. Jurnal Berkarya Pengabdian, 2, 39–48.

Undang-Undang No. 14 Tentang Guru dan Dosen, (2005).

Zarwan, & Hardiansyah, S. (2019). Penyusunan Program Latihan Bulutangkis Usia Sekolah Dasar Bagi Guru PJOK. Jurnal Pendidikan Dan Olahraga, 2, 12–17.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um075v1i12021p41-53

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Topo Suhartoyo, Didik Rilastiyo Budi, Indra Jayi Kusuma, Ayu Rizky Febriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.