Pelatihan pengelolalaan pembelajaran jarak jauh bagi guru pendidikan jasmani

Wahyu Indra Bayu, Waluyo Waluyo, Ahmad Richard Victorian

Abstract


Salah satu perubahan besar dalam bidang pendidikan yang dibawa oleh Covid-19 adalah lingkungan pembelajaran di mana peserta didik menerima pembelajaran mereka. Peserta didik lebih banyak menghabiskan waktu di rumah karena sekolah ditutup, pemerintah menganjurkan untuk tetap di rumah, dan melakukan karantina wilayah. Pelatihan ini bertujuan untuk membatu guru pendidikan jasmani dalam mentransformasi proses pembelajaran selama pandemic Covid-19, dimana pembelajaran tatap muka untuk sementara ditiadakan dan diganti dengan pembelajaran jarak jauh. Teknologi informasi yang digunakan berupa sistem pebelajaran jarak jauh (PPJ). PPJ memungkinkan untuk melakukan pebelajaran secara jarak jauh tanpa terikat jarak, dimanapun dan kapanpun dapat mengakses pebelajaran tersebut. Pelatihan dan pendampingan pengenalan platform pembelajaran seperti Zoom, Google Meet, Google Classroom, Schoology, dan Edmodo selama tiga hari yang dilakukan secara virtual dengan peserta 50 guru pendidikan jasmani telah memberi dampak positif terkait pemahaman guru pendidikan jasmani terkait dengan media yang dapat digunakan dalam PJJ mata pelajaran pendidikan jasmani.

Keywords


guru; pendidikan jasmani; covid-19; pembelajaran; online

Full Text:

PDF

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Barteit, S., Guzek, D., Jahn, A., Bärnighausen, T., Jorge, M. M., & Neuhann, F. (2020). Evaluation of e-learning for medical education in low- and middle-income countries: A systematic review. Computers and Education, 145(October 2019). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103726

Bayu, W. I., Waluyo, & Victorian, A. R. (2020). Survei pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani dan olahraga selama pandemi Covid-19. Bravo’s, 8(4), 161–167. https://doi.org/10.32682/bravos.v8i4.1748

Bodsworth, H., & Goodyear, V. A. (2017). Barriers and facilitators to using digital technologies in the Cooperative Learning model in physical education. Physical Education and Sport Pedagogy, 22(6), 563–579. https://doi.org/10.1080/17408989.2017.1294672

Casey, A., Goodyear, V. A., & Armour, K. M. (2017). Digital Technologies and Learning in Physical Education: Pedagogical c. Routledge. https://www.routledge.com/Digital-Technologies-and-Learning-in-Physical-Education-Pedagogical-cases/Casey-Goodyear-Armour/p/book/9781138947290

Herlina, & Suherman, M. (2020). Potensi pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Science and Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186

Sargent, J., & Casey, A. (2021). Appreciative inquiry for physical education and sport pedagogy research: a methodological illustration through teachers’ uses of digital technology. Sport, Education and Society, 26(1), 45–57. https://doi.org/10.1080/13573322.2019.1689942

Sari, D. P., & Sutapa, P. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). SEMINAR NASIONAL OLAHRAGA, 2(1), 19–29. https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/semolga/article/view/84

Velde, G. ten, Lubrecht, J., Arayess, L., van Loo, C., Hesselink, M., Reijnders, D., & Vreugdenhil, A. (2020). The Impact of the COVID-19 Pandemic on Physical Activity Behaviour and Screen Time in Dutch Children During and After School Closures. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3714619

Williams, L., Martinasek, M., Carone, K., & Sanders, S. (2020). High school students’ perceptions of traditional and online health and physical education courses. Journal of School Health, 90(3), 234–244. https://doi.org/10.1111/josh.12865

Xiang, M., Zhang, Z., & Kuwahara, K. (2020). Impact of COVID-19 pandemic on children and adolescents’ lifestyle behavior larger than expected. In Progress in Cardiovascular Diseases (Vol. 63, Issue 4, pp. 531–532). W.B. Saunders. https://doi.org/10.1016/j.pcad.2020.04.013




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um075v1i12021p21-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wahyu Indra Bayu, Waluyo Waluyo, Ahmad Richard Victorian

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.