Cover Image

Sosialisasi membangun semangat berlatih bolavoli pada masa pasca pandemi bagi siswa peserta ekstrakurikuler

Sujarwo Sujarwo, Arif Purnomo

Abstract


Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh turunnya semangat berlatih atlet bolavoli pada ekstrakurikuler karena dampak pandemi Covid 19. Tujuan dilaksanakan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pengetahuan kepada atlet bolavoli peserta ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Panajam Paser Utara Kalimantan Timur tentang semangat berlatih olahraga bolavoli pada masa pasca pandemi. Metode pengabdian menggunakan webinar secara online atau daring, pengabdian dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2021. Peserta dalam pengabdian berjumlah 23 orang. Pemateri diberikan oleh pelatih bolavoli dengan lisensi FIVB Internasional level 3. Evaluasi dalam pelaksanaan pengabdian ini menggunakan perbandingan mean rerata hasil pretest dan posttest tentang pengetahuan atlet terhadap semangat latihan bolavoli dalam masa pasca pandemi. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan atlet dalam membangun semangat berlatih pasca pandemi, dengan mean rerata pretest: 52.60, dan hasil posttest sebesar: 73.91. Terjadi peningkatan pengetahuan sebesar: 21.31. atau sebesar 0.21 persen. Semangat berlatih bolavoli pada masa pasca pandemi dipengaruhi oleh faktor atlet dan juga pelatih. Faktor atlet harus memiliki goal setting dan juga mental toughness dalam menghadapi kondisi latihan pada pasca pandemi. Sedangkan pelatih harus mampu memberikan kenyamanan dan motivasi berlatih pada saat berlatih. Kesimpulan bahwa upaya yang bisa dilakukan oleh siswa untuk menambah semangat adalah dengan latihan mandiri di rumah, untuk pelatih agar siswa bersemangat berlatih pada masa pasca pandemi dengan memberikan tugas dan program latihan mandiri ke siswa dan juga selalu memonitoring latihan yang dilakukan, sebagai upaya meraih target atau tujuan latihan bolavoli.

Keywords


Sosialisasi; bolavoli; pasca pandemi

Full Text:

PDF

References


Arraya, M., & Monico, L. (2020). Goal-setting, Collectivism, Task Orientation and Performance: predictors and mediators . Journal of Physical Education and Sport, 2094 – 2103. http://doi.org/10.7752/jpes.2020.s3282

Asamoah, B. 2013. The role of mental toughness, psychological skills and team cohesion in soccer performance. Stellenbosch University. Thesis.

Asri, N., & Lely Octaviana, E. S. (2021). Aktivitas Olahraga Di Masa Pandemi COVID-19 Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Pendidikan Olahraga Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin. Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan). Halaman Olahraga Nusantara (Jurnal Ilmu Keolahragaan), 4(1), 53-65.

Coutinho, M. (2018, November 17). The Role of Mental Toughness in Sport Performance. Retrieved from EliteFTS: https://www.elitefts.com/education/the-role-of-mental-toughness-in-sport-performance/

Davis, L., Appleby, R., Davis, P., Wetherell, M., & Gustafsson, H. (2018). The role of coach-athlete relationship quality in team sport athletes’ psychophysiological exhaustion: implications for physical and cognitive performance. Journal of Sports Sciences, 1985–1992. https://doi.org/10.1080/02640414.2018.1429176

Healy, L., Tincknell-Smith, A., & Ntoumanis, N. (2018). Goal setting in sport and performance. In Oxford research encyclopedia of psychology. https://doi.org/10.1093/acrefore/9780190236557.013.152

Lemyre, F., Trudel, P., & Durand-Bush, N. (2007). How youth-sport coaches learn to coach. The sport psychologist, 21(2), 191-209. https://doi.org/10.1123/tsp.21.2.191

Mahoney, J. W., Gucciardi, D. F., Ntoumanis, N., & Mallet, C. J. (2014). Mental Toughness in Sport: Motivational Antecedents and Associations With Performance and Psychological Health. Journal of Sport and Exercise Psychology, 281–292. http://dx.doi.org/10.1123/jsep.2013-0260

Mason, R. J., Farrow, D., & Hattie, J. A. (2020). Sports coaches’ knowledge and beliefs about the provision, reception, and evaluation of verbal feedback. Frontiers in Psychology, 11, 571552.

Nash, C. S., Sproule, J., & Horton, P. (2008). Sport Coaches' Perceived Role Frames and Philosophies. International Journal of Sports Science & Coaching. https://doi.org/10.1260/174795408787186495

Rareș-Mihai, P. O. P., Florina, G. E., & Alexandru, Z. (2021). A Systematic Review of Goal Setting Interventions to Improve Sports Performance. Studia Universitatis Babes-Bolyai, Educatio Artis Gymnasticae, 66(1).

Setyaningrum, D. A. W. (2020). Pentingnya olahraga selama pandemi COVID-19. Jurnal Biomedika dan Kesehatan, 3(4), 166-168. https://doi.org/10.18051/JBiomedKes.2020.v3.166-168

Sharma, D., Sharma, K., Sharma, S., Singh, D., Parkash, P., & Gupta, D. (2020). Analysis Of Goal Setting Among Elite and Non-Elite Sports Persons. European Journal of Molecular & Clinical Medicine, 7(7), 3954-3958. https://www.ejmcm.com/article_5246.html

Short, S. E., & Short, M. W. (2005). Essay: Role of the coach in the coach-athlete relationship. The Lancet, 366, S29-S30. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(05)67836-1

Szabo, A. S. (2012). Role of the coach: parameters, characteristics, peculiarities, expectations. Int. Quaterly of Sport Science, 45-49. https://mstt.hu/iqss/issues/20121/6_Szabo_IQSS_2012_1.pdf

Vasari, A. (2010). Assessment of Mental Toughness in Sports and Training Techniques to Enhance this Psychological Skill. Magistra der Naturwissenschaften. Institut für Sportwissenschaften. Graz. Thesis.

Weinberg, R. S. (2013). Goal setting in sport and exercise: Research and practical applications. Revista da Educação Física/UEM, 24, 171-179. https://doi.org/10.4025/reveducfis.v24.2.17524

Wicaksono, A. (2020). Aktivitas Fisik Yang Aman Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha, 8(1), 10-15. https://doi.org/10.23887/jiku.v8i1.28446

Yudha, P. D. (2020). Aktivitas olahraga yang dilakukan masyarakat pada masa pandemi COVID-19 di kota Banda berdasarkan usia. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 32-38.

Yuliana, Y. (2020). Olahraga yang Aman di Masa Pandemi COVID-19 untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh. Jurnal Bali Membangun Bali, 1(2), 103-110. https://doi.org/10.51172/jbmb.v1i2.112




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um075v2i12022p57-64

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sujarwo, Arif Purnomo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.