Cover Image

Sosialisasi Literasi Motorik bagi Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama

Sujarwo Sujarwo, Yudanto Yudanto, Ridho Gata Wijaya

Abstract


Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada peserta didik sekolah menengah pertama di Yogyakarta tentang kurikulum baru dan juga literasi motorik anak. Literasi motorik bagi anak sangat penting agar anak memiliki kemampuan gerak yang dibutuhkan kelak dalam kehidupan kesehariannya. Metode pengabdian dosen berkegiatan di luar kampus ini dilaksanakan pada 24 Juni 2022. Dosen berkegiatan di luar kampus dilaksanakan secara tatap muka (luring) di ruang Audio Visual Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Yogyakarta. Khalayak sasaran dalam kegiatan ini difokuskan kepada peserta didik sekolah menengah pertama sejumlah 35 orang peserta didik. Kriteria keberhasilan kegiatan ini apabila pengetahuan peserta didik sekolah menengah pertama tentang kurikulum prototipe dan literasi motorik mengalami peningkatan, dengan skor minimal 70. Analisis data menggunakan uji beda/uji t dengan membandingkan hasil test mean rerata. Hasil pretest diperoleh rerata pengetahuan peserta didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Yogyakarta berada pada rerata mean: 54, setelah diberikan materi oleh tim dosen berkegiatan di luar kampus terjadi peningkatan rerata mean: 79. Kegiatan sosialisasi literasi motorik bagi peserta didik di Sekolah Menengah Pertama mampu memberikan tambahan pengetahuan  kepada khalayak peserta dalam mengetahui literasi motorik dalam pembelajaran PJOK. 

Keywords


Manajemen; penyakit tidak menular; covid-19

Full Text:

PDF

References


Amidjaja, A., Kurniasari, A. F., & Ekawati, N. I. (2021). Buku Panduan Peserta didik: Belajar dan Bermain Berbasis Buku. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Arleen, A., Farida, K. A., & Ni, E. (2021). Buku panduan guru belajar dan bermain berbasis buku untuk satuan PAUD. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Dapp, L. C., Gashaj, V., & Roebers, C. M. (2021). Physical activity and motor skills in children: A differentiated approach. Psychology of Sport and Exercise, 1-8. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2021.101916

Gísladóttir, T., Haga, M., & Sigmundsson, H. (2019). Motor Competence in Adolescents: Exploring Association with Physical Fitness. Sports, 1-11. https://doi.org10.3390/sports7070176

Helista, C. N., Puspitasari, O., Prima, S. A., & Anggraini, Y. D. (2021). Capaian Pembelajaran Elemen Jati Diri. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Lander, N., Morgan, P. J., Salmon, J. O., & Barnett, L. M. (2017). Improving Early Adolescent Girls' Motor Skill: A Cluster Randomized Controlled Trial. Med Sci Sports Exerc, 2498-2505. https://doi.org/10.1249/MSS.0000000000001382

Lopes, L.; Santos, R.; Coelho-e-Silva, M.; Draper, C.; Mota, J.; Jidovt seff, B.; Clark, C.; Schmidt, M.; Morgan, P.; Duncan, M.; O’Brien, W.; et al. (2021). A Narrative Review of Motor Competence in Children and Adolescents: WhatWe Know and WhatWe Need to Find Out. Int. J. Environ. Res. Public Health, 18, 18. https://doi.org/10.3390/ijerph18010018

Otero, R., Irene., Perez. R., & Miguel, L. (2015). ADOLESCENCE, MOTOR COORDINATION PROBLEMS AND COMPETENCE. Educación XX1, 189-213. https://dooi.org/10.5944/educXX1.14015

Rahardjo, M. M., & Maryati, S. (2021). Pengembangan Pembelajaran . Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sujarwo, Yudanto, Sunardiyanta, Gotho, R., & Purnomo, A. (2021). Sosialisasi Aspek Psikologis yang Mempengaruhi Proses Belajar di Rumah . Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1-7.

Sulistyani, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Buku Panduan Peserta didik: Proyek Profil Pelajar Pancasila. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Suryawati, E. A., & Akkas, M. (2021). Panduan Guru Capaian Pembelajaran Elemen Dasar-Dasar Literasi dan STEAM untuk Satuan PAUD. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Tucker, H. J., Bebeley, S. J., & Conteh, M. (2017). Motor Skill Level of Children and Adolescents Motivation in Physical Activity: A Major Concern for Public Health and Physical Education. International Journal of Science and Research (IJSR), 482-486.

Yudanto, Y., Sujarwo, S., Sunardianta, R., & Wijaya, R. G. (2022). Psychomotor Learning and the Achievement of Physical and Motor Development of Kindergarten Students during the COVID-19 Pandemic. Proceedings of the Conference on Interdisciplinary Approach in Sports in conjunction with the 4th Yogyakarta International Seminar on Health, Physical Education, and Sport Science (COIS-YISHPESS 2021) (pp. 217-221). Atlantis Press International B.V.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um075v2i22022p105-114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sujarwo, Yudanto, Ridho Gata Wijaya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.