Cover Image

Best practice dalam mengajar pendidikan jasmani: membangun praktik instruksional yang tepat berdasarkan kurikulum merdeka

Sri Winarni, Herka Maya Jatmika, Ahmad Rithaudin, Hendra Setyawan

Abstract


Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam merumuskan pembelajaran, baik dari pendekatan, perangkat dan evaluasinya. Kegiatan diawali dengan workshop tentang pendekatan pengajaran di Pendidikan Jasmani kekinian. Tim dosen memberikan paparan dalam perspektif: 1) kurikulum, 2) pedagogi, dan 3) penilaian dan evaluasi termasuk di dalamnya penyiapan perangkat pembelajaran dan pengajaran. Keberhasilan workshop akan terlihat dari kebenaran dan ketepatan perangkat pengajaran yang termaktub dalam silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan mengajar yang dipilih. Sebelas spektrum mengajar dan delapan model instruksional menjadi bahasan utama. Indikator keberhasilan masterplan pengajaran harus meliputi tiga komponen inti, yakni tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, dan penilaian. Tahapan workshop telah terlewati akan beranjak pada praktek best practice yang akan didemonstrasikan oleh tim dosen dengan menggunakan siswa sekolah dimana dosen berkegiatan dan dilakukan sesuai standar waktu pembelajaran pendidikan jasmani. Evaluasi dilakukan dengan diskusi terpimpin meliputi keterampilan mengajar, komunikasi, dan umpan balik. Kegiatan dilaksanakan di SMK Negeri 1 Bantul, Jalan Parangtritis Km. 11, Sabdodadi, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jumlah peserta kegiatan ini adalah 24 orang guru. Hasil pengabdian Berdasarkan analisis data bahwa pemahaman guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) setelah mendapatkan pelatihan best practices dari pemateri, terjadi peningkatan mean rerata pemahaman guru, dari hasil pretest sebesar: 24,33 meningkat menjadi 29,08. Best practice dapat meningkatkan pemahaman guru PJOK SMA pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional.

Keywords


Praktik baik; pendidikan jasmani; kurikulum merdeka

Full Text:

PDF

References


Ginanjar, A., Suherman, A., & Tite Juliantine, Y. H. (2018). Development Of Indonesia Scientific Publications on Physical Education In Reputable International Journals: A Bibliometric Analysis. Pendidikan Jasmani Olahraga, 3(1), 122-128. http://ejournal.upi.edu/index.php/penjas/index.

Cloes, M. (2017). Preparing physically educated citizens in physical education: Expectations and practices. Retos: nuevas tendencias en educación física, deporte y recreación, (31), 245-251. https://dialnet.unirioja.es/servlet/articulo?codigo=5841379

Economos, C. D., Mueller, M. P., Schultz, N., Gervis, J., Miller, G. F., & Pate, R. R. (2018). Investigating best practices of district-wide physical activity programmatic efforts in US schools–a mixed-methods approach. BMC Public Health, 18, 1-14. https://doi.org/10.1186/s12889-018-5889-4

Erwin, H., Beets, M. W., Centeio, E., & Morrow Jr, J. R. (2014). Best practices and recommendations for increasing physical activity in youth. Journal of Physical Education, Recreation and Dance, 85(7), 27-34. https://doi.org/10.1080/07303084.2014.937197

Hargreaves, A., & Fullan, M. (2015). Professional capital: Transformng teaching in every school. Teachers College Press.

Kohl III, H. W., & Cook, H. D. (Eds.). (2013). Educating the student body: Taking physical activity and physical education to school.

Kristiyandaru, A., & Ristanto, K. O. (2020, October). Merdeka Belajar dalam Perspektif Pendidikan Jasmani Sebagai Mata Pelajaran Pengembangan Karakter. In Prosiding Seminar Nasional LP3M (Vol. 2). http://proceeding.semnaslp3m.unesa.ac.id/index.php/Artikel/article/download/64/68

O’Connor, J., & Penney, D. (2021). Informal sport and curriculum futures: An investigation of the knowledge, skills and understandings for participation and the possibilities for physical education. European Physical Education Review, 27(1), 3-26. https://doi.org/10.1177/1356336X20915937

Parwata, I. M. Y. (2021). Pembelajaran gerak dalam pendidikan jasmani dari perspektif merdeka belajar. Indonesian Journal Of Educational Development, 2(2), 219-228. https://doi.org/10.5281/zenodo.5233331

Trendowski, T. (2013). A case study on teaching practices in physical education (Doctoral dissertation, University of Illinois at Urbana-Champaign). https://core.ac.uk/download/pdf/19529719.pdf

Tripp, A., Rizzo, T. L., & Webbert, L. (2007). Inclusion in physical education: Changing the culture. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 78(2), 32-48. https://doi.org/10.1080/07303084.2007.10597971

Walton-Fisette, J. L., Richards, K. A. R., Centeio, E. E., Pennington, T. R., & Hopper, T. (2019). Exploring future research in physical education: Espousing a social justice perspective. Research quarterly for exercise and sport, 90(4), 440-451. https://doi.org/10.1080/02701367.2019.1615606

Ward, P. (2020). Core practices for teaching physical education: Recommendations for teacher education. Journal of Teaching in Physical Education, 40(1), 98-108. https://doi.org/10.1123/jtpe.2019-0114




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um075v3i12023p1-13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sri Winarni, Herka Maya Jatmika, Ahmad Rithaudin, Hendra Setyawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.