Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Sikap Peduli Sampah pada Anak

Jonherz Stenlly Patalatu, Stefen Deni Besare

Abstract


This study aims to determine whether there is an influence of parenting pattern on the attitude of caring for garbage in children. Researchers conducted a survey of 200 students in grades 4 to 5 in four elementary schools in Central Tobelo District. The results showed a t-value of 2.669 with a significance level of 0.008 (ρ <0.05) which means that there is a positive and significant influence of parenting patterns on the attitude of caring for rubbish in children, the amount of influence is based on the R-square value, 3.5%. Thus, parenting has a role in instilling the attitude of caring for garbage in children.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap sikap peduli sampah pada anak. Peneliti melakukan survei kepada 200 siswa kelas V hingga VI di empat Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Tobelo Tengah. Hasil penelitian menunjukkan nilai t sebesar 2.669 dengan taraf signifikansi 0.008 (ρ<0.05) yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pola asuh orang tua terhadap sikap peduli sampah pada anak, besarnya pengaruh berdasarkan nilai R square yakni sebesar 3.5%. Dengan demikian maka pola asuh memiliki peran dalam menanamkan sikap peduli sampah pada anak.


Keywords


parenting pattern; caring for garbage; character; pola asuh; peduli sampah; karakter; orang tua; anakparents; children;

Full Text:

PDF

References


Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya terhadap Pendidikan Anak: Studi pada Masyarakat Dayak di Kecamatan Halong Kabupaten Balangan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 33-48.

Bandura, A. (1986). Social foundations of thought and action: A social cognitivetheory. New Jersey: Prince-Hall.

Bornstein, M. H., Putnick, D. L., & Suwalsky, J. T. (2018). Parenting cognitions→ parenting practices→ child adjustment? The standard model. Development and psychopathology, 30(2), 399-416.

Crain, W. (2007). Teori perkembangan: Konsep dan aplikasi (terjemahan oleh YudiSantoso). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Doinita, N. E. & Maria, N. D. (2015). Attactment and parenting styles. Procedia-Social and Behavioral Sciences (203),199-204.

Fimansyah, W. (2019). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak di era globalisasi. Primary Education Journal Silampari, 1(1), 1-6.

Hurlock, E. (1999). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Jannah, H. (2012). Bentuk pola asuh orang tua dalam menanamkan perilaku moral pada anak usia di kecamatan Ampek Angkek. Pesona PAUD, 1(2).

Kilonzo, P. M. (2017). The impact of parenting styles on personality dimension of adolescents in public secondary schools: a case of Mombasa Country, Kenya. International Journal of Education and Research, 5(7), 263-276.

Loudová, I. & Lašek, J. (2015). Parenting style and its influence on the personal and moraldevelopment of the child. Procedia-Social and Behavioral Sciences (174), 1247-1254.

Mahendra, Y. (Agustus 2019). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, 257-266).

Mifbakhuddin, Salawati, T., & Kasmudi, A. (2010). Gambaran pengelolaan sampah rumah tangga tinjauan aspek pendidikan, pengetahuan, dan pendapatan perkapita di Rt 6 Rw 1 Kelurahan Pedurungan Tengah Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 6(1), 1-14.

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2017 Nomor 195.

Putry, R. (2019). Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 4(1), 39-54.

Santrock, J.W. (2012). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Sarwar, S. (2016). Influence of parenting style on children’s behaviour. Journal of Education and Educational Development, 3(2), 222-249.

Schunk, D. H. (2012). Learning theories: An educational perspective (6th Ed.).Boston: Allyn & Bacon.

Simanjuntak, M. (2017). Pengaruh pola asuh orang tua terhadap pembentukan karakter anak. Prosiding Semnastafis Unimed, 1(1), 286-291.

Skinner, B. F. (2019). The behavior of organisms: An experimental analysis. BF Skinner Foundation.

Sumarno. (2015). Model konstruk kecerdasan emosional siswa sd. Sekolah Dasar; Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 24(1) 26-33

Tondok, M. S. (2008). “Menyampah” dari prespektif psikologi. Harian Surabaya Post. Akses tanggal 21 Agustus 2018.

Wibowo, I. (2009). Pola perilaku kebersihan: Studi psikologi lingkungan tentang penanggulangan sampah perkotaan. Makara, Sosial Humaniora, 13(1), 37-47.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v29i12020p019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats