Sintesis Dan Penerapan Konsep Trilogy +1 Learner sebagai Proses Pendidikan Humanis dengan Meningkatkan Fungsi dan Peran Orang Tua Peserta Didik di Sekolah Dasar

Mohammad Zaini

Abstract


This research aims to synthesize and apply the concept of trilogy +1 learner in the learning process at school, so as to create a humanist education process. The research design uses qualitative-phenomenological, with Miles Huberman analysis model, and grand theory of humanist education Paulo Freire. The results showed that the results of the synthesis and application of the trilogy +1 learner concept had constraints on the involvement of parents of students. Factually and scientifically it can be proven that the involvement of students' parents, together with educators and students in a learning forum, can improve the quality of the humanist education process. Through the concept of trilogy +1 learner, the sympathy and empathy of students' parents is expected to get better.

 

Penelitian ini bertujuan menyintesiskan dan menerapkan konsep trilogy +1 learner dalam proses pembelajaran di sekolah, agar tercipta proses pendidikan humanis. Desain penelitian menggunakan kualitatif–fenomenologis, dengan model analisis Miles Huberman, dan grand theory pendidikan humanis Paulo Freire. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil sintesis dan penerapan konsep trilogy +1 learner memperoleh kendala keterlibatan orang tua peserta didik. Secara faktual dan ilmiah dapat dibuktikan bahwa keterlibatan orang tua peserta didik, bersama pendidik dan murid dalam satu forum pembelajaran, dapat meningkatkan kualitas proses pendidikan humanis. Melalui konsep trilogy +1 learner , simpati dan empati orang tua peserta didik diharapkan semakin baik.


Keywords


trilogy +1 learner; humanist education; parents of students; pendidikan humanis; orang tua peserta didik

Full Text:

PDF

References


Agustini, N. M. S. (2018). Tripusat Pendidikan Sebagai Lembaga Pengembangan Teori Pembelajaran Bagi Anak. Magistra: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 9(2), 133-154.

Andina, E. (2014). Budaya kekerasan antar anak di sekolah dasar. dalam Jurnal Info Singkat Kesejahteraan Sosial, 6(1), 9-12.

Borelli, K. (1972). Pedagogy of the Oppressed. Paulo Freire. Social Service Review, 46(4), 630-632.

Christiana, E. (2013). Pendidikan yang Memanusiakan Manusia. Humaniora, 4(1), 398-410.

Damanik, D. A. (2019). Kekerasan Dalam Dunia Pendidikan: Tinjauan Sosiologi Pendidikan. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 77-90.

Freire, P., & Freire, A. M. A. (2004). EPZ pedagogy of hope: Reliving pedagogy of the oppressed. A&C Black.

Freire, P. (2013). 16 Pedagogy of the Oppressed. Social Work: A Reader, 114.

Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163-180.

Hastuti, D., Sebho, K., & Lamawuran, Y. L. (2010). Hubungan karakteristik sosial ekonomi rumah tangga dengan pemenuhan hak anak di wilayah dampingan Plan International Indonesia Program Unit Sikka, Nusa Tenggara Timur. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 3(2), 154-163.

Marsella, A. (2017). Pengaruh Empati Terhadap Komitmen Mengajar Pada Guru Sekolah Dasar Disertasi tidak diterbitkan, Universitas Negeri Jakarta.

Mas, S. R. Partisipasi Masyarakat dan Orang Tua dalam Penyelengaraan Pendidikan. el-Hikmah: Jurnal Kependidikan dan Keagamaan, 8(2), 184-196.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif.(diterjemahkan Oleh: Tjetjep Rohedi Rosidi). Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Pendidik, Menciptakan Pelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Norjannah, N. (2018). Paradigma Baru Kesadaran Kritis Kultural (Studi atas Pemikiran Paulo Freire). Disertasi tidak diterbitkan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Nurjanah, I. (2018). Paradigma Humanisme Religius Pendidikan Islam (Telaah Atas Pemikiran Abdurrahman Mas’ ud). Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 155.

Persada, N. M., Pramono, S. E., & Murwatiningsih, M. (2017). Pelibatan Orang Tua pada Pendidikan Anak di SD Sains Islam Al Farabi Sumber Cirebon. Educational Management, 6(2), 100-108.

Rahayu, L. S. 2 Mei 2019. KPAI: Angka Kekerasan pada Anak Januari-April 2019 Masih Tinggi. https://news.detik.com/berita/d-4532984/kpai-angka-kekerasan-pada-anak-januari-april-2019-masih-tinggi

Solopos.com, 27 Desember 2018. 974 Anak Di Jatim Jadi Korban Tindak Kekerasan Selama 2018. https://www.solopos.com/974-anak-di-jatim-jadi-korban-tindak-kekerasan-selama-2018-961261.

Tim detikcom. 10 April 2019. Runutan Cerita di Balik Viral #JusticeForAudrey. https://news.detik.com/berita/d-4503917/runutan-cerita-di-balik-viral-justiceforaudrey

Zaini, M., & Agustina, W. (2016). Kajian Kritis Perilaku Humanitas Pendidik Terhadap Peserta Didik dalam Proses Pendidikan di Kota Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 373-388.

Zaini, M., & Ernata, Y. (2018). Penerapan Konsep Trilogy +1 Learner Dalam Menciptakan Pendidikan Humanis Melalui Peningkatan Peran dan Fungsi Stakeholders Pendidikan di SD. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 27(2), 157-166.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v29i12020p064

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats