Hubungan Wawasan Kebangsaan Terhadap Prestasi Mahasiswa PGSD dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderatingnya (Studi Pada Prodi PGSD di Jawa Timur)

Putri Mahanani, Muchtar Muchtar, Siti Umayaroh, M. Imron Rosyadi, Iva Sugiarti, Mohammad Resnanda Anugerah, Ike Yuli Kurniawati, Christianto Saputro

Abstract


This study aims to provide empirical evidence about the influence of national insight and motivation on the relationship between national insight on the achievements of PGSD students. The design used in this study is quantitative research. The research instrument is a questionnaire. The research done in East Java, Malang and Jember. There were 432 respondents who were spread from state and private universities in East Java. Based on the data analysis, it was found that the students' knowledge related to national outlook did not affect the achievements of PGSD students. But motivation has been proven to influence the relationship between national insight and PGSD student achievement. The results showed that the existence of motivation (moderating variable) would be able to strengthen the relationship of national insight to student achievement.

 

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh wawasan kebangsaan serta motivasi terhadap hubungan antara wawasan kebangsaan dengan prestasi mahasiswa PGSD. Rancangan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Instrument penelitian berupa angket. Penelitian dilakukan di Jawa Timur, yaitu Malang dan Jember. Terdapat 432 responden yang tersebar di perguruan tinggi negeri maupun swasta di Jawa Timur. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan hasil bahwa pengetahuan mahasiswa terkait wawasan kebangsaan tidak memengaruhi prestasi mahasiswa PGSD. Namun motivasi terbukti memengaruhi hubungan antara wawasan kebangsaan dan prestasi mahasiswa PGSD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya motivasi (variabel moderating) akan dapat memperkuat hubungan wawasan kebangsaan terhadap prestasi mahasiswa.


Keywords


national insight; Java; PGSD; motivation; moderating variable; wawasan kebangsaan, Jawa, PGSD, motivasi, variabel moderating

Full Text:

PDF

References


Affandi, N. K., & Lestari, R. (2019). Problematika Seleksi CPNS 2018 dalam Pengangkatan Cpns yang Tidak Memenuhi Passing Grade. Civil Service Journal, 13(1 Juni), 61-70.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budimansyah, D. (2010). Tantangan Globalisasi terhadap Pembinaan Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 11(1), 8-16.

Dimyati & Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, S. A. (2002). Pendidikan Kewarganegaraan. Malang: UM Press.

Hirnanda, D.P. (2015). Evaluasi Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Calon Pegawai Negeri Sipil di Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6(1).

Holt, T. J., Kilger, M., Chiang, L., & Yang, C. S. (2017). Exploring the Correlates of Individual Willingness to Engage in Ideologically Motivated Cyberattacks. Deviant behavior, 38(3), 356-373.

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Lin-Siegler, X., Dweck, C. S., & Cohen, G. L. (2016). Instructional Interventions That Motivate Classroom Learning. Journal of Educational Psychology, 108(3), 295.

Mahanani, P. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar. Malang: UM Press.

Maolani, R.A., & Cahyana, U. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Nuraini, F. (2017). Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Pemahaman Akuntansi Dasar Dengan Motivasi Sebagai Variabel Moderating. Journal of Accounting Science, 1(2), 93-118.

Nuraini, N. L. S., & Laksono, W. C. (2019). Motivasi Internal dan Eksternal Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 28(2), 56-64.

Nurhidayah. (2018). Faktor-faktor yang Memengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi PGSD FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 1(1), 125-145.

Oktaviana, I. (2015). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Daerah Binaan I Kecamatan Limpung Kabupaten Batang. Doctoral Disertasi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sari, K. (2018). Korelasi Motivasi Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan terhadap Perencanaan Karier. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 136─ 142. Dari https://doi.org/10.26638/jfk.508.2099.

Siregar, N. (2017). Hubungan Motivasi Berprestasi dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Prima Indonesia. Jurnal Diversita, 3(1), 2580-6793. Dari http://ojs.uma.ac.id/index.php/diversita.

Sudaryono, Gaguk. M., & Wardani, R. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundawa, D. (2017). Penguatan Karakter Mahasiswa yang Berwawasan Kebangsaan dalam Menghadapi Tantangan Disintegrasi Bangsa. Prosiding Seminar Nasional, 3(1), 202-205. Dari http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/07.-Dadang-Sundawa-Edit.pdf.

Sofyan, F.S., & Sundawa. D. (2015). Hubungan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan dengan Peningkatan Wawasan Kebangsaan dan Semangat Nasionalisme Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 185.

Tampubolon, A., & Darmawan, C. (2016). Fashion Budaya Nasional dalam Konteks Wawasan Kebangsaan: Studi Kasus pada Jember Fashion Carnaval. Journal of Urban Society's Arts, 3(1), 19-26.

Utami, K. N., & Mustadi, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Dalam Peningkatan Karakter, Motivasi, dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v29i12020p028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats