Motivasi Tenaga Pengajar Di Pedalaman Papua Dalam Mengajar dan Melanjutkan Studi pada Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Sebuah Kajian Fenomenologis)

Agus Kichi Hermansyah, Adi Sumarsono, Dewi Puji Rahayu, Fredy Fredy

Abstract


This research aims to study and analyze the phenomena of teacher motivation in teaching and continuing studies in Higher Education. This study used a qualitative phenomological approach, which involved as many as five participants from the teachers who continued their studies in the PGSD Department at Musamus University. The process of collecting data through interview and observation methods. The main motivational research results of teachers teaching largely because of motivation from outside, namely permanent employment and income, there is also an internal motivation that is serving the country, and awareness to contribute. Motivation for continuing studies is encouragement to adjust to government regulations. The factor of getting prosperity is the last motivation because there is awareness to serve as a teacher.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisa fenomena motivasi tenaga pengajar dalam mengajar dan melanjutkan studi di Perguruan Tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis, yang melibatkan partisipan sebanyak lima orang guru yang melanjutkan studi di jurusan PGSD Universitas Musamus. Proses pengumpulan data melalui metode wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan motivasi utama guru mengajar sebagian besar karena motivasi dari luar, yaitu pekerjaan tetap dan mendapatkan penghasilan; motivasi internal untuk mengabdi kepada negara serta kesadaran untuk berkontribusi. Motivasi melanjutkan studi meliputi dorongan penyesuaian dengan peraturan pemerintah. Faktor mendapatkan kesejahteraan menjadi motivasi terakhir karena terdapat kesadaran untuk mengabdi sebagai guru.


Keywords


motivation; teacher; elementary school; motivasi; guru; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Abbas, I. (2013). Pappaseng: Kearifan Lokal Manusia Bugis yang Terlupakan. Jurnal Sosiohumaniora, Vol. 15 No.3, 273.

Ashsiddiqi, H. (2012). Kompetensi sosial guru dalam pembelajaran dan pengembangannya. Ta’dib: Journal of Islamic Education (Jurnal Pendidikan Islam), 17(01), 61-71.

Barter, B. (2008). Rural Education: Learning to be Rural Teachers. Journal of workplace Learning Vol 20. No. 8, 468-479.

Budiwati, N., Sumartini, & Pinayani, A. (2016). Tantangan Profesionalisme dan Kesiapan Guru Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan Vol. 4 No. 1, 93.

Fredy, F., Tembang, Y., & Purwanty, R. (2019). Analisis Kepuasan Orangtua dan Siswa terhadap Kualitas Layanan Pendidikan Dasar. Musamus Journal of Primary Education, 59-66.

Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan Fenomenologi: Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163-180.

Hurit, A. A., & Harmawati, D. (2019). Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 di SD Inpres Gudang Arang Merauke. Musamus Journal of Primary Education, 116-123.

Irianto, & Subandi. (2015). Studi Fenomologis Kebahagiaan Guru di Papua. Gajah Mada Journal of Psychology Vol. 1 No.3, 142.

Junianti, M. Y., Hastuti, D., & Alfiasari, A. (2017). Analisis Sosialisasi Akademik dan Motivasi Berprestasi Anak Usia Sekolah pada Keluarga di Pedesaan. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 25(1), 1-11.

Kemdikbud. 2012. Permendikbud No. 34 Tahun 2012. Jakarta: Kemdikbud

Musanna, A. (2012). Artikulasi Pendidikan Guru Berbasis Kearifan Lokal untuk Mempersiapkan Guru yang Memiliki Kompetensi Budaya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol. 18 No. 3, 339.

Nggaruaka, T., Hermansyah, A. K., & Sauhenda, A. F. (2019, October). Collection and administration of regional stories (oral literature of riantana’s travel for saving the khazana culture of papua). In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 343, No. 1, p. 012236). IOP Publishing.

Nuraini, N. L. S., & Laksono, W. C. (2019). Motivasi Internal dan Eksternal Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 28(2), 56-64.

Pambudi, R. E. (2017). Implementasi Sustainable Development Goals. eJournal Ilmu Hubungan Internasional Vol. 5 No. 3, 919.

Pemerintah. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia

Pemerintah. 2005. Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Pemerintah Republik Indonesia

Rahadian, D. (2015). Peran Dan Kedudukan Guru Dalam Masyarakat. Jurnal Petik, 1(1), 26-37.

Rosyid, A. (2016, Agustus). Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan Bagi Guru Indonesia di Era MEA. In Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Ruswandi, A. (2018). Motivasi Mahasiswa Usia Dewasa Mengikuti Perkuliahan pada Program Studi Pendidikan Guru Paud di FKIP Uninus Bandung. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 75-85.

Sadtyadi, H., & Kartowagiran, B. (2014). Pengembangan Instrumen Penilaian Kinerja Guru Sekolah Dasar Berbasis Tugas Pokok dan Fungsi. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 291.

Selvi, K. (2010). Teachers’ competencies. Cultura International Journal of Philosophy of Culture and Axiology, 7(1), 167-175.

Siram, R. (1995). Pengembangan Kurikulum Muatan Lokal Tingkat Sekolah Menengah Umum di Kalimantan tengah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 340.

Sumarsono, A. (2018). Persepsi Guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam Menerapkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Merauke. Al-Islah Jurnal Pendidikan Vol. 10. No. 2, 156.

Tembang, Y., Sulton, S., & Suharjo, S. (2017). Peningkatan motivasi dan hasil belajar melalui model pembelajaran think pair share berbantuan media gambar di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(6), 812-817.

Tilaar, H. A. (2012). Management Proses peningkatan Mutu Pendidikan di Pulau Terpencil Kasus Peningkatan . Riset kebijakan Pendidikan Anak di Indonesia (hal. 237). Tangerang: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan UNICEF Indonesia.

Wardani, I. G. (2012). Mengembangkan Profesionalisme Pendidik Guru (Kajian Konseptual Dan Operasional). Jurnal Pendidikan, 13(1), 32-44.

Wulandari, D. (2010). Research on the education sector in papua communities, children and teachers in papua hand in hand for a better future. Journal West Papua Published by Justice And Peace Netherlands, 2.

Wuryandani, W. (2010). Integrasi nilai-nilai kearifan lokal dalam pembelajaran untuk menanamkan nasionalisme di sekolah dasar. In Proceding seminar nasional lembaga penelitian UNY (pp. 1-10).

Zulfadli, & Ferryansyah. (2017). Pelatihan dan Bimbingan Pembuatan Karya Tulis Ilmiaha Berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Muhammadiyah 1 Tarakan. Jurnal Pengabdian Mayarakat Borneo Vol. 1 No. 1, 41.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v29i12020p051

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats