PENGEMBANGAN MODEL BAHAN AJAR BERDIMENSI KARAKTER LOKAL PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KEWARGANEGARAAN DI SD

Khairun Nisa, Yusman Mansyur, Ropii Rifai

Abstract


Abstract: Developing learning material with a local dimension in citizenship and Pancasila education at elementary school. The purpose of the research was to develop a learning material model based on character education and local dimension elementary school in citizenship and Pancasila education. The development research method used 4 phases: (1) pre-elementary study, (2) developing a draft of the model, (3) tryout of an original product, (4) socialization and implementation of a final product and recommendations. Results: Teachers’ competency in developing learning material based on local character education, almost teachers had developed syllabus and learning program plan, while the problem that was emerged: largely teachers were not developing basic competency consistent with students’ need and environment, (2) almost teachers had not included learning method with character base.

Keyword: Learning material, local dimension, elementary school, and Pancasila and citizenship education.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan memperoleh model bahan ajar berbasis pendidikan karakter dan berdimensi lokal mata pelajaran PKn SD. Metode penelitian dan pengembangan ini menggunakan tahapan: (1) studi pendahuluan , (2) penyusunan draft model, (3) uji coba produk awal, (4) desiminasi dan implementasi. Pada tahap studi pendahuluan digunakan disain penelitian kualitatif. Hasil penelitian pada tahap ini menunjukkan: (1) hampir semua guru SD di kota Mataram belum pernah menyusun bahan ajar yang berbasis pendidikan karakter berdimensi lokal, (2) permasalahan yang dihadapi guru dalam mengembangkan bahan ajar berdimensi karakter adalah, beban mengajar guru yang lebih, dan kurangnya penghargaan terhadap guru yang mau mengembangkan diri dan berprestasi, (3) faktor pendorong dalam mengembangkan bahan ajar adalah manajemen sekolahnya mendukung, adanya dana BOS, iklim sekolah yang kondusif, dan ketersediaan literature. Sedangkan faktor peluangnya adalah adanya kebijakan dan dukungan pemerintah pusat, Pemda, dan LPMP dalam peningkatan kapasitas guru.

Kata Kunci: bahan ajar, pendidikan karakter, dimensi lokal, PKn


Full Text:

PDF

References


Azra, A. 2002. Pendidikan Multikultural: Membangun Kembali Indonesia Bhinika Tunggal Ika. Makalah disampaikan dalam Syimposium Internasional Antropologi Indo-nesia ke-3. Denpasar: Kajian Budaya UNUD.

Borg, W.R. & Gall, M. D. 1983. Educational Research and Introduction. New York : Longman.

Darmawati & Sundari. 2004. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Karakter di SD. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar. 1(4). 230-291.

Dick, W. & Carey, L. 1996. The Systematic Design of instruction. New York: Longman.

Djahiri, A,K. 1996. Menelusuri dunia Afektif-Nilai Moral dan Pendidikan Nilai Moral. Bandung: Laboraturium Pengajaran PMP IKIP Bandung.

Djahiri. 2006. Esensi Pendidikan Nilai-moral dan PKn di Era Globalosasi. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan.

Jedun, A., Sutarto, Ikhwanuddin. 2014. Model Pendidikan Karakter di SMK Melalui Program Pengembangan Diri dan Kultur Sekolah. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. 22(2):163-172.

Judiani, S. 2010. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 16(3):280-289.

Lickona, T. 1991. Educating for Character How Our School Can Teach Respect and responssibility. New York: Simon & Schuster, Inc.

Lonto, A.P. 2015. Pengembangan Model Karakter Berbasis Nilai Sosio-Kultural pada Siswa SMA di Minahasa. Jurnal Mimbar. 31(2): 319-327.

Mirizon, S. & Yunus, M. 2008. Kesulitan dalam Pengembangan dan Penulisan Materi Ajar Bahasa Inggris dalam menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jurnal Forom Kependidikan. 28(1):48-57.

Romiszowski .1986. Developing auto instructional materials. Philedelphia: Nocolas Publishing

Saputro, H. B., & Soeharto. 2015. Pengembangan Media Komik Berbasis Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik-Integratif Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia. 3(1):61-72.

Sudaryanti. 2012. Pentingnya Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak. 1(1). 11-20.

Suyanto. 2009. Urgensi Pendidikan Karakter. (Online).(http://www.mendiknas.go.id) diakses 4 September 2015.

Tilaar, H.A.R. 1999. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Grasindo.

Winataputra. 2007. Pendidikan Kewagnegaraan, Model Pengembangan Materi dan Pemebelajaran. Bandung: Laboratorium Pkn UPI.

Winahyu, E.S & Kartini, H. 2013. Mengem-bangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD pada Pembelajaran IPA dengan Model Predict Observe Explain (POE). Jurnal Sekolah Dasar. 22(1):74-85.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v25i12016p037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan



Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats