PENGEMBANGAN LKS BERBASIS SAINTIFIK UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER ILMIAH PADA SISWA SD

Sri Estu Winahyu, Harti Kartini, Lilik Bintartik

Abstract


Abstract: The study aims at producing students’ worksheet as teaching aid to raise proper scientific character for students in accordance with material experts, media expert, and users appraisement. Product’s validation was attained from the experts of material and media. The result of try-out was used as the base of product revision. From the result of trying out, we found that: the accuracy of the concept; the proper content and implementation; the proper format, content, and presentation; the proper application and legibility; in addition, the students stated that they were delighted in doing the try-out. In applying the students’ worksheet, teachers should read technical instructions for implementation before doing try-out and giving relevant alternative activities.

Keywords: students’ worksheet, scientific, scientific character, primary school students.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS sebagai alat bantu guru dalam menumbuhkan karakter ilmiah siswa yang layak berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan pengguna. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Dick, Carey dan Carey. Validasi produk diperoleh dari ahli materi dan ahli media. Uji coba produk skala kecil dilakukan pada siswa kelas IV SDN Madyopuro 3 Malang. Hasil temuan uji coba digunakan dasar revisi produk. Dari hasil uji coba ditemukan: aspek keakuratan konsep, isi dan keterlaksanaan dinilai layak; format, isi. dan tampilan dinilai sangat layak; keterterapan dan keterbacaan dinilai layak; siswa menyatakan sangat senang melakukan percobaan. Mereka memberi masukan untuk waktu dan ruang jawaban perlu ditambah. Dalam menerapkan LKS hendaknya guru membaca petunjuk teknis pelaksanaan sebelum melakukan percobaan dan memberikan contoh alternatif kegiatan percobaan yang relevan.

Kata kunci: LKS, saintifik, karakter ilmiah, siswa SD


Full Text:

PDF

References


Bundu, Patta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Darmojo, H. & Jenny R. F. Kaligis. 1992. Pendidikan IPA II. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

Depdiknas. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum.

Dick, W & Carey, L. 1990. The Systematic Design of Instruction. Illinois: Scott, Foresman and Company

Karmelia, F. A., & Dewi, A. I. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV SDN No.4 Siboang. Jurnal Kreatif Tadulako. (Online). 5(7): 74-81.

Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru SD Kelas I, Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: P3DMK-PMP

Kemendikbud. 2013. Tema 2 Subtema 3 Gaya dan Gerak. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Panduan Teknis Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Jakarta: Kemendikbud.

Majid, A. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Majid, A & Rohman, C. 2014. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosdakarya.

Minawati, Z, Haryani, S, & Pamelasari, S.D. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Tema Sistem Kehidupan dalam Tumbuhan untuk SMP Kelas VIII. Unnes Science Education Journal, 3 (3), 587-592.

Pratiwi, M.N. & Susilowibowo, J. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Saintifik pada Materi Pencatatan Transaksi Perusahaan Manufaktur. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Akutansi dan Keuangan (Online). Jurnal. Fkip.Uns.ac.id/index. Php/Snpak/article/View/6702. Diakses 10 Februari 2017.

Sagala, S. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Santiasih, N. L., Marhaeni, A.A.I.N, & Tika, I. N. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No. 1 Kerobokan Kecamatan Kuta Utara Kabupaten Badung Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Dasar, 3, 1-11.

Sitorus, E.H., Hasrattudin, & Manullang, M. 2016. Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keterampilan Berpikir Kritis di SMP Negeri 6 Medan. Jurnal Tabularasa PPS UNIMED, 13 (2), 181-197.

Suryobroto, B. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

USAID Prioritas. 2014. Praktik yang Baik dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Usaid Prioritas.

Winahyu, E & Kartini, H. 2013. Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SD pada Pembelajaran IPA dengan Model Predict-Observe-Explain (POE). Jurnal Sekolah Dasar. 22 (1): 15-20.

Yamin, M. 2010. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v25i12016p073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar:Kajian Teori dan Praktik Pendidikan



Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats