Hubungan Perhatian dari Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Tio Gusti Satria

Abstract


The purpose of carrying out this research is to determine the relationship between parental attention to the learning outcomes of class II SDIT Raudhatul Jannah Lubuklinggau. The research was using quantitative correlation by the sample of 55 students. Techniques in collecting data using questionnaires and documentation. Techniques in data analysis by applying the formula "product moment correlation" and "double correlation". The results of the study showed a significant relationship between parental attention to learning outcomes. This is evidenced by rxy amount 0.51542, rxy amount 0.26566, t-count 3.2944. The conclusion is that there is a significant relationship between parental attention to the learning outcomes of class II SDIT Raudhatul Jannah students.

 

Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas II SDIT Raudhatul Jannah Lubuklinggau. Penelitian dilakukan dengan jenis korelasi kuantitatif, dan sampel sebanyak 55 siswa. Teknik dalam mengumpulkan data menggunakan teknik kuesioner dan teknik dokumentasi. Teknik dalam analisis data menerapkan rumus "product moment correlation" dan "double correlation". Hasil dari penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari rxy sama dengan 0,51542, rxy sama dengan 0,26566, t-hitung 3,2944. Simpulannya bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas II SDIT Raudhatul Jannah.


Keywords


parents, family; learning outcomes; intelligence; children's education; orang tua; keluarga; hasil belajar; kecerdasan; pendidikan anak

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Metode peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Chatib, M. (2012). Orangtuanya manusia: Melejitkan potensi dan kecerdasan dengan menghargai fitrah setiap anak. Kaifa.

Endriani, A. (2018). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas Viii Smpn 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2). https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/realita/article/view/708

Febriany, R., & Yusri, Y. (2013). Hubungan Perhatian Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Dalam Mengerjakan Tugas-Tugas Sekolah. Konselor, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/0201321727-0-00

Handayani, S. (2016). Pengaruh Perhatian Orangtua dan Minat Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i2.948

Hasanah, U. (2016). Pola asuh orangtua dalam membentuk karakter anak. Jurnal Elementary, 2(2), 72–82.

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh perhatian orangtua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176–187.

Mawarsih, S. E., & Hamidi, N. (2013). Pengaruh perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa sma negeri jumapolo. Jupe-Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3).

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754

Nisa, A. (2017). Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Faktor UNINDRA, 2(1), 1–9.

Prasojo, R. J. (2014). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1), 37082.

Rahadian, A. S. (2017). Pemenuhan Hak Asi Eksklusif Di Kalangan Ibu Bekerja: Peluang Dan Tantangan (Fulfilling The Right For Exclusive Breastfeeding Among Working Women: Opportunities And Challenges). Jurnal Kependudukan Indonesia, 9(2), 107–116.

Reza, I. F. (2016). Peran Orang Tua Dalam Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba Pada Generasi Muda. Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 2(1). http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/psikis/article/view/1056

Rismawati, K. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dalam Kegiatan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Di Daerah Binaan III Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan [Other, Universitas Negeri Semarang]. http://lib.unnes.ac.id/21086/

Soegeng, A. Y., & Nisa’, Z. (2014). Hubungan Antara Perhatian Orangtua Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Integratif Siswa Kelas Iv Sd Negeri Kembangarum 2 Mranggen Demak. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 4(2), Article 2. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v4i2.533

Wahy, H. (2012). Keluarga sebagai basis pendidikan pertama dan utama. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 12(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v230i12021p071

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats