Potensi Peran Modal Sosial Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar pada Masa Darurat Pandemi Covid-19

Heri Setiawan, Styo Mahendra Wasita Aji, Ilham Syahrul Jiwandono, Itsna Oktaviyanti

Abstract


This article aims to examine the potential role of social capital in elementary school learning in the Covid-19 emergency. The method used is the study of literature, through the analysis of various relevant reading sources. Based on the results of the study, social capital has the potential role to succeed in learning in the time of the coronavirus pandemic. Social capital can arise naturally from the typical local wisdom of each region. Each school can dig and formulate social capital in its environment. The role of social capital can be used for the success of learning from home in times of pandemic.

 

Artikel ini bertujuan untuk mengkaji potensi peran modal sosial dalam pembelajaran sekolah dasar di masa darurat Covid-19 ini. Metode yang digunakan yaitu kajian literatur, melalui analisis berbagai sumber bacaan yang relevan. Berdasarkan hasil kajian, modal sosial memiliki potensi peran untuk mensukseskan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Modal sosial dapat muncul secara alami dari kearifan lokal yang khas setiap daerah. Setiap sekolah dapat menggali dan merumuskan modal sosial di lingkungannya. Peran modal sosial dapat didayagunakan demi kesuksesan belajar dari rumah di masa pandemi.

 


Keywords


Potential; social capital; elementary school learning; Covid-19; Potensi; modal sosial; pembelajaran sekolah dasar; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Adnan, M., & Anwar, K. (2020). Online Learning amid the COVID-19 Pandemic: Students’ Perspectives. Online Submission, 2(1), 45–51.

Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Orang Tua Dalam Mengajar Dan Mendidik Anak Dalam Pembelajaran At The Home Masa Pandemi Covid-19. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 3(1), 37–46.

Aliyyah, R. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., & Tambunan, A. R. S. (2020). The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the COVID-19 Pandemic Period: A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109.

Ananda, R., & Amiruddin, A. (2017). Inovasi pendidikan: Melejitkan potensi teknologi dan Inovasi Pendidikan. Widya Puspita.

Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Info Singkat; Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, XII (7/I), 6.

Aristovnik, A., Keržič, D., Ravšelj, D., Tomaževič, N., & Umek, L. (2020). Impacts of the COVID-19 Pandemic on Life of Higher Education Students: A Global Perspective. Sustainability, 12(20), 8438.

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288.

Astuti, N. A. R. (2020, July 9). Kemendikbud Ungkap Masalah Belajar Daring, Ancaman Putus Sekolah Ada di Papua. detiknews. https://news.detik.com/berita/d-5086583/kemendikbud-ungkap-masalah-belajar-daring-ancaman-putus-sekolah-ada-di-papua

Booth, A., Sutton, A., & Papaioannou, D. (2016). Systematic Approaches to a Successful Literature Review. Sage.

CAF World Giving. (2018). CAF World Giving Index 2018 | Research into Global Giving Behaviour. https://www.cafonline.org/about-us/publications/2018-publications/caf-world-giving-index-2018

Chick, R. C., Clifton, G. T., Peace, K. M., Propper, B. W., Hale, D. F., Alseidi, A. A., & Vreeland, T. J. (2020). Using Technology to Maintain the Education of Residents during the COVID-19 Pandemic. Journal of Surgical Education.

Daniel, S. J. (2020). Education and the COVID-19 pandemic. Prospects, 1–6.

Dwiningrum, S. I. A. (2014). Modal Sosial Dalam Pengembangan Pendidikan: Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Erowati, D., Prasetyo, K. B., Astuty, S., & Anggraeni, T. (2020). Peran Organisasi Perempuan dalam Penguatan Social Capital Melawan Pandemi Covid-19 (Studi pada Gerakan Kampanye Sosial Persit Kartika Chandra Kirana XXXIX Kabupaten Pati Jawa Tengah). Umbara, 5(1), 30–41.

Fadli, M. R. (2020). Peran Modal Sosial dalam Pendidikan Sekolah. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 152–161.

Farisa, F. C. (2020, April 13). KPAI Terima 213 Pengaduan Pembelajaran Jarak Jauh, Mayoritas Keluhkan Beratnya Tugas dari Guru Halaman all—Kompas.com. https://nasional.kompas.com/read/2020/04/13/15584711/kpai-terima-213-pengaduan-pembelajaran-jarak-jauh-mayoritas-keluhkan?page=all

Hidayat, M. W. (2020, July 26). Warganet Apresiasi RAPI Sumbawa Bantu Proses Pembelajaran melalui Handy Talky. liputan6.com. https://www.liputan6.com/tekno/read/4315173/warganet-apresiasi-rapi-sumbawa-bantu-proses-pembelajaran-melalui-handy-talky

Julien, C. (2015). Bourdieu, Social Capital and Online Interaction. Sociology, 49(2), 356–373.

Laveda, M. (2020, Agustus). Warga RT 13 Pondok Kelapa Sediakan Wi-fi Gratis Bagi Siswa | Republika Online. https://republika.co.id/berita/qevu3s484/warga-rt-13-pondok-kelapa-sediakan-wifi-gratis-bagi-siswa

Legatum Institute. (2019). 2019 Legatum Prosperity IndexTM | Legatum Institute. https://li.com/reports/2019-legatum-prosperity-index/

Liliani, L., & Sidharta, H. (2017). Proses Adopsi Inovasi dalam Proses Belajar Entrepreneurship.

Mawati, A. T., Permadi, Y. A., Rasinus, R., Simarmata, J., Chamidah, D., Saputro, A. N. C., Purba, B., Ritonga, M. W., Sudono, E. P., & Purba, B. (2020). Inovasi Pendidikan: Konsep, Proses dan Strategi. Yayasan Kita Menulis.

Mendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Mutiara, I. A., Nur, S., Ramlan, H., & Basra, M. H. (2020). Modal Sosial: Membangun Optimisme Sosial pada Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19. Prosiding Nasional Covid-19, 113–116.

Nuraini, N. L. S., Qihua, S., Venatius, A. S., Slamet, T. I., & Cholifah, P. S. (2020). Distance Learning Strategy in Covid-19 Pandemic for Primary Schools. International Webinar Series-Educational Revolution in Post Covid Era, 107–116.

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor pemicu kecemasan siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541–544.

Prestiadi, D. (2020). Effectiveness of e-learning implementation as a Distance Learning Strategy During Coronavirus Disease (Covid-19) pandemic. Proceeding Umsurabaya.

Putnam, R. D. (2013). Social Capital Primer. Online Verfügbar Unter Http://Bowlingalone. Com.

Rogošić, S., & Baranović, B. (2016). Social capital and educational achievements: Coleman vs. Bourdieu. Center for Educational Policy Studies Journal, 6(2), 81–100.

Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Qawwam, 14(1), 29–50.

Saleh, A. M. (2020). Problematika Kebijakan Pendidikan Di Tengah Pandemi Dan Dampaknya Terhadap Proses Pembelajaran Di Indonesia.

Sama, S., Bahri, S., & Budiyono, F. (2020). Sinergitas Guru dan Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Covid-19 di Kecamatan Kalianget. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.

Santrock, J. W. (2011). Child Development (Thirteenth). New York: McGraw Hill Companies.

Suasthi, I. G. A., & Suadnyana, I. B. P. E. (2020). Membangun Karakter “Genius” Anak Tetap Belajar Dari Rumah Selama Pandemi Covid-19 Pada Sekolah Suta Dharma Ubud Gianyar. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 431–452.

Sukoco, G. A., Purba, R. E., & Arsendy, S. (2020, Mei). Riset dampak COVID-19: Potret gap akses online “Belajar dari Rumah” dari 4 provinsi. The Conversation. http://theconversation.com/riset-dampak-covid-19-potret-gap-akses-online-belajar-dari-rumah-dari-4-provinsi-136534

Syafar, M. (2017). Modal Sosial Komunitas Dalam Pembangunan Sosial. Lembaran Masyarakat: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 3(1), 1–22.

Usman, S. (2015). Esai-Esai Sosiologi Perubahan Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v29i22020p191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats