Pengembangan Media Interaktif pada Materi Bangun Ruang Menggunakan Adobe Animate di Kelas V

Filzah Izzati Amin, Sri Sumarni, Somakim Somakim

Abstract


The use of interactive multimedia has a big impact on education, especially on the mathematics of parts, properties of blocks and cubes. This research aims to produce valid, practical, and effective multimedia. Class V B students of SD Negeri 109 Palembang are the subjects of the field test. The concept of modification of Hannafin and Peck's development pattern is the pattern used in this study, which has 3 stages, namely analyzing needs, outlines, and development and implementation with evaluation and revision at each stage. Tests on materials, designs, and media were carried out by experts and were declared very valid after revising the product. Multimedia is declared practical after a formative evaluation based on the acquisition of a very practical classification. Multimedia learning mathematics is effectively implemented in accordance with the learning outcomes of class VI B students at SD Negeri 109 Palembang. After being reviewed through the results of the percentage of 90% of children successfully achieving the KKM standard and the average value of N-gain is 0.54 with a medium classification.

 

Pemanfaatan multimedia interaktif berpengaruh besar pada pendidikan, terutama pada matematika materi bagian-bagian, sifat-sifat bangun ruang balok dan kubus. Riset ini bertujuan yaitu menghasilkan multimedia yang valid, praktis, dan efektif. Siswa kelasV B SD Negeri 109 Palembang merupakan subjek dari uji lapangan. Konsep modifikasi pola pengembangan Hannafin dan Peck adalah pola yang digunakan pada penelitian ini, yang mempunyai 3 tahapan yakni menganalisis kebutuhan, kerangka bentuk, dan pengembangan beserta penerapan dengan evaluasi dan revisi di setiap tahapnya. Pengujian terhadap materi, desain, dan media dilakukan kepada ahli dan dinyatakan sangat valid setelah melakukan revisi produk. Multimedia dinyatakan praktis setelah dilakukan evaluasi formatif berdasarkan perolehan klasifikasi sangat praktis. Multimedia pembelajaran matematika efektif dilaksanakan sesuai dengan hasil pembelajaran peserta didik kelas VI B di SD Negeri 109 Palembang. Setelah ditinjau melalui hasil persentase 90% anak berhasil tercapai standar KKM serta besaran nilai rerata N-gain adalah 0,54 dengan klasifikasi sedang. 


Keywords


multimedia; adobe animate; mathematics; development research; multimedia; adobe animate; matematika; penelitian pengembangan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2017). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Lantanida Journal,,)4(1), 35. https://doi.org/10.22373/lj.v4i1.1866

Aprianty, D., Somakim, S., & Wiyono, K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Matematika Materi Persegi Panjang dan Segitiga di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 30(1), 1. https://doi.org/10.17977/um009v30i12021p001

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam,O8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Chen, Ching-Huei; Wang, Kuan-Chieh; Lin, Y.-H. (2015).OThe Comparison of Solitary and Collaborative Modes of Game-Based Learning on Students’ Science Learning and Motivation.

Hake, R. R. (2002). Relationship of individual student normalized learning gains in mechanics with gender, high-school physics, and pretest scores on Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference, 8(August 2002), 1–14. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=10EI2q8AAAAJ&citation_for_view=10EI2q8AAAAJ:IjCSPb-OGe4C

Hannafin, M. J., & Peck, K. L. (1988). The Design, Development, and Evaluation of Instructional Software. Collier Macmillan Publishers.

Intisari. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 1(1), 62–71.

Irawan, A., & Febriyanti, C. (2016). Efektifitas Mathmagic dalam Peningkatan Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 85–92. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.755

Novia, W., & Wasehudin, W. (2021). Dampak Pandemi Covid Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Pai. TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 8(1), 23–37. https://doi.org/10.17509/t.v8i1.28551

Nuraini, N. L. S., & Laksono, W. C. (2019). Motivasi Internal dan Eksternal Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 28(2), 115–124. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p115

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Patmanthara, S. (2012). Analisis Pelaksanaan Uji Online Pada Kompetensi Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Dan Kesiapan Infrastruktur Di SMA Kota Malang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 19(1), 28–37.

Purba, R. (2017). Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa “ Membuat Gambar / Denah Berdasarkan Penjelasan ” Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 060923 Medan Amplas. 5(2), 87–97.

Putri, I. P., & Sibeua, A. M. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 1(2), 2355–4983.

Ramadhani, V. D., Roebyanto, G., & Umayaroh, S. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V pada Materi Geometri Ditinjau dari Gaya Kognitif. Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, 28(2), 80–90. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p080

Ratnasari, R. V. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash CS6 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keliling Dan Luas Bangun Datar Dan Hubungan Pangkat Dua Dengan Akar Pangkat Dua Di Kelas IV. Journal of Basic Education Studies, 4(1).

Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Makalah. Alfabeta.

Rusydi, I. (2019). Peranan Perkembangan Teknologi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://www.neliti.com/id/publications/290643/peranan-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-dalam-kegiatan-pembelaja

Surachman, E. (2016). Pemanfaatan Media Pembelajaran sebagai Upaya Peningkatkan Efektifitas Pembelajaran serta Profesionalitas Pendidik di SMP Negeri 194 Jakarta. Jurnal Sarwahita, 13(2).

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group.

Syafitri, S. . (2016). Pendidikan Matematika Pendidikan Guru SD/MI. Matematika.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v30i22021p147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats