PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS AUGMENTED REALITY (AR) MENGGUNAKAN ASSEMBLR APPS PADA TEMA 9 “MENJELAJAH ANGKASA LUAR” KELAS VI SEKOLAH DASAR

Lilis Novia Santi, Nuriman Nuriman, Kendid Mahmudi

Abstract


This study aims to determine the results of the validity and effectiveness of the textbooks. The research used is the research and development research of the Borg and Gall model with 10 stages of research, namely preliminary research, planning and development, initial product design development, product validation, initial product revision, use trials, product development revisions, effectiveness trials, final product, dissemination. The results of data analysis for sixth grade students at SDN 1 Grajagan, SDN 4 Grajagan, and SDN 8 Grajagan during validation showed the average percentage of validity was 91.72 percent so that it was in the very valid category. The effectiveness of the product is seen based on student responses and learning outcomes tests. The results of the data during the limited trial showed a positive response to the product by 88.4 percent. Meanwhile, the results of the product effectiveness trial at SDN 1 Grajagan, SDN 4 Grajagan, SDN 8 Grajagan were 80 percent, 72.22 percent, 90 percent respectively. This shows that Augmented Reality (AR) based textbooks are very feasible and effective to use when learning.

 

Penelitian ini bertujuan mengetahui hasil validitas dan efektivitas dari buku ajar yang dikembangkan. Penelitian yang digunakan ialah penelitian pengembangan Research and Development model Borg and Gall dengan 10 tahapan penelitian, yaitu penelitian pendahuluan, perencanaan dan pengembangan, pengembangan desain produk awal, validasi produk, revisi produk awal, uji coba penggunaan, revisi produk pengembangan, uji coba keefektifan, produk final, Dissemination. Hasil analisis data siswa kelas VI SDN 1 Grajagan, SDN 4 Grajagan, dan SDN 8 Grajagan saat validasi menunjukkan persentase rata-rata tingkat kevalidan sebesar 91,72 persen sehingga masuk kategori sangat valid. Keefektifan produk dilihat berdasarkan respons siswa dan tes hasil belajar. Hasil data saat uji coba terbatas menunjukkan respons positif terhadap produk sebesar 88.4 persen. Sedangkan hasil uji coba keefektifan produk di SDN 1 Grajagan, SDN 4 Grajagan, SDN 8 Grajagan secara berturut-turut ialah 80 persen, 72,22 persen, 90 persen. Hal tersebut menunjukkan buku ajar berbasis Augmented Reality (AR) sangat layak dan efektif digunakan saat pembelajaran.


Keywords


buku ajar; augmented reality; validasi; efektivitas.

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A., Degeng, I. N., & Husna, A. (2020). Pengembangan buku suplemen dengan teknologi 3D augmented reality sebagai bahan belajar tematik untuk siswa kelas 4 SD. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(2), 111-118.

Aditama, P. W., Adnyana, I. N. W., & Ariningsih, K. A. (2019). Augmented reality dalam multimedia pembelajaran. SENADA: Seminar Nasional Manajemen, Desain dan Aplikasi Bisnis Teknologi Vol. 2, 176-182.

Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf. Sainsmat J. Ilm. Ilmu Pengetah. Alam, 8(2), 47.

Ashari, F. (2019). Integrasi Pendidikan, Sains, dan teknologi dalam Mengembangkan Budaya Ilmiah di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019, 4(1), 71-76. Surabaya: Pendidikan Fisika STKIP AL Hikmah Surabaya.

Awe, E. Y., & Benge, K. (2017). Hubungan antara minat dan motivasi belajar dengan hasil belajar ipa pada siswa SD. Journal of Education Technology, 1(4), 231-238.

Budiarti, A. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning dengan Pendekatan Scientific Berbasis E-Book pada Materi Rangkaian Induktor Terhadap Hasil Belajar Siswa. JUPITER: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 21-28.

Dalimunthe, R. R., Harahap, R. D., & Harahap, D. A. (2021). Analisis minat belajar siswa sekolah dasar terhadap mata pelajaran IPA pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1341-1348.

Efendi, Y., Trinugi, W. H., dan Elvin, K. (2016). Penerapan Teknologi AR (Augmented Reality) pada Pembelajaran Energi Angin Kelas IV SD di Rumah Pintar Al-Barokah. Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi, 29-47.

Effendi, Tri Bahtiar. (2015). Penulisan Bahan Ajar. Bogor: Conference paper. DOI: 10.13140/RG.2.1.1441.6083

Fakhrudin, A., & Kuswidyanarko, A. (2020). Pengembangan media pembelajaran IPA sekolah dasar berbasis augmented reality sebagai upaya mengoptimalkan hasil belajar siswa. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 771-776.

Hernawati, E. (2017). Penerapan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA di Kelas IV SDN Ciputat 04 Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan Provinsi Banten. Jurnal Ilmiah PGSD, 12(2), 68–75.

Ilafi, M. M. (2022). Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Augmented Reality Berbantuan Assemblr Pada Materi Tata Surya Kelas VII SMP/MTS (Disertasi, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Luthfi, R. A., Sahari, S., & Wenda, D. D. N. (2022). Pengembangan Media Visual Tentara (Tentang Tata Surya) Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SD Kelas VI Materi Tata Surya (Disertasi, Universitas Nusantara PGRI Kediri).

Magta, M. (2013). Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara Pada Anak Usia Dini. Jurnal pendidikan usia dini, 7(2), 221-229.

Mahmud, M., & Cempaka, M. (2022). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Tematik Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila Berbasis Augmented Reality (AR). Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 5(2).

Mahsyud, S. (2016). Metode Penelitian Edisi ke-5. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK).

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.

Mukmin, B. A. (2016). Pengembangan Buku Ajar IPA Berbasis Problem Solving Siswa Kelas V SD. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri, 44-52.

Mustikaningrum, D. K., Hartiwi, A., & Indrawati, I. (2019). Penggunaan Media Video Berbasis Fenomena Alam Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Perubahan Wujud Zat Di SMP. FKIP e-PROCEEDING, 4(1), 8-13.

Ningsi, Surya. (2021). “Mengenal Assemblr EDU Lebih Dekat”. (Online) https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/mengenal-assemblr-edu-lebih-dekat-part-1/

Pringgar, R. F., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Pada Pembelajaran Siswa. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 317-329.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta.

Setiyono, B. (2013). Penggunaan Model Group Investigation Dengan Strategi Inquiri Dalam Peningkatan Pembelajaran IPA Kelas V SD. Kalam cendekia pgsd kebumen, 1(1).

Wulandari, G. (2018). Peningkatan Minat Belajar IPA Kelas V SDN 2 Brangkal Melalui Metode Outdoor Learning Process. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Yanuarti, E. (2017). Pemikiran Pendidikan Ki. Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Kurikulum 13. Jurnal Penelitian,Vol. 11, No. 2, 237-266. Bengkulu: Stain Curup.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v31i22022p078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats