Pengembangan Media Kartu Baruang (Belajar Bangun Ruang) Berbasis Augmented Reality untuk Kelas VI SD

May Famila Mustiqa Ilma, Goenawan Roebyanto, Erif Ahdhianto

Abstract


Learning media is a tool for teachers in delivering learning materials as a way to overcome learning limitations. The purpose of this study is to produce augmented reality-based Kartu Baruang (Learning to Build Space) media product for learning space building materials in grade VI elementary schools. Kartu Baruang media will be tested for validity by learning media experts, mathematics material experts, and users for teachers and their interests for students. This research uses the Dick and Carey development research model which has nine steps from needs analysis to the production of the final product. The results showed that Kartu Baruang media was successfully developed and had met the valid criteria of learning media experts, mathematics material experts and teachers with percentages sequentially as much as 97 percent, 93.33 percent and 99.6 percent. Furthermore, the results of the trial of the disclosure of Kartu Baruang media to students also showed that the media produced was interesting by obtaining a percentage of 93.5 percent.

Media pembelajaran merupakan alat bantu guru dalam menyampaikan materi pembelajaran sebagai cara untuk mengatasi keterbatasan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk media Kartu Baruang (Belajar Bangun Ruang) berbasis augmented reality untuk pembelajaran materi bangun ruang di kelas VI sekolah dasar. Media Kartu Baruang akan diuji validitasnya oleh ahli media pembelajaran, ahli materi matematika, dan pengguna untuk guru beserta kemenarikannya untuk siswa. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan Dick dan Carey yang memiliki sembilan langkah mulai dari analisis kebutuhan hingga dihasilkannya produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan media Kartu Baruang berhasil dikembangkan dan telah memenuhi kriteria valid dari ahli media pembelajaran, ahli materi matematika dan guru dengan persentase secara berurutan sebanyak 97 persen, 93,33 persen dan 99,6 persen. Lebih lanjut, untuk hasil uji coba kemenarikan media Kartu Baruang kepada siswa juga menunjukkan media yang dihasilkan menarik dengan memperoleh persentase sebesar 93,5 persen.  

 


Keywords


geometry card media; augmented reality; elementary school; media kartu geometri; augmented reality; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, N. (2013). Pembentukan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam. Al-Ulum, 13(1), 25–38.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan menggunakan Media Manipulatif. 6(01).

Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229.

Arsyad, A. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asnur, M. N. A. (2018). Pemanfaatan QR-Code sebagai Media Pembelajaran Bahasa Asing pada Perguruan Tinggi di Indonesia. 253–260.

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57–62.

Chen, P., Liu, X., Cheng, W., & Huang, R. (2017). A Review of Using Augmented Reality in Education from 2011 to 2016. Innovations in Smart Learning, 13–18.

Daulay, R. S., Pulungan, H., Noviana, A., & Hurhaliza, S. (2020). Manfaat Teknologi Smartphone dalam kegiatan Pembelajaran Pendidikan Islam di Masa Pandemi Corona-19. Al-Ulum: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1).

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561.

Fitria, R., Nuraini, N. L. S., & Winahyu, S. E. (2020). Development of Digital Plane Shape Houses Media for Class IV Elementary Schools. Proceedings of the 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE 2020) 179–185. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.032

Fitriani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon tentang Konsep Diri dalam Bimbingan Kelompok untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.

Hanan, R. A., Fajar, I., Pramuditya, S. A., & Noto, M. S. (2018). Desain Bahan Ajar Berbasis Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Bidang Datar. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SNMPM) 2(1), 287–299.

Islami, A. N., Afiani, K. D. A., & Putra, D. A. (2021). Penerapan Model Blended Learning Berbantuan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Bangun Ruang Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah 4 Surabaya. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(1), 68–80.

Istiqomah, J. Y. N., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Posing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 670–681.

Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Deepublish.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Mayer, R. E. (2017). Using Multimedia for e‐Learning. Journal of Computer Assisted Learning, 33(5), 403–423.

Mertala, P. (2020). Paradoxes of Participation in the Digitalization of Education: A narrative account. Learning, Media and Technology, 45(2), 179–192.

Orlanda-Ventayen, C. C., & Ventayen, R. J. M. (2017). Role of Social Media in Education: A Teachers’ Perspective. ASEAN Journal of Open and Distance Learning, 9(2).

Pambudi, K. H. B., Buchori, A., & Aini, A. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(1), 61–69.

Sanaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Santrock, J. W. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Setyadi, D., & Qohar, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Barisan dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7.

Setyosari, P. (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan edisi Keempat. Jakarta: Penerbit Prenadamedia Group.

Sulviana, N., Fitria, H., & Wahidy, A. (2021). Manajemen Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Jambura Journal of Educational Management, 15–31.

Sunardi, D., Sahputra, E., & Hidayah, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 1(1), 29–34.

Ummah, I., & Ariwibowo, M. R. (2021). Augmented Reality Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 7(1), 15–25.

Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785–793.

Wu, H.-K., Lee, S. W.-Y., Chang, H.-Y., & Liang, J.-C. (2013). Current Status, Opportunities and Challenges of Augmented Reality in Education. Computers & Education, 62, 41–49.

Yuanta, F. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(02), 91–100.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v31i12022p036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats