PENGEMBANGAN MEDIA KARTU SOAL MATEMATIKA BERBASIS GOOGLE SITES MATERI KPK DAN FPB PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Evi Ananda Putri, Yulia Linguistika, Siti Mas'ula

Abstract


This development research aims to produce question card media based on google sites material for LCM and GCF grade IV Elementary Schools that are valid and interesting for students. The research model uses the ADDIE model with five stages of development including: (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, and (5) evaluation. The product is a website link (https://sites.google.com/view/media-mathion-card/page-muka) which is online. Based on the validation results, the percentage of material experts is 85 percent (valid), the percentage of media experts is 96.67 percent (very valid), the percentage of teachers is 91.67 percent (very valid), and the student attractiveness test results are 93 percent (very good). So it was concluded that the mathion card media product was valid according to the experts and interesting for fourth grade students.

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media kartu soal berbasis google sites materi KPK dan FPB kelas IV Sekolah Dasar yang valid dan menarik bagi siswa. Model penelitian menggunakan model ADDIE dengan lima tahap pengembangan meliputi: (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Produk berupa link website (https://sites.google.com/view/media-mathion-card/halaman-muka) yang secara online. Berdasarkan hasil validasi, persentase ahli materi 85 persen (valid), persentase ahli media 96,67 persen (sangat valid), persentase guru 91,67 persen (sangat valid), dan hasil uji kemenarikan siswa sebesar 93 persen (sangat baik). Sehingga disimpulkan bahwa produk media mathion card valid menurut para ahli serta menarik bagi siswa kelas IV.


Keywords


kartu soal; Google Sites; KPK dan FPB

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Anam, K. (2014). Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Bermain Kartu Soal Bagi Siswa Kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Kesamben Wetan Driyorejo Gresik. (1), 16–72.

Angriani, A. D. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pemberian Kuis dengan Umpan Balik Pada Siswa Kelas X6 SMA Negeri 2 Sinjai. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 2(1), 1–16.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Atsani, I. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Daryanto. (2015). Media Pembelajaran (Daryanto, Ed.). Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Ferismayanti. (2020). Mengoptimalkan Pemanfaatan Google Sites dalam Pembelajaran Jarak Jauh Oleh: Ferismayanti, M.Pd. 1–12.

Firmansyah, F. H., Aldriani, S. N. F., & Dewi, E. R. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Matematika untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(2), 101–110.

Harsanto, B. (2012). Panduan E-Learning Menggunakan Google Sites. Bandung: Fakultas Ilmu Ekonomi Universitas Padjadjaran

Harsanto, B. (2017). Inovasi Pembelajaran di Era Digital: Menggunakan Google Sites dan Media Sosial. Bandung: UNPAD Press.

Heruman. (2017). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hobri, Susanto, Syaifuddin, M., Maylistiyana, D. E., Hosnan, &

Cahyanti, Anggraeny Endah Syahrinawati, K. A. (2018). Senang Belajar Matematika : Buku Guru Kelas IV. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Idrus, L. (2019). Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920-935.

Munir. (2013). Multimedia Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Bandung: Penerbit Alfabeta.

Nuryadi. (2013). Metode Games 5 in 1 “ Math Pasti Maju ” dengan Media KASO. 1–46.

Pratiwi, M. (2020). Tes Diagnostik dalam Masa Pandemi: Problematika Pengembangan dan Pelaksanaan Tes Secara Daring. Prosiding, 66.

Prayitno, E. (2015). Pembelajaran interaktif: inovasi guru matematika pemacu kepercayaan diri peserta didik. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 2(2)

Selan, Yustinus M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Bertukar Pasangan Berbantuan Media Kartu Soal Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2).

Setyadi, D., & Qohar, A. B. D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web pada Materi Barisan dan Deret. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 1–7.

Silmi, Millatina & Wiryanto. (2022). Analisis Pembelajaran Matematika Melalui Platform Zoom di Masa Pandemi COVID-19 Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol 10 No.8.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

Suryanto, D. A. (2018). Analisis perbandingan antara blogger dan google site. (Disertasi). Universitas Muhammadiyah Surakarta

Unaenah, E., Ragin, G., Annisa, M. N., Ishaq, A. R., Wiliah, A.,

Fauziah, R., & Noviyanti, W. (2020). Analisis Pembelajaran FPB dan KPK dengan Model Pohon Faktor dan Tabel Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 2(1), 75–86.

Yulianti, K., & Utomo, U. (2022). Perbandingan Implementasi Pembelajaran Daring dan Luring di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2410-2418.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v31i22022p087

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats