Pengembangan Cerita Anak dengan Pendekatan Ekolinguistik Sebagai Pengungkap Kearifan Lokal untuk Pelestarian Bahasa Jawa dan Lingkungan di SD

Endang Kurniati

Abstract


disclosure of local wisdom for the preservation of Javanese language and the environment of elementary students. The research approach used is research and development. This research product in the form of teaching material of the story that suitable with learning requirement of Javanese elementary school in the form of discourse which use Javanese dialect where the student is, by utilizing cultural activity, vocabulary, traditional expression, and fairy tale which is local wisdom. This teaching material uses Javanese dialect language [a] which can be used in Banyumas, Tegal, Brebes, and Javanese dialect [כ] which can be used in Surakarta, Semarang, and Yogyakarta.

Keywords: teaching materials, ecolinguistics, local wisdom of elementary school.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan materi ajar cerita dengan pendekatan ekolinguistik sebagai pengungkap kearifan lokal untuk pelestarian bahasa Jawa dan lingkungan siswa SD. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah research and development. Produk penelitian ini berupa materi ajar cerita yang sesuai kebutuhan pembelajaran bahasa Jawa SD dalam bentuk wacana yang menggunakan bahasa Jawa dialek dimana siswa berada dengan memanfaatkan kegiatan budaya, kosakata, ungkapan tradisional, dan dongeng yang merupakan kearifan lokal. Materi ajar ini menggunakan bahasa Jawa dialek ngapak [a] yang dapat digunakan di Banyumas, Tegal, Brebes, serta bahasa Jawa dialek [כ] yang dapat digunakan di Surakarta, Semarang, dan Yogyakarta.

Kata Kunci: materi ajar, ekolinguistik, kearifan lokal SD.


Keywords


materi ajar, ekolinguistik, kearifan lokal

Full Text:

PDF

References


Apriyanto. 2008. Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Pengelolaan Sumber Daya Air yang Berkelanjutan. Makalah pada PKM IPB, Bogor.

Ayatrohaedi. 1986. Kepribadian Budaya Bangsa (Local Genius). Jakarta: Pustaka Jaya.

Borg, W.R & Gall, M.D. 1989. Educational Research: an Introduction (Fifth Edition). New York: Longman.

Bundsgaard, J. & Steffensen S. 2000. The Dialectics of Ecological Morphology - or the Morphology of Dialectics. Dalam Anna Vibeka Lindo dan Jeppe Bundsgaard (eds.) Dialectal Ecolinguistics: Three Essays for the Symposium 30 Years of Language and Ecology in Graz. University of Odense.

Felicia, C.A. 2005. Developing Character through Reading Incorporating Character Education into Curriculum. Mimeograf, EDU. 572

Haba, J. 2007. Revitalisasi Kearifan Lokal: Studi Resolusi Konflik di Kalimantan Barat, Maluku, dan Poso. Jakarta: ICIP dan Eropean Commision.

Haryoko, S. 2009. Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).

Haugen, E. 2001. The Ecology of Language. Dalam Fill A. & Mühlhäusler P. (Eds). The Ecolinguistics Reader: Language, Ecology and Environment. London: Continuum.

Indah, R. N. 2011. Proses Pemerolehan Bahasa: dari Kemampuan hingga Kekurangmampuan Berbahasa. LiNGUA: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 3(1).

Keraf, A.S. 2010. Etika Lingkungan Hidup. Jakarta: Penerbit Buku Kompas.

Kurniati, E. & Mardikantoro H.B. 2010. Pola Variasi Bahasa jawa (Kajian Sosiodialektologi pada Masyarakat Tutur di Jawa Tengah). Humaniora Volume 22, Nomor 3.

Majid, A.A.A. Tanpa tahun. Mendidik dengan Cerita. Diterjemahkan Neneng Yanti Kh dan Iip Dzulkifli Yahya. 2001. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Miles, M.B., Huberman, A.M. & Saldana, J. 2013. Qualitative Data Analysis. Sage.

Nurhayati, E., Mulyana, Mulyani, H., & Suwardi. 2013. Strategi Pemertahanan Bahasa Jawa di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Litera Volume 12, Nomor 1.

Rakimahwati. 2012. Strategi Penanaman Akhlak Melalui Cerita Bergambar pada Siswa Kelas Awal Sekolah Dasar. Sekolah Dasar Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, Volume 21, Nomor 1, (Online), http://www.journal.um.ac.id, diakses 10 Agustus 2014.

Sailan, Z. 2014. Pemertahanan Bahasa Muna di Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. Litera, Volume 13, Nomor 1.

Sarumpaet, R.K. 1975. Bacaan Anak-anak: Suatu Penyelidikan Pndahuluan ke dalam Hakikat, Sifat, dan Corak Bacaan Anak-anak serta Minat Anak pada Bacaannya. Jakarta: Pustaka Jaya.

Sinar, T.S. 2010. Ungkapan Verbal Etnis Melayu dalam Pemeliharaan Lingkungan. Disampaikan dalam Seminar Internasional Seminar Language, Literature, And Culture in Southheast Asia. Diselenggarakan oleh Prodi Linguistik USU dan Phuket Rajabhat University Thailand.

Sugihastuti. 1996. Serba-serbi Cerita Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugihastuti. 2013. Tentang Cerita Anak. Cetakan III. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukadaryanto. 2013. Moralitas dalam Serat Cemporet sebagai Bahan Ajar Membaca Sastra di SMA. Proceedings The 3rd International Conference of Regional Culture (KIBD-III) di Sukoharjo.

Suryanto, E., Suhita, R. & Mujiyanto. Y. 2013. Model Pendidikan Budi Pekerti Berbasis Cerita Anak. Litera, Volume 12, Nomor 2.

Trimansyah, B. 1999. Fenomena Instrinsik Cerita Anak Indonesia Kontemporer, Dunia Sastra yang Terpinggirkan. Bandung: Penerbit Nuansa.

Wibowo, A. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p133

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats