Pengembangan Model Variasi Permainan Bola Kecil Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Siswa Kelas IV SD

Gde Nugrah Pratama, Fahrial Amiq

Abstract


Abstract: This research was conducted with the aim to develop a small ball learning model by applying game variation for fourth graders in Brawijaya Smart School (BSS) Malang City which is packed in a guidebook. This research uses research and development method from Borg and Gall. Based on the results of small group testing conducted on 10 students obtained percentage with an average of 86.25% and from large group trial with the subject of 24 students obtained a percentage with an average of 89.72%. The development of a small ball game variation model in physical education learning, is expected to increase motivation, attract interest, and facilitate students in following the learning.

Keywords: development, learning, game, small ball.

Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengembangkan model pembelajaran bola kecil dengan menggunakan penerapan variasi permainan bagi siswa kelas IV di SD Brawijaya Smart School (BSS) Kota Malang yang dikemas dalam sebuah buku panduan. Penelitian ini menggunakan metode research and development dari Borg dan Gall. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil yang dilakukan pada 10 siswa diperoleh persentase dengan rata-rata 86,25% dan dari uji coba kelompok besar dengan subjek sebanyak 24 siswa diperoleh persentase dengan rata-rata 89,72%. Pengembangan model variasi permainan bola kecil dalam pembelajaran pendidikan jasmani, diharapkan dapat meningkatkan motivasi, menarik minat, dan mempermudah siswa dalam mengikuti pembelajaran.

Kata Kunci: pengembangan, pembelajaran, permainan, bola kecil.


Keywords


pengembangan, pembelajaran, permainan, bola kecil

Full Text:

PDF

References


Ardhana, W. 2002. Konsep Penelitian Pengembangan dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Arikunto, S dan Jabar, S.A. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bompa, T, O. & Haff, G, G. 2009. Periodization: Theory and Methodology of Training. Edisi kelima. Canada: Human Kinetic.

Borg, W.R. & Gall, M.D. 1983. Education Reseach and Introducation. New York & London: Logma.

Elfarabi, Amjad. 2012. Pengembangan Permainan Tembak Jaring Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Furqon, H.M. 2006. Mendidik Anak dengan Bermain. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Hurlock, E.B. 1980. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang kehidupan, Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Husdarta, J.S. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta. CV Rosda.

Kristanto, Andi. 2010. Model Media Video Pembelajaran. Jurnal Pembelajaran, 2010 (10): 14.

Setyosari, P. 2001. Rancangan Pembelajaran Teori dan Praktek. Malang PT Elang Mas.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Toho dkk. 2000. Penelitian Aksi Dalam Proses Pelatihan Olahraga. Surabaya: Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat dengan Universitas Negeri Surabaya.

Ulfayani, Rizky Wahyu. 2012. Pengembangan Permainan Menembak Bola Ke Lingkaran Berjaring Pada Kompetensi Dasar Permainan Bola Kecil Untuk Siswa Kelas IV dan Kelas V SD Klojen. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Budiwanto, S. 2005. Pengetahuan Dasar Melatih Olahraga. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ulfatin, N. 2013. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan Teori dan Aplikasi. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Winarno, M.E. 2007. Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Fakultas Ilmu Keolahragaan Negeri Malang.

Winata, Putra. U. S. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats