Keefektifan Model Pembelajaran Pilihan Aktivitas Belajar (Pab) Dalam Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD

Suhartono Suhartono, Tri Murti, Artikasari Artikasari

Abstract


Abstract: This study aims to determine the effectiveness of Learning Activity Choice (LAC) model that has been developed previously. Quantitative research approach is quasi experimental method, the result is qualitative analyzed so that it can be called as explanatory design. The results are evidence of a limited trial of the PAB learning model prior to dissemination and wider diffusion to the SD / MI educational audience. This research shows that 23 people (74,2%) stated very effective and 8 people (25,8%) stated effective for application of learning model of PAB in thematic learning. In addition, there is a significant difference between the effectiveness of learning outcomes of knowledge and social learning model of PAB with conventional learning on thematic learning.

Keywords: effectiveness, learning model, learning activity choice, thematic learning.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menentukan keefektifan dari model pembelajaran Pilihan Aktivitas Belajar (PAB) yang telah dikembangkan sebelumnya. Pendekatan penelitian kuantitatif yakni metode eksperimen kuasi, yang hasilnya dianalisis kualitatif sehingga dapat disebut juga sebagai desain eksplanatori (explanatory design). Hasil merupakan bukti uji coba terbatas model pembelajaran PAB sebelum diseminasi dan difusi lebih luas kepada khalayak pendidik SD/MI. Penelitian ini menunjukkan dari 23 orang (74,2%) menyatakan sangat efektif dan 8 orang (25,8%) menyatakan efektif penerapan model pembelajaran PAB dalam pembelajaran tematik. Selain itu, ada perbedaan signifikan antara keefektifan pembelajaran hasil belajar pengetahuan dan sosial model PAB dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran tematik.

Kata kunci: keefektifan, model pembelajaran, pilihan aktivitas belajar, pembelajaran tematik


Keywords


keefektifan, model pembelajaran, pilihan aktivitas belajar, pembelajaran tematik

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Muslimin, dan Syamsu. 2011.Pengaruh Pendekatan Inteligensi Interpersonal Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Matapelajaran Fisika Kelas VIII di SMP Negeri 1 Sojol. Mitra Sains. (On-line). (jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/MitraSains/article/download/856/688). Diakses 6 September 2012.

Arends, Richard.1997. Classroom Instructional Management. New York: McGraw-Hill Company

Baihaki.2010. Upaya Peningkatan Aktifitas Belajar Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Asma’ul Husna Kelas IV Semester II di MINU Pucang Sidoarjo Tahun Pelajaran 2009 – 2010. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam Volume 01, Nomor 01, Juni 2010. 53 – 65. (On-line). (ejournal.sunan-ample.ac.id/index.php/JPTK/search/titles). Diakses 6 September 2012.

Burden, P. R. dan Byrd, D. M.. 2007. Methods for Effective Teaching: Promoting K-12 Student Understanding. Boston: Pearson Education Inc.

Freiberg, H. Jerome dan Driscoll, Amy. 2005. Universal Teaching Strategy. Boston: Pearson Education Inc.

Gagne, R.M., Briggs L.J. dan Wager, W.W. 1988. Principles of Instructional Design. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.

Gunter, M. A., Estes, T. H., dan Mintz, S. L. 2007. Instruction A Models Approach. Boston: Pearson Education Inc.

Hergenhahn, B.R. dan Olson, M. H. 2008. Theories of Learning (Teori Belajar). Terjemahan Tri Wibowo B.S. 2009. Jakarta: Kencana.

Leslie, Leslie. 2001. Jean Piaget 1896-1980. Joy A. Palmer (ed). Fifty Modern Thinkers on Education (50 Pemikir Paling Berpengaruh Terhadap Dunia Pendidikan Modern.Terjemahan Farid Assifa. 2006. Yogyakarta: Penerbit IRCiSoD

Pribadi, Beny A. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Dian Rakyat

Prince, Michael. 2004. Does Active Learning Work? A Review of the Research. Journal Engr. Education, 93(3).223-231. (On-line) (www.ncsu.edu/felder-public/Papers/Prince_AL.pdf), diakses 6 Sepetember 2012.

Purnomo, Y. W. (2011). Keefektifan Model Penemuan Terbimbing dan Cooperative Learning pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Kependidikan, 41(1).

Rachmah, H. Y., Supriadi, N., & Nasution, S. P. (2017, June). Pengaruh Models Eliciting Activities Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Penggunakan Metode Scaffolding Terhadap Self Directed Learning Peserta Didik Kelas VII. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol. 1, No. 1, pp. 239-243).

Rusman. 2010. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Santrock, 2004. Psikologi Pendidikan. Terjemahan Tri Wibowo B.S. 2010. Jakarta: Kencana

Skamp, Keith (ed.). 2008. Teaching Primary Science Constructively. Victoria: Hartcourt Australia Pty Ltd.

Sugiyono. 2011. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta

Suhartono. 2013. Modularisasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar Kelas IV Semester Gasal. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana UM.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v26i22017p182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats