Penerapan Pembelajaran Index Card Match terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Sekolah Dasar

Hanum Aulia Azzahra, Ni Luh Sakinah Nuraini, Erif Ahdhianto

Abstract


This study was conducted to determine whether there are differences in learning outcomes when applying index card match learning with conventional learning to the mathematical problem solving ability of grade V elementary school students. The research method used is an experiment nonequivalent control group design. The sample of the study was 56 students from grade V of SDN Madyopuro 1. The description test was used for the data collection instrument in this study. The results showed that there were significant differences in learning outcomes when applying index card match learning and conventional learning to students' mathematical problem solving abilities.


Keywords


pembelajaran; model pembelajaran; model kooperatif; index card match; pemecahan masalah matematika; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, H. P. T., & Zuhdi, U. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe icm (index card match) terhadap hasil belajar siswa materi kegiatan ekonomi berdasarkan tempat tinggalnya kelas IV SDN Babatan 1 Surabaya. Jpgsd, 05(03), 358–367. https://media.neliti.com/media/publications/254416-pengaruh-model-pembelajaran-kooperatif-t-34766d66.doc

Annisa, F., & Marlina, M. (2019). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal Basicedu, 3(4), 1047–1054. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.209

Bima, A. F., & Widodo, W. (2017). Penerapan strategi pembelajaran index card match untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi termodinamika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1), 26–31. https://doi.org/10.26877/jp2f.v8i1.1333

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui pbl untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Faturrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Ar-Ruzz Media.

Frasticha, Fathurrohman, M., & Jaenudin. (2016). Pengaruh model pembelajaran assurance , relevance , interest , assessment , satisfaction dengan strategi active learning tipe index card match terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa SMA. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 9(2), 222–229. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/download/1000/1778

Hartiningrum, E. S. N., & Ula, N. S. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe index card match terhadap hasil belajar matematika siswa. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 7(2), 79–86. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15159

Khusniah, Z., Linguistika, Y., Ahdhianto, E., & Malang, U. N. (2022). Analisis peningkatan minat belajar siswa dengan menggunakan model game-based learning pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas V SDN PW 01. PRIMARY: JURNAL PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 11(2), 613–622. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8808

Manah, N. K., Isnarto, & Wijayanti, K. (2017). Analysis of mathematical problem solving ability based on student learning stages polya on selective problem solving model. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 19–26. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.10855

Marbun, J., & Nainggolan, J. (2021). Penerapan model active learning tipe indeks card match untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi statistika di kelas XI SMA N 1 Kutalimbaru T.A. 2020/2021. Jurnal Curere, 5(2), 68. https://doi.org/10.36764/jc.v5i2.647

Mulyati, T. (2016). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar (mathematical problem solving ability of elementary school students). EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20.

Nengsih, L. W., Susiswo, S., & Sa’dijah, C. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar dengan gaya kognitif field dependent. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 143. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.11927

Nuraini, N. L. S., Selfi Cholifah, P., & Cahyo Laksono, W. (2018). Mathematics errors in elementary school: a meta-synthesis study. 244(Ecpe), 148–151. https://doi.org/10.2991/ecpe-18.2018.32

Nurhidayah, I., & Syafik, A. (2014). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika melalui active learning dengan strategi index card match. EKUIVALEN: Jurnal Pendidikan, 11(1), 23–28. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v11i1.1592

Nuryadi, & Anita, A. (2019). Pengaruh metode index card match (mencari pasangan kartu) terhadap keaktifan siswa dan kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMPN 1 Seyegan. Eduscope, 5(1).

Pratiwi, D. T., & Alyani, F. (2022). Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD pada materi pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 136–142. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.49100

Silberman. (2016). 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Pustaka Insan Madan.

Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D. Alfabeta.

Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Tias, I. W. U., Putri, B. D., & Pratiwi, D. (2020). Pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe index card match terhadap hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1315–1325. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.553

Yuniantika, D. (2018). Penerapan metode pembelajaran index card match untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa kelas III SD N Wirokerten Yogyakarta. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 4, 347–352.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v32i22023p201-211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats