Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PAI dengan Metode Ceramah di SD Kelas Tinggi

Ega Nasrudin, Udin Supriadi, Mokh. Iman Firmansyah

Abstract


Motivasi belajar adalah aspek penting dalam pendidikan. Penelitian ini berfokus pada analisis motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PAI dengan menggunakan metode ceramah di kelas tinggi SD Laboratorium Percontohan UPI. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan sampel dari kelas 4B dan 4C. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Aspek perhatian, kepercayaan diri, kepuasan, dan relevansi digunakan untuk membangun instrumen motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ceramah dalam pembelajaran PAI efektif menjaga motivasi siswa. Aspek perhatian, kepercayaan diri, kepuasan, dan hubungan mencapai persentase masing-masing sebesar 78,37persen; 73,69 persen; 79,72 persen; 81,83 persen. Hasil penelitian menunjukkan dampak positif terhadap motivasi belajar siswa melalui penerapan metode ceramah. Namun, guru berperan penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang sehat, kondusif, dan menarik. Dalam hal ini, guru perlu meningkatkan kemampuan bertutur kata yang baik dan meningkatkan kreativitasnya. Selain itu, guru juga sebaiknya lebih sering memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.


Keywords


motivasi belajar, metode ceramah, PAI

Full Text:

PDF

References


Abroto, A., Maemonah, M., & Ayu, N. P. (2021). Pengaruh Metode Blended Learning Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(5), 1993–2000. https://doi.org/10.31004/EDUKATIF.V3I5.703

Bahtiar, Y., & Fajarina, M. (2023). Aplikasi Kamus Ideal: Aplikasi Media Pembelajaran di SD Negeri Megaluh. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.32764/ABDIMASPEN.V4I2.3729

Chan, S., Maneewan, S., & Koul, R. (2023). Teacher educators’ teaching styles: relation with learning motivation and academic engagement in pre-service teachers. Teaching in Higher Education, 28(8), 2044–2065. https://doi.org/10.1080/13562517.2021.1947226

Creswell, J. (2015). Riset pendidikan: Perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif & kuantitatif. Pustaka Pelajar.

Helmi, J. (2016). Penerapan Konsep Silberman dalam Metode Ceramah Pada Pembelajaran PAI. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 8(2), 221–245. https://doi.org/10.35445/ALISHLAH.V8I2.20

Hidayat, A. A. (2021). Menyusun Instrumen Penelitian & Uji Validitas-Reliabilitas. Health Books Publishing.

Hsieh, T. L. (2014). Motivation matters? The relationship among different types of learning motivation, engagement behaviors and learning outcomes of undergraduate students in Taiwan. Higher Education, 68(3), 417–433. https://doi.org/10.1007/S10734-014-9720-6/TABLES/9

Hung, I. C., Chao, K. J., Lee, L., & Chen, N. S. (2013). Designing a robot teaching assistant for enhancing and sustaining learning motivation. Interactive Learning Environments, 21(2), 156–171. https://doi.org/10.1080/10494820.2012.705855

Husnussadah, H. (2021). Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi Ibadah pada Anak di TPQ Fauziah Al Majid Makassar. IQRA : JURNAL MAGISTER PENDIDIKAN ISLAM, 1(02), 122–132. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/iqra/article/view/6708

Jainuddin, J., Mubarik, M., & Bahri, S. (2021). Pengaruh Metode PAKEM dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 124 Batuasang. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 21(1), 186–193. https://doi.org/10.35965/ECO.V21I1.1058

Keller, J. (1998). ARCS Model of Motivational Design Theories (Keller) - Learning Theories. Learning Theories. https://learning-theories.com/kellers-arcs-model-of-motivational-design.html

Lim, D. H. (2004). Cross Cultural Differences in Online Learning Motivation. Educational Media International, 41(2), 163–175. https://doi.org/10.1080/09523980410001685784

Mawardi. (2019). Rambu-rambu Penyusunan Skala Sikap Model Likert untuk Mengukur Sikap Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 292–304. https://doi.org/10.24246/J.JS.2019.V9.I3.P292-304

Nasrudin, E., Anwar, S., Rindu, M., & Islamy, F. (2023). Tingkat Homework Management di Lembaga Pendidikan Islam: Studi Deskriptif Kuantitatif Siswa MTs di Kota Bandung. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(2), 2023. https://doi.org/10.18860/JPAI.V9I2.23946

Nasrudin, E., & Fakhruddin, A. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Religius Mahasiswa Melalui Program Tutorial Keagamaan. Waskita: Jurnal Pendidikan Nilai Dan Pembangunan Karakter, 7(2), 143–158. https://doi.org/10.21776/UB.WASKITA.2023.007.02.3

Nasrudin, E., Iqbal Rahmat Al Fian, M., Setiabudi No, J., & Barat Agus Fakhruddin, J. (2023). Penguatan pendidikan karakter religius melalui ekstrakurikuler keagamaan di SMA Negeri 3 Bandung. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 11–19. https://doi.org/10.21831/JPKA.V14I1.55288

Nasrudin, E., Sandy, M. K., Al Fian, M. I. R., & Fakhruddin, A. (2023). Penguatan pendidikan karakter religius melalui ekstrakurikuler keagamaan di SMA Negeri 3 Bandung. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(1), 11–19. https://doi.org/10.21831/JPKA.V14I1.55288

Ramadhani, S., Maharani, S. D., & Indralin, V. I. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(2), 317–327. https://doi.org/10.36379/AUTENTIK.V7I2.339

Rehman, A. U., Bhuttah, T. M., & You, X. (2020). Linking burnout to psychological well-being: The mediating role of social support and learning motivation. Psychology Research and Behavior Management, 13, 545–554. https://doi.org/10.2147/PRBM.S250961

Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2020). Intrinsic and extrinsic motivation from a self-determination theory perspective: Definitions, theory, practices, and future directions. Contemporary Educational Psychology, 61, 101860. https://doi.org/10.1016/J.CEDPSYCH.2020.101860

Savira, A. N., Fatmawati, R., & Z Rozin, M. (2020). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah di Sekolah Dasar Islam Bandar Kidul Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 2(2), 115–126. https://doi.org/10.30762/FACTOR_M.V2I2.2294

Sumarsih, T., & Wirdati. (2022). Enam Alasan Guru Menggunakan Metode Ceramah pada Mata Pelajaran PAI. An-Nuha, 2(1), 123–132. https://doi.org/10.24036/ANNUHA.V2I1.170

Tambak, S. (2014). Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JURNAL TARBIYAH, 21(2). https://doi.org/10.30829/TAR.V21I2.16

Taylor, G., Jungert, T., Mageau, G. A., Schattke, K., Dedic, H., Rosenfield, S., & Koestner, R. (2014). A self-determination theory approach to predicting school achievement over time: the unique role of intrinsic motivation. Contemporary Educational Psychology, 39(4), 342–358. https://doi.org/10.1016/J.CEDPSYCH.2014.08.002

Umam, K. (2019). Penggunaan Metode Jaritmatika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Awwaliyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 45–68. https://doi.org/10.58518/AWWALIYAH.V2I1.357

Vansteenkiste, M., Zhou, M., Lens, W., & Soenens, B. (2005). Experiences of autonomy and control among Chinese learners: Vitalizing or immobilizing? Journal of Educational Psychology, 97(3), 468–483. https://doi.org/10.1037/0022-0663.97.3.468

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought (ACIET), 1(1), 105–113. https://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/aciet/article/view/660

Zhou, X., & Tian, L. (2017). Study on learning motivation for innovative talents of local normal universities. Journal of Interdisciplinary Mathematics, 20(6–7), 1401–1405. https://doi.org/10.1080/09720502.2017.1382145




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v32i22023p152-161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats