Hubungan Ketersediaan Media Pembelajaran Berbasis TIK dengan Kemampuan TPACK Guru Sekolah Dasar

Annisa Mustaqimah, Suhartono Suhartono, Puri Selfi Cholifah

Abstract


Arah perkembangan teknologi telah melingkupi setiap lini kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Minat peserta didik yang tinggi terhadap teknologi mengharuskan setiap guru memahami penggunaannya sebagai media pembelajaran, sehingga guru tidak hanya mengajar dengan metode-metode konvensional. Kemampuan guru dalam menguasai teknologi tersebut tentu harus didukung oleh ketersediaan media yang memadai di sekolah. Maka, penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis hubungan dari variabel ketersediaan media pembelajaran berbasis TIK dengan kemampuan TPACK para guru. Penelitian ini merupakan contoh penelitian kuantitatif Ex Post Facto. Sampling saturasi menghasilkan total 44 peserta. Korelasi Spearman’s Rank Order digunakan untuk statistik deskriptif dan inferensial untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ketersediaan media pembelajaran berbasis TIK dan kemampuan TPACK guru berada pada kategori tinggi dengan masing-masing persentase 63,6 persen dan 72,7 persen, serta terdapat korelasi yang signifikan pada kedua variabel yang bernilai signifikansi 0,000 dan tingkat hubungan yang sangat kuat.


Keywords


media TIK; kemampuan TPACK guru

Full Text:

PDF

References


Adamy, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Ljokosumawe: Universitas Malikussaleh.

Adlin. (2019). Analisis Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Media Bebasis Komputer Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Imajinasi, 3(2), 30–35. https://doi.org/10.26858/i.v3i2.12961

Akhwani. (2020). Integration of TPACK as a Basic Framework for 21st Century Learning: An Analysis of Professional Teacher Competencies. Proceedings of the 1 St International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2020), 291–296.

Akturk, A. O., & Ozturk, H. S. (2019). Teachers’ TPACK levels and students’ self-efficacy as predictors of students’ academic achievement. International Journal of Research in Education and Science, 5(1), 283–294.

Amrina, Z., Anwar, V. N., Alfino, J., & Sari, S. G. (2022). Analisis Technological Pedagogical Content Knowledge Terhadap Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Matematika Daring Calon Guru SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1069-1079.

Ariani, D. N. (2015). Hubungan antara Technological Pedagogical Content Knowledge dengan Technology Integration Self Efficacy Guru Matematika di Sekolah Dasar. Muallimuna (Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 79–91.

Chasanah, D. M. (2016). Analisis Ketersediaan dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK di SDN Dabin V Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal. Skripsi, 1–194. https://lib.unnes.ac.id/24453/1/1401412372.pdf

Darimi, I. (2019). Teknologi informasi dan komunikasi sebagai medi apembelajaran pendidikan agama islam efektif. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 111–121.

Fauziyah, Z. (2021). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Kelas VI di MIN 6 Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Gelen, I. (2018). Academicians’ Predictions of 21st Century Education and Education in the Academicians’ predictions of 21st century education and education in the 21 st century. Eur. J. Educ. Stud., 4(5), 41.

Jamieson-Proctor, R., Albion, P., Finger, G., Cavanagh, R., Fitzgerald, R., Bond, T., & Grimbeek, P. (2013). Development of the TTF TPACK Survey Instrument. Australian Educational Computing, 27(3), 26–35.

Kim, S. (2018). Technological, Pedagogical, And Content Knowledge (Tpack) And Beliefs of Preservice Secondary Mathematics Teachers: Examining the Relationships. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(10), 1–24. https://doi.org/10.29333/ejmste/93179

Koehler, M., & Mishra, P. (2015). TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge). The SAGE Encyclopedia of Educational Technology, 1–10. https://doi.org/10.4135/9781483346397

Malik, S., Rohendi, D., & Widiaty, I. (2018). technological pedagogical content knowledge (TPACK) with information and communication technology (ICT) integration: a literature review. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 299: 498-503

Mansur, H., Mastur, & Utama, A. H. (2020). Evaluasi Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran K-13 Berbasis Tpack Model Countenance Evaluation. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 14(3).

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Prenada Media

Moreno, J. R., Montoro, M. A., & Colón, A. M. O. (2019). Changes in teacher training within the TPACK model framework: A systematic review. Sustainability (Switzerland), 11(7). https://doi.org/10.3390/su11071870

Muhyi, M., Hartono, Budiyono, S. C., Satianingsih, R., Sumardi, Rifai, I., Zaman, A. Q., Astutik, E. P., & Fitriatien, S. R. (2018). Metodologi Penelitian. Adi Buana University Press.

Muilenburg, L., & Berge, Z. (2015). Revisiting teacher preparation. Quarterly Review of Distance Education Journal Issue, 16(2), 93-105.

Nuangchalerm, P. (2020). TPACK in ASEAN perspectives: Case study on Thai pre-service teacher. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 993–999. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20700

Oyanagi, W., & Satake, Y. (2016). Capacity Building in Technological Pedagogical Content Knowledge for Preservice Teacher. International Journal for Educational Media and Technology, 10(1), 33–44. http://jaems.jp/contents/icomej/vol10/5_oyanagi.pdf

Pamuk, S., Ergun, M., Cakir, R., Yilmaz, H. B., & Ayas, C. (2013). Exploring Relationships among TPACK Components and Development of the TPACK Instrument. Educ Inf Technol, 20(2), 241–263. https://doi.org/10.1007/s10639-013-9278-4

Rahmadi, I.F., Hayati, E., & Nursyifa, A. (2020). Comparing pre-service civic education teachers’ TPACK confidence across course modes: insights for future teacher education programs. Research in Social Sciences and Technology, 5(2):113-133

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru Dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Studi Kasus di TK Muslimat NU Maslakul Huda. Jurnal Reforma, 8(1), 173–177. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140

Rosyid, A. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge: Sebuah Kerangka Pengetahuan Bagi Guru Indonesia di Era MEA. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 446–454. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8962/6523

Rosyidah, M., & Fijra, R. (2021). Metode Penelitian. Deepublish.

Sarıçoban, A., Tosuncuoğlu, I., & Kırmizi, Ö. (2019). A Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Assessment of Preservice EFL Teachers Learning to Teach English as a Foreign Language. Journal of Language and Linguistic Studies, 15(3), 1122–1138. https://doi.org/10.17263/jlls.631552

Sintawati, M., & Indriani, F. (2019). Pentingnya technological pedagogical content knowledge (TPACK) guru di era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN) 2019 (Vol. 1, No. 1, pp. 417-422).

Setiono, P., & Amaliyah, Y. (2020). Kemampuan Calon Guru Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Program Studi PGSD FKIP Universitas Jambi Panut Setiono. Juridikdas Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(1), 109–117.

Seufert, S., Guggemos, J., & Sailer, M. (2021). Technology-related knowledge, skills, and attitudes of pre-and in-service teachers: The current situation and emerging trends. Computers in Human Behavior, 115, 106552. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106552

Shafira, D. A., & Minsih, M. (2022). Blanded Learning dengan Desain Pembelajaran TPACK pada Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4622–4628. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2914

Siregar, Z., & Marpuang, T. B. (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Dalam Pembelajaran di Sekolah. Biology Education Science & Technology, 3(1), 61–69.

Sofiarini, A., & Rosalina, E. (2021). Analisis Kebijakan dan Kepemimpinan Guru Dalam Menghadapi Kurikulum 2013 Era Globalisasi. Jurnal Basicedu, 5(2), 724–732. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.668

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Remaja Rosdakarya.

Suwarto. (2022). Pedagogik IlmuPengetahuan Alam. Lakeshia.

Thaariq, Z. A. Z., Ramadhani, L. R., Kuswandi, D., Sinaga, M. N. A., Wijanarko, D. A., Hamudi, R. W. D., Zuliatin, V., & Abednego, P. I. C. (2020). Pengelolaan Media Pembelajaran Digital Bagi Peningkatan Kualitas Guru di SMP Wahid Hasyim. Hapemas 2, 79–92.

Wahyuni, F. T. (2019). Hubungan Antara Technological Pedagogical Content Knowledge (Tpack) Dengan Technology Integration Self Efficacy (Tise) Guru Matematika Di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 2(2), 109–122. https://doi.org/10.21043/jpm.v2i2.6358

Wandani, N. M., & Nasution, S. H. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Autoplay Media Studio pada Materi Kedudukan Relatif Dua Lingkaran. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(2), 90–95. http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm

Yaumi, M. (2011). Integrasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 14(1), 88–102. https://doi.org/10.24252/lp.2011v14n1a6




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v32i22023p186-200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats