Pengembangan Media Pembelajaran Canva Berbasis Model Problem Based Learning di Kelas IV Sekolah Dasar

Azil Alfathsa Toma, Reinita Reinita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran Canva berbasis model Problem based learning pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV SD yang valid dan praktis. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah: 1) Analysis 2) Design 3) Development 4) Implementation 5) Evaluation. Data yang didapatkan dari angket validasi serta angket praktik. Dimana subejk penelitiannya yakni 3 validator ahli, 1 guru, serta 23 peserta didik kelas IV SDN 18 Air Tawar Selatan. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Canva memiliki tingkat validitas yang sangat valid, validitas materi 90% dengan kategori sangat valid, validitas bahasa 95% dengan kategori sangat valid, validitas media 98% kategori sangat valid. Kemudian, didapatkan hasil praktikalitas respon siswa sejumlah 89,31% dengan kategori sangat praktis serta respon dari guru mendapatkan hasil 91,66% yang berkategori sangat praktis. Hasil dari penelitian tersebut memaparkan bahwa penggunaan media pembelajaran Canva berbasis model  Problem Based Learningsangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas IV Sekolah Dasar.


Keywords


learning media; Canva; Problem Based Learning; ADDIE

Full Text:

PDF

References


Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono. (2020). KEPRAKTISAN MEDIA PEMBELAJARAN DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK BUAH SAWO BERBASIS MACROMEDIA FLASH. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 72–0716. https://repo-dosen.ulm.ac.id//handle/123456789/16613

Candra Kurniawan, D., Kuswandi, D., & Husna, A. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPA TENTANG SIFAT DAN PERUBAHAN WUJUD BENDA KELAS IV SDN MERJOSARI 5 MALANG. Jurnal Inovasi Dan Tekonologi Pembelajaran, 4(2), 119–125.

http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/index

Deswita, E., & Amini, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunanakan Canva Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 5(1), 950–961. https://www.ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/5274

Desy Ratnasari, A., Wahyudi, & Permana, I. (2022). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik. Scholaria: Junal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 261–266. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p261-266

Eliyasni, R., Anita, Y., & Hanafi, A. S. (2020). PROSES PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 5(2), 1–8. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JMT

Fasa, I. A., & Purwanti, K. L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Mata Pelajaran Matematika untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Sekol;Ah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(01), 15–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um009v32i12023p15-24

Guspita Sari, R., & Erita, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Digital Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3126–3136.

Kamila, Z., & Kowiyah. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Canva pada Materi Pecahan untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 72–83. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1663

Mashuri, D. K., & Budiyono. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(5), 893–903. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35876

Maulita, S. A., & Erita, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Menggunakan Aplikasi Schoology pada Pembelajaran Tematik Terpadu di SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3650–3665. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/4208

Mubarak, I., & Ariani, Y. (2021). Jurnal Elementary PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Elementary, 4(2), 70–79. https://doi.org/10.31764/elementary.v4i2.4491

Nugraha, T. S. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Jurnal UPI, 19(2), 251–262. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301

Nurhayati, Vianty, M., Nisphi, M. L., & Sari, D. E. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Education bagi Guru Bahasa di Kota Palembang. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 171–180. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i1.8340

Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rayanto, R. H., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2 : Teori dan Praktek. Pasuruan: Lembaga Academic dan Research Institute.

Reinita. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), 88–96. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/8851412422020230

Reinita, & Fitria, A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDIO. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 13(2), 98–101. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/paedagoria.v13i2.9021

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Sumarsih, Sr. M., Susanti, L. R. R., & Slamet, A. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran PPKn Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 4(4), 329–426. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um038v4i42021p368

Supriyono. (2018). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA. Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, 7(2), 80–85.

Wahyuni, R., & Napitupulu, S. (2022). EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Canva Pada Pembelajaran Tematik Tema Kayanya Negeriku Kelas IV SD. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 01(4), 333–349. https://doi.org/https://doi.org/10.2246/eduglobal.v1i4.1545

Wulandari, R., Susilo, H., & Kuswandi, D. (2017). PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERMUATAN GAME EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8), 1024–1029. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9759

Yudasmara, G. A., & Purnami, D. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKIF BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 48(1–3), 1–8. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v48i1-3.6923




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v32i22023p162-177

Refbacks



Copyright (c) 2023 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats