Pemahaman Konsep Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Materi Pengukuran Sudut di Kelas IV Sekolah Dasar

Fina Amalena Mariyana, Imam Agung Rosady, Nurul Latifah

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to prove whether the implementation of Indonesian Mathematics Realistic Method Approach can enhance the results of mathematics learning by conceptual understanding of angle measurement material for students in Grade IV, SDN Rawa Buaya 03 Pagi. This research is classified as an experimental research with one group pretest-posttest design. This research finds out that 12 students (43%) become the majority in ‘good' category. The average percentage of the emergence of all of the conceptual understanding indicators is 78.57% thus falls in ‘good’ category. Based on this research, it is concluded that there are enhancements on students’ learning results and conceptual understanding in angle measurement material by way of using its method.

Keywords: mathematics, student learning, mathematics realistic, angle measurement

 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan hasil belajar matematika melalui pemahaman konsep materi besar sudut pada siswa kelas IV SDN Rawa Buaya 03 Pagi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain rancangan one group pretest posttest. Diperolehhasil penelitian bahwa siswa yang memiliki kemampuan  pemahaman konsep kategori baik memiliki frekuensi terbanyak yaitu 12 siswa  (43%).Persentase rata-rata kemunculan keseluruhan dari indikator pemahaman konsep adalah 78,57% dengan kategori baik.Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa dan pemahaman konsep pada materi besar sudut melalui PMRI.

 

Kata Kunci : Matematika; Hasil Belajar Siswa; PMRI; Pengukuran Sudut


Keywords


Matematika; Hasil Belajar Siswa; PMRI; Pengukuran Sudut

Full Text:

PDF

References


Badruddin, E. 2013. Implementasi Pendekatan Realistik Pada Pembelajaran Operasi Bilangan Real Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh. Jurnal Peluang Volume 2. Nomor 1.

Brummelen, H.V. 2008. Batu Loncatan Kurikulum: Berdasarkan Alkitab. Jakarta: Universitas Pelita Harapan.

Clements, D.H. & Sarama, J. 2009.Learning and teaching early math: The learning trajectories approach. New York: Routledge.

Clements, D.H. & Stephan, M. 2004.Measurement in Pre-K to Grade 2 Mathematics.In D. H. Clements, J. Sarama, & A.-M. Dibiase (Eds.), Engaging Young Children in Mathematics: Standard for Early Childhood Mathematics Education (pp. 299-320). New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Damaruta.2015. Belajar Kurikulum 2013 Membantu Siswa Belajar Mandiri. (Online), diunduh 9 Mei 2018,(http://www.damaruta.com/2015/02/halaman-121-manfaat-sudut-dalam.html?m=1).

Darsono.2010. Jurnal Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Suatu Inovasi Dalam Pendidikan Matematika Di Indonesia.(Online), diunduh 2 Agustus 2015, (https://nazwandi.wordpress.com/2010/06/22/jurnalpmri-pembelajaran-matematika-realistik-indonesia-suatu-inovasi-dalam-pendidikan-matematika-di-indonesia).

Djaali, dan Muljono, P. 2008.Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.

Fauzan, A. 2002.Applying realistics mathematics education (rme) in theaching geometry in indonesian primary schools. Den Haag: CIP-Gegevens Koninklijke Bibliotheek.

Fraenkel, J.R., Wallen, N.E. & Hyun, H.H. 2012. How To Design and Evaluate Research in Education. New York : McGrow-Hill.

Husna, R.& dkk. 2013. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematika melalui pendekatan matematika realistik pada siswa SMP Kelas VII Langsa.Jurnal Pendidikan Matematika, PARADIKMA 6 (2).

Kemendikbud. 2013. Kurikulum 2013 Kompetensi Dasar Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah (MI). Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud.2013. Pedoman Pemberian Bantuan Implementasi Kurikulum Tahun 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Lehrer, R. 2003. Developing Understanding of Measurement. In J. Kilpatrick, W. G. Martin, & D. E. Schifter (Eds.), A research companion to principles and standards for school mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Nurhayati, A.N. & Maulana.(2009, Oktober).Penerapan pendekatan matematika realistik dalam penananaman konsep perkalian dan pembagian bilangan bulat.Makalah disajikan dalam Konferensi Pendidikan Dasar I Tingkat Internasional, di Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Sumedang.

OECD. 2009. PISA 2009 Assessment Framework - Key Competencies in Reading, Mathematics and Science. Paris: OECD.

Oftiana, S. dan Saefudin, A.A. 2017. Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia (PMRI)Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Srandakan. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, Volume 5, No. 2.

Sari, P. 2011. Pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Taruna Indonesia Palembang.Skripsi Tidak dipublikasikan. Pelembang: Universitas PGRI Palembang.

Sari, R.N. 2013. Pembelajaran Materi Perbandingan Menggunakan Pendekatan PMRI untuk Mengetahui Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.

Sari, P. 2017. Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Besar Sudut Melalui Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, Vol. II, No. 1, Maret 2017.

Saefudin, A.A. 2012. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Yogyakarta: Journal UNY.

Sembiring, R.K. 2007. PMRI: History, Progress and Challenges. Paper presented atthe Earcome4. Penang, Malaysia.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Tantriadi, Y. 2013. Pembuatan Ensiklopedia Interaktif Tata Surya Untuk Anak SMP. Dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa,Universitas Surabaya, Volume 2, Nomor 1.

Yahaya, A. 2010.Kepentingan Kepahaman Konsep dalam Matematik. Malaysia: Universiti Teknologi Malaysia.

Zandieh, M. & Rasmussen, C. (2010).Defining as a mathematical activity: a framework for characterizing progress from informal to more formal ways of reasonng.Journal of Mathematics Behavior, 229, 57-75.

Zulkardi. 2002. Developing a learning environment on realistic mathematics education for Indonesian student teacher. Den Haag: CIP-Gegevens.

Zulkardi dan Putri, R.I. 2006.Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika.Prosiding in Konferensi Nasional Matematika ke 13. Semarang: Indonesia.

Zulkardi dan Ratu, I. 2010.Pengembangan Blog Support untuk Membantu Siswa dan Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI).JIPP-Balitbang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v27i22018p098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats