Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran untuk Memahami Sistem Pencernaan Manusia pada Tingkat Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi media yang tepat dalam pembelajaran IPA tentang sistem pencernaan manusia sebagai upaya meningkatkan efektivitas pembelajaran di sekolah dasar. Penelitian ini mengumpulkan artikel dari Google Scholar dan Scopus periode 2019 hingga 2023 dan menggunakan tinjauan pustaka berupa Systematic Literature Review (SLR). Meskipun banyak media yang dapat digunakan untuk pembelajaran pada materi sistem pencernaan manusia, namun menurut penelitian ini, media pop-up book dan komik merupakan media paling banyak digunakan untuk pembelajaran IPA di sekolah dasar, khususnya tentang sistem pencernaan manusia. Hal ini dikarenakan komik dan buku bergambar pop-up book menarik dan dapat digunakan secara praktis dalam proses pembelajaran. Media tersebut terbukti dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar, minat belajar, pemahaman konsep, prestasi akademik dan kemampuan berpikir kritis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andini, N. P. M. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 41–51. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44839
Apriliani, I. G. A. D., Husniati, H., & Sobri, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Keanekaragaman Budaya Sasambo Pada Muatan Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1522–1533.
Atikasari, Y., & Desstya, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Literasi Sains Materi Sistem Pencernaan Manusia bagi Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6638–6645. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3336
Bashari, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Teka-Teki Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 09 No 7, 2928–2937.
Basith, Y. (2021). Nilai-nilai tauhid dalam mata pelajaran biologi (telaah pada mata pelajaran biologi). Qiro’ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(1), 52–75.
Dewi, N. P. A. S., Ganing, N. N., & Putra, D. B. K. N. S. (2022). E-Comic Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Sistem Pencernaan pada Manusia Muatan IPA Siswa Kelas V SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 64–72. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.45204
Dokumentasi, D., Pembelajaran, V., & Capcut, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Aplikasi Capcut di Kelas V SD Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMN Al-Washliyah. Jurnal-Lp2M.Umnaw.Ac.Id, 07, 1–10.
Dwi Puspa, K. C. (2022). Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Website Pada Muatan IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Media Dan Teknologi Pendidikan, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.23887/jmt.v2i1.44879
Eliasar, K. M., & Astuti, S. (2023). Media Pembelajaran Pop-Up Book Pada Materi Siklus Air Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran IPAS. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(4), 2222–2227.
Faradila, C., Lubis, M. D. A.-K., Depari, S. P., & Jamaludin, J. (2023). Eksplorasi Media Pembelajaran PPKN melalui Pop Up Book untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru SMP. Kompetensi, 16(2), 465–476.
Juniarti, N. N. E., Bayu, G. W., & Sudatha, I. G. W. (2021). Animation Media on Human Digestive System Material for Fifth-Grade Elementary School Students. International Journal of Elementary Education, 5(2), 488. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i3.37493
Kristianto, H., Fajriyah, K., & Sukamto, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Spasi (Sistem Pencernaan Sapi) Pada Materi Ipa Tema Makanan Sehat Siswa Kelas V Sd N Tegalombo 04. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 7(3), 1158–1167. https://doi.org/10.30738/trihayu.v7i3.10197
Mahrawi, M., Istikomah, U., & Ratnasari, D. (2021). Development of E-Book Learning Media Based on Problem Solving in the Material of the Human Digestive System. Science Education and Application Journal, 3(2), 75. https://doi.org/10.30736/seaj.v3i2.433
Muslim, S. R., Hidayat, O. S., & Purwanto, A. (2021). The Development of Monopoly Characters in Science Learning Materials with Environmental Inspections of Human Images to Improve Science Learning Results in …. … Journal of Multicultural and …, 141–153.
Noviyanti, D. A. P. M., & Margunayasa, I. G. (2020). Animal and Human Digestive System Material of the Fifth Grade Elementary School in the form of Pop-Up Book Media. Journal of Education Technology, 4(2), 161. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24969
Permata, R., & Surmilasari, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Flashcard pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V SD. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 11(2), 419–430. https://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15568
Purnamadewi, D. U., & Wiyasa, I. K. N. (2022). Pengembangan Media Flip Book Digital Berbasis Discovery Learning Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(2), 490–495.
Puspitasari, W. D., Santoso, E., & Rodiyana, R. (2021). Sistematic literatur review: Media Komik dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 737–743. https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1202
Putri, A. L., & Wahyudi, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Flipbook pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(10), 4504–4509. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i10.1053
Ramadhani, D. T., Yasa, A. D., & Suastika, I. K. (2021). Pengembangan media pembelajaran e-komik sistem pencernaan pada manusia untuk siswa kelas V. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 3(4), 342–346. https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jtst.v3i4.6538
Rendahnya, A., & Kunci, K. (2023). Vol. 7 No. 2 (2023). 7(2), 346–351.
Rusmiaty, E., Adri, H. T., & Mawardini, A. (2020). Development of Science Learning Media Monsains (Science Monopoly) in Human Imgestion System Materials for Class V Sd. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 2(3), 218–223. https://doi.org/10.30997/ijsr.v2i3.67
Salsabilah, R. A., & Alyani, F. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Pop Up Book terhadap Hasil Belajar IPA Materi Sistem Pencernaan Manusia pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4587–4595.
Sari, N. M. A., & Manuaba, I. B. S. (2021). Development of Interactive E-Module Based on Human Digestive System Material Inquiry on Theme 3 About Healthy Foods for Fifth Grade Elementary School. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 4(1), 54. https://doi.org/10.23887/ijerr.v4i1.33297
Sinta, S., & Syofyan, H. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book pada Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 11(02), 248–265.
Syavira, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Kelas V Sd. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 84–93. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/optika.v5i1.1039
Syawaludin, A., Gunarhadi, & Rintayati, P. (2019). Development of augmented reality-based interactive multimedia to improve critical thinking skills in science learning. International Journal of Instruction, 12(4), 331–344. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12421a
Tamara, M. F., Tulenan, V., & Paturusi, S. D. E. (2019). Aplikasi Pembelajaran Interaktif Sistem Pencernaan Manusia Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Informatika, 14(3), 377–386.
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Putra, G. W., & Iswara, B. (2019). Metode systematic literatur review untuk identifikasi platform dan metode pengembangan sistem informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2), 63–77.
Tridian, T. W. A., Sepyaningrum, A. R., & Wenda, D. D. N. (2022). Development of Powtoon-based SCHEMA Learning Media for Science Subjects in Class V Elementary School. Proceedings of the International Seminar on Business, Education and Science, 1(August), 14–23. https://doi.org/10.29407/int.v1i1.2638
Udayani, N. K. R. T. K., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2021). Development Of E-Comic Learning Media On The Topic Of The Human Digestive System. Journal of Education Technology, 5(3), 472–481. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.34732
Wahyudi, A., Yuniarti, A., & Syamswisna, S. (2023). Pop-up book of bajakah plant (Spatholobus littoralis) inventory results as learning media on biodiversity concept: A feasibility analysis. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 6(2), 75–84.
Zulfarina, Z., Syafii, W., & Putri, D. G. (2021). E-Magazine Based on Augmented Reality Digestive as Digital Learning Media for Learning Interest. Journal of Education Technology, 5(3), 417–424. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.36110
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v33i12024p49-58
Refbacks
Copyright (c) 2024 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:
Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan
is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.