Dampak Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dan Dukungan Orang Tua terhadap Kemampuan Calistung Siswa SD

Irene Milenia Siki, Imam Suyitno, Ade Eka Anggraini, Eddy Sutadji, Sri Rahayuningsih

Abstract


Minimnya penelitian tentang dampak metode SAS dan dukungan orang tua terhadap kemampuan calistung siswa SD melatarbelakangi penelitian ini. Kemampuan calistung menjadi dasar yang harus dimiliki oleh siswa untuk mendukung pemahaman lebih lanjut. Tujuan penelitian untuk mengetahui dampak metode SAS dan orang tua dalam meningkatkan kemampuan calistung. Penelitian menggunakan database, yakni openknowledge mapspublish or perish, dan google scholar. Pengumpulan data mengacu pada diagram PRISMA. Dari 600 artikel, 34 artikel digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan metode SAS membentuk dasar literasi, meningkatkan motivasi belajar, dan memajukan kemampuan visual serta numerik siswa. Peran orang tua dalam menyediakan lingkungan belajar mendorong kebiasaan membaca siswa. Kombinasi metode SAS di sekolah dan orang tua secara signifikan meningkatkan kemampuan calistung siswa.


Keywords


Metode SAS; Orang tua; Calistung; Sekolah dasar; kelas awal

Full Text:

PDF

References


Agwianto, R. R., & Manik, Y. M. (2023). Sistem Pembelajaran Menulis dan Membaca bagi Pemula di Kelas Rendah Kategori Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 196–203. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2412

Aida, S., & Insanistyo, B. (2023). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Dan Keterampilan Memahami Gambar. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 13(1), 195–201.

Ainindya, R. (2022). Pemanfaatan Tekhnik (Strukutral, Analitik, Sintetik) pada Anak yang Terkena Disleksia Ketika Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(1), 294–301. Retrieved from https://e-journal.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf

Almeida, C. S., Oliveira, L. C. de, Artigo, C. E., Em, A. A. R., Em, A. A. R., Palfrey, J. G. , & G., … Lytle, S. (2016). Penelitian Kualitatif.

Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5). Retrieved from https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educa

Anis, D. Z., Murtiningsih, S., Binamadani, S., Guru, P., & Ibtidaiyah, M. (2022). Struktural Analitik Sintetik Sebagai Metode Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar Structural Analytic Synthetic As A Method To Improve Reading Skills Of Elementary School Students. DIRASAH : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 5(2), 152–160.

Anjanie, G., Destiniar, M. (2022). Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Belajar Membaca pada Siswa Kelas I SD Negeri 138 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 1124–1131. Retrieved from https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/5405

Dwi, G. A. A., Intan Sari, F., Apreasta, L., & Keguruan Dan, F. (2021). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Di Kelas I SD Negeri 01 Padang Laweh Kabupaten Dharmasraya. CONSILIUM Journal: Journal Education and Counseling, 1(2), 206–218.

Dwiki, D. Alamsah. , T. A. Arief. , H. (2023). Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas) Berbantuan Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 25–33.

Erlangga, R., Purnia Putri, F., Wardana, B. A., Noviana, R., Larasati, P., & Al Fathin, H. (2022). Upaya Peningkatan Minat Baca Anak Usia Dini Di Kelompok Belajar Jasmin Assalam Desa Gilirejo, Kabupaten Sragen Melalui Metode Sas (Structural, Analytic, Syntatic) Media Bergambar. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(4), 2656–5862. https://doi.org/10.36312/jime.v8i4.37976/http

Fikriana, F., Herpratiwi, H., Rusminto, N. E., & Samhati, S. (2024). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Berbasis Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(1), 817–824. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3614

Gahara, H. P. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) di Kelas 1 SDS PT. Mai Sungai Korang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27731–27735.

Gundogan, B., Dowlut, N., Rajmohan, S., Borrelli, M. R., Millip, M., Iosifidis, C., … Agha, R. (2020, December 1). Assessing the compliance of systematic review articles published in leading dermatology journals with the PRISMA statement guidelines: A systematic review. JAAD International. Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/j.jdin.2020.07.007

Hetiawati, R. C., Muftianti, A., & Fauzi3, M. R. (2023). Creative of Learning Students Elementary Education Penerapan metode struktural analitik sintetik (SAS) dengan media kartu kata untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan Siswa kelas II. Journal of Elementary Education, 06, 5.

Ikhwah, A. (2023). Penggunaan Metode Membaca SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan pada Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi (Vol. 11). Retrieved from https://p3i.my.id/index.php/konsepsi517

Ismu, P. N. D., Setyowati, D., Nahdlatul Ulama Kalbar, U., & Naskah, H. (2022). Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan Analisis Persepsi Guru Kelas I Terhadap Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Afiliation. Edu Cendikia : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 157–162. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i1.1506

Isnaeni, D., Rusdiyani, I., & Luluk Asmawati. (2022). Hubungan Antara Perhatian Orangtua Dan Peyediaan Alat Permainan Edukatif (Ape) Dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Di Tk Se Kecamatan Gunung Kencana Kabupaten Lebak. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 9(1).

Kaunang, M. J. (2021). Peningkatan Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (Sas) Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 2). Retrieved from http://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/index.php/eduprimar

Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program Calistung untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5021–5029. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3003

Lehan, A. A. D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Membaca Nyaring Kalimat Sederhana Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Pada Siswa Kelas I SDK Kateri Kabupaten Malaka (Andriyani Afliyanti Dua Lehan) Peningkatan Hasil Belajar Membaca Nyaring Kalimat Sederhana Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Pada Siswa Kelas I SDK Kateri Kabupaten Malaka. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(2), 2656–5862. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.5057/http

Lestari, T. (2023). Perbandingan Metode Struktural Analitik Sintetik Dengan Metode Abjad Terhadap Ketepatan Dan Kecepatan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 14(1), 189–199. https://doi.org/10.31932/ve.v14i1.2265

Litasari, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Satu Tunarungu Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 180–188. Retrieved from http://jpkk.ppj.unp.ac.idhttp://jpkk.ppj.unp.ac.id

Mahendra, Y., Apriza, B., & Rohmani, R. (2022). Learning Loss Pembelajaran Calistung Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9294–9303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3798

Mardianto, S., Sugiaryo, & Jumanto. (2023). Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas I SD Negeri Gandekan Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Tambuasa, 7(2), 17112–17129.

Maya Sari, R., Nuzulia Armariena, D., Rizhardi, R., & PGRI Palembang, U. (2022). Pengaruh Metode Struktural Analitik Sintetik (Sas) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 Sd. | ANTHOR: Education and Learning Journal, 1(2), 101–105.

Mayadiana, S. D., Munir, M., Ayu Wijayanti, D., Pandapotan Marpaung, M., Weraman, P., Putu Agus Dharma Hita, I. (2023). Pendampingan Belajar Siswa Untuk Meningkatkan Kemampuan Calistung Dan Motivasi Belajar. Communnity Development Journal, 4(2), 1234–1239.

Mindaudah, & Edowati Nama Daz, D. (2022). Penggunaan Metode Sas (Struktur Analitik Sintetik) Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Membaca Permulaan Siswa Kelas Ii Sdn Pucangro 2 Gudo Jombang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12915–12920.

Novia, Y., Syafitri, V., Apriyanti, S. N., & Yuliyanto, A. (2023). Pemanfaatan Media: Implementasi Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantuan Media Papan Bergaris terhadap Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambuasa, 7(1), 1513–1521.

Nurjanah, S. R. D. W. A. F. (2023). Efektivitas Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbasis Media Kartu Kata Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD N 157 Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 742–749.

Nursuci, A. K., & Kaltsum, H. U. (2022). Penggunaan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5714–5720. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3118

Prawiyogi, A. G., Suparman, T., Prihamdani3, D., & Nadzilah, H.

(2022). Penggunaan Metode Struktural Analitik Sintetik Terhadap Keterampilan Menulis Permulaan, 2(1), 1759–1763.

Purnomo, Sukarjo, & Hartati. (2021). Pengembangan Metode Sas Berbasis Multimedia Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Abad 21 Untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 11(2), 70–91.

Putri, F. P., Halidjah, S., Pranata, R., Suparjan, & Salimi, A. (2022). Pengaruh Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri 42 Pontianak Kota. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 9787–9798.

Sari, R. H. Y., Astuti, A. D., & Azzakiyah, L. F. (2023). Implementasi Metode SAS (Struktural Analisis Sintesis) Untuk Stimulasi Calistung Bagi Siswa Sd Islam Terpadu Al-Furqon Palangka Raya. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 387–398.

Siten, D., & Anggita. (2023). Patisipasi Orang tua dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Calistung pada Anak SD Kelas Awal di Pendidikan Luar Sekolah. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(12).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Suyatno. (2021). Use of Synthetic Analytic Structural Methods (SAS) in Improving Beginning Reading Skills Indonesian Learning. Social, Humanities, and Education Studies (SHEs) : Conferences Series, 4(5), 1238–1249.

Utami, A. A., Nurasiah, I., & Khaleda, I. (2022). Analisis Kemampuan Membaca Nyaring Dengan Metode Struktural Analistik Sintetik (Sas) Pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar It Adzkia 3 Sukabumi. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(1), 194. https://doi.org/10.30651/else.v6i1.11933

Wulandari, H., & Fachrani, P. D. (2023). Analisis Perspektif Orang Tua Terhadap Anak Mahir Calistung Sebagai Persiapan Transisi PAUD. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 423–432. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v7i2.2996

Yang, H. S., Zheng, L., & Huang, Y. (2012). Critical success factors for MES implementation in China. IEEE International Conference on Industrial Engineering and Engineering Management, 9, 558–562. https://doi.org/10.1109/IEEM.2012.6837801




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v33i12024p1-13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats