Analisis Metakognisi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Matematika Bangun Ruang dalam Perspektif Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget

Ade Firma Handriyani Putri, Dwi Ratna Sulistyowati, Mustika Fittari, Julianto Julianto, Wiryanto Wiryanto

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui aktivitas metakognisi peserta didik sekolah dasar dalam memecahkan masalah Matematika pada materi bangun ruang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian adalah enam anak peserta didik kelas 5 SD. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara berbasis tugas pada pertanyaan pemecahan masalah matematika, serta melibatkan studi dokumentasi pada hasil pekerjaan peserta didik untuk dianalisis. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan melakukan reduksi data, kemudian disajikan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek penelitian menunjukkan aktivitas metakognisi dan melakukan seluruh proses pemecahan masalah, namun belum terkonstruksi dengan sempurna. Hal ini dapat dilihat pada beberapa tahap indikator aktivitas metakognisi yang tidak dapat mereka lakukan dengan baik. Hal ini ditinjau dari perspektif teori perkembangan Jean Piaget yang menunjukkan bahwa subjek masih berada pada tahap perkembangan kognitif operasional konkret sehingga belum memiliki kapasitas untuk menyajikan strategi baru dalam hal formula dan metode yang diperoleh sebelumnya.


Keywords


Metacognition, Masalah Matematika, Materi Bangun Ruang, Peserta Didik SD, Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget

Full Text:

PDF PDF

References


Al-Kiyumi, M., & Albeloushi, A. H. (2021). The Role of Emotional Intelligence as a Mediating Variable in Predicting Intrinsic Motivation in Solving Mathematical Problems among Fourth-Grade Students in the Sultanate of Oman. Journal of Educational and Social Research, 11(3), 164. https://doi.org/10.36941/jesr-2021-0060

Chairani, Z., Stkip, D., Banjarmasin, P., & Matematika, P. (2015). PERILAKU METAKOGNISI SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. In Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 1, Issue 3).

Chen, S.-Y., & Lin, S.-W. (2020). A Cross-Cultural Study of Mathematical Achievement: from the Perspectives of One’s Motivation and Problem-solving Style. International Journal of Science and Mathematics Education, 18(6), 1149–1167. https://doi.org/10.1007/s10763-019-10011-6

Dong, A., Jong, M. S. Y., & King, R. B. (2020). How Does Prior Knowledge Influence Learning Engagement? The Mediating Roles of Cognitive Load and Help-Seeking. Frontiers in Psychology, 11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.591203

Putri, A.F.H, Fauziyah, N., & Bakhtiar, A.M. (2021). Pola Pikir Kognitif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bangun Ruang: Studi Kasus di SD Muammadiyah 1 Gresik. Jurnal Holistika, 6(2), 15-127.

Hansen, E. K. S. (2022). Students’ agency, creative reasoning, and collaboration in mathematical problem solving. Mathematics Education Research Journal, 34(4), 813–834. https://doi.org/10.1007/s13394-021-00365-y

Hayati, F. (2021). Karakteristik Perkembangan Siswa Sekolah Dasar : Sebuah Kajian Literatur (Vol. 5).

Herbert, S., & Williams, G. (2023). Eliciting mathematical reasoning during early primary problem solving. Mathematics Education Research Journal, 35(1), 77–103. https://doi.org/10.1007/s13394-021-00376-9

Huda, S., Agustin, D., & Khikmiyah, F. (2021). KARAKTERISTIK METAKOGNISI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN. Mathematic Education And Aplication, 3(1), 20–34.

Kurnaz, A. (2018). Examining Effects of Mathematical Problem-Solving, Mathematical Reasoning and Spatial Abilities on Gifted Students’ Mathematics Achievement. World Scientific Research, 5(1), 37–43. https://doi.org/10.20448/journal.510.2018.51.37.43

Merry, J. J., Condron, D. J., & Torres, N. (2020). A comparative analysis of early childhood socioeconomic conditions and educational achievement 15 years later. International Journal of Comparative Sociology, 61(6), 389–411. https://doi.org/10.1177/0020715220983402

Nabila, N. (2021). KONSEP PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD BERDASARKAN TEORI KOGNITIF JEAN PIAGET. In JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar (Vol. 6).

Nuryati, N., & Darsinah, D. (2021). Implementasi Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 153–162. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1186

Özcan, Z. Ç., & Eren Gümüş, A. (2019). A modeling study to explain mathematical problem-solving performance through metacognition, self-efficacy, motivation, and anxiety. Australian Journal of Education, 63(1), 116–134. https://doi.org/10.1177/0004944119840073

Rachmady, R., Anggo, M., Busnawir, &, Kunci, K., Metakognisi, :, & Masalah, P. (2019). Analisis Metakognisi Dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP (Analysis of Metacogniton in Solving Mathematical Problem of Junior High School Students).

Rüede, C., Mok, S. Y., & Staub, F. C. (2023). Fostering Flexibility Using Comparing Solution Strategies and Classroom Discussion: Effects of Two Professional Development Programs. Journal for Research in Mathematics Education, 54(1), 43–63. https://doi.org/10.5951/jresematheduc-2020-0232

Saiful, S., Hobri, H., & Tohir, M. (2020). ANALISIS METAKOGNISI SISWA BERBASIS LESSON STUDY FOR LEARNING COMMUNITY (LSLC) DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(1), 73–91. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2020.v2i1.73-91

Saputra, A. D., Novita, W., Safitri, A., Ananda, M. L., Ersyliasari, A., & Rosyada, A. (2023). PENERAPAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF OLEH JEAN PIAGET TERHADAP KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA SD/MI. In HYPOTHESIS : Multidisciplinary Journal of Social Sciences (Vol. 01).

Schneider, W., Tibken, C., & Richter, T. (2022). The development of metacognitive knowledge from childhood to young adulthood: Major trends and educational implications (pp. 273–307). https://doi.org/10.1016/bs.acdb.2022.04.006

Soares, N., Evans, T., & Patel, D. R. (2018). Specific learning disability in mathematics: a comprehensive review. Translational Pediatrics, 7(1), 48–62. https://doi.org/10.21037/tp.2017.08.03

Supriadi, N., Jamaluddin Z, W., & Suherman, S. (2024). The role of learning anxiety and mathematical reasoning as predictor of promoting learning motivation: The mediating role of mathematical problem solving. Thinking Skills and Creativity, 52. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2024.101497

Thayeb, T., Putri, A. P., Tarbiyah, F., Uin, K., & Makassar, A. (2017). KEMAMPUAN METAKOGNISI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII B MTS MADANI ALAUDDIN PAOPAO KABUPATEN GOWA (Vol. 5, Issue 1).

Xia, Y., & yan. (n.d.). The influence of metacognitive strategies in reading on students’ mathematics achievement: Based on PISA 2018 data analysis.

Yu, M., Cui, J., Wang, L., Gao, X., Cui, Z., & Zhou, X. (2022). Spatial processing rather than logical reasoning was found to be critical for mathematical problem-solving. Learning and Individual Differences, 100, 102230. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2022.102230

Zhang, W., & Lian, R. (2024). The impact of reading metacognitive strategies on mathematics learning efficiency and performance: An analysis using PISA 2018 data in China. Acta Psychologica, 246, 104247. https://doi.org/10.1016/j.actpsy.2024.104247

Zhou, D., Du, X., Hau, K.-T., Luo, H., Feng, P., & Liu, J. (2020). Teacher-student relationship and mathematical problem-solving ability: mediating roles of self-efficacy and mathematical anxiety. Educational Psychology, 40(4), 473–489. https://doi.org/10.1080/01443410.2019.1696947




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um009v33i12024p26-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Plagiarism Check with:        Reference Management Tool:

         

Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan is indexed by:


Creative Commons License

Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan

is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
analytics View My Stats