VISUALISASI MATERI TOKOH PAHLAWAN DALAM KARYA GAMBAR SISWA PENYANDANG TUNARUNGU DI SDLB PURWOSARI KUDUS

Nur Fajrie, Imaniar Purbasari

Abstract


Proses belajar pada mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) SD memiliki tujuan pemahaman konsep tokoh-tokoh pahlawan Indonesia sebagai bentuk materi apresiasi jasa-jasa kemerdekaan terhadap nilai-nilai nasionalisme berbangsa-negara. Kesulitan apresiasi verbal pada siswa tunarungu dapat optimalkan melalui indra penglihat anak yaitu visualisasi ide yang dikomunikasikan dalam tokoh dan peristiwa sejarah untuk memupuk nasionalisme penyandang disabilitas. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan studi kasus pada materi pahlawanku yang diterapkan siswa-siswa SDLB-B Purwosari Kudus. Fokus penelitian pada siswa-siswa penyandang tunarungu pada kelas 4 dan 5. Jumlah siswa 7 siswa yang dikelompokkan menjadi 1 kelompok belajar disebabkan keefektifan kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan konsep diri dalam nilai nasionalisme siswa tunarungu terbentuk melalui kemampuan deteksi potensi visual dan komunikasi, optimalisasi pengalaman dan pengamatan sekitar, penerjemahan visual, pemahaman sikap, dan pengembangan diri. Mengenal sosok pahlawan dan memiliki makna terhadap kemerdekaan merupakan konsep sosial yang terkonstruksi dalam penelitian ini.


Keywords


visualisasi, pahlawan, tuna rungu

References


Afifah dan Zulfitria Masiming. 2008. Persepsi Manusia Terhadap Tanda, Simbol dan Spasial. Jurnal Smartek, Vol 6 No 1 Pebruari 2008: 29-43.

Snoddon and Underwood. 2013. Toward a social relational model of Deaf childhood. Disability & Society,Vol. 29, No. 4, 530–542. Routledge. Taylor&Francis Group.

Geers, A.E., Nicholas, J.G., & Sedey, A.L. (2003) Language skills of children with early cochlear implantation. Ear and Hearing, 24(1). American Auditory Society. Wolters Kluwer.

Walan, Susanne. 2017. Teaching children science through storytelling combined with hands-on activities – a successful instructional strategy? Education: International Journal of Primary, Elementary and Early Years Education. 3-13. Routledge: Taylor&Francis Group.

Belet& Dala. 2010. The use of storytelling to develop the primary school students’ critical reading skill: the primary education pre-service teachers’ opinions. Procedia-Social and Behavioral Sciences. Page 1830-1834. Elsevier.

Obosu et.al, 2013. The Use Of Visual Art Forms In Teaching And Learning In Schools For The Deaf In Ghana: Investigating The Practice. International Journal of Innovative Research&Development. Vol 2 Issue 5. ISSN 2278 – 0211 India: Globeedu Group.

Kolb, David, A. 1984. Experiential learning: Experience as the source of learning and development . Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Madya. 2006. Teori dan Praktek Penelitian Tindakan (Action Research). Alfabeta: Bandung.

Desiningrum, R. D. 2016. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Psikosain: Yogyakarta.

Tika, A.R. & Purbaningrum, E. 2013. Penggunaan Metode Audiolingual Terhadap Ketrampilan Menyimak Pada Siswa Tunarungu. Jurnal Khusus: PLB-FIP UNESA. Surabaya.

Easterbrooks, S. R., & Stoner, M. 2006. Using a Visual Tool to Increase Adjectives in the Written Language of Students Who Are Deaf or Hard of Hearing. Communication Disorders Quarterly. Vol.27(2), 95–109. doi:10.1177/15257401060270020701.

Tabrani, P. 2009. Bahasa Rupa. Kelir: Bandung.

Sadjaah, Edja. 2005. Pendidikan Bahasa Bagi Anak Gangguan Pendengaran Dalam Keluarga. Depdiknas. Jakarta.

Suparno. 2001. Pendidikan Anak Tunarungu: Pendekatan Ortodidaktik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Walcutt, et al. 2011. Social-Emotions Functioning of Elementary-Age Deaf Children: A profile Analysis. American annals of the deaf. VOLUME 156, NO. 1. Gallaudet University Press: USA.

Khairuddin, K.H, et.al, 2018. Deaf Learners’ Experiences in Malaysian Schools: Access, Equality and Communication. Social Inclusion. Volume 6, Issue 2, Pages 46–55. Cogitatio: Lisbon, Portugal.

Hodgetts, D. J., & Stolte, O. M. E. (2012). Case-based research in community and social pychology: Introduction to the special issue. Journal of Community & Applied Social Psychology. Vol. 22, 379–389. doi: 10.1002/casp.2124.

Pamadhi, Hajar, dkk. 2012. Seni Keterampilan Anak. Universitas Terbuka. Jakarta.

Syirwana Mayasari Hb & Nahdatul Hazmi. 2018. MODEL PEMBELAJARAN INKLUSI PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP NEGERI 4 PAYAKUMBUH. Jurnal HISTORIA. Vol. 6, No. 2, ISSN 2337-4713 (e-ISSN 2442-8728). UPI. Bandung.

Guardino, C.&Canon, JE. 2015. Theory, Reseach, and Practice for Student Who Are Deaf and hard of Hearning With Disabilities: Addressing the Challenges from Birth to Post secondary Education. American Annals of the Deaf. Volume 160, Number 4, pp. 347-355. Publish by Gallaudet University Press.

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yokyakarta: Ombak.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v14i12020p31-41

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter