Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Sejarah Wanita pada Mahasiswa

Hany Nurpratiwi, Hermanu Joebagio, Nunuk Suryani

Abstract


Abstrak: Pembelajaran sejarah wanita penting diterapkan di universitas untuk memberikan kesadaran mahasiswa tentang peran dan kedudukan wanita. Namun selama ini kajian dan tulisan sejarah wanita masih terbatas pada tema-tema besar. Sejarah wanita dari tingkat lokal masih jarang diteliti. Sehingga perlu dikem-bangkan sebuah model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis sejarah wanita pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model project based learning dalam meningkatkan keterampilan menulis sejarah wanita pada mahasiswa. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan satu kelas kontrol dan satu kelas eksperimen. Sampel yang diambil adalah maha-siswa semester 7 Prodi Pendidikan Sejarah FIS UNY angkatan 2013. Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh rerata post test kelas eksperimen 85,70 dan kelas kontrol sebesar 61,41. Sedangkan nilai untuk uji T diperoleh 6,843 dengan taraf signif-ikansi 0,00. Taraf signifikansi 0,00 < 0,025.
Kata-kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, keterampilan menulis, sejarah wanita
Abstract: Teaching of woman history is important to be implemented in university to shape the student’s awareness on the role and position of woman. However all this study and writing history of women still limited to large themes. Woman his-tory in the local level is ralely to be studied. Therefore, we should develop a learn-ing model to increase skills of writing woman history for student. This study used quasi experiment with a control class and exsperiment class. The sample is the fourth year students, Study Proggramme of History Education FIS UNY. Based on result of statistical test. It was obtained that the post test average of experiment class is 85,70 and control class is 61,41. While value to test T is obtained of 6,843 with the significance of 0.00. The level of significance is 0.00 < 0,025.
Keywords: project based learning, writing skills, woman history

References


Bage, G. 2002. Narrative Matters: Teach-ing History through Story. New York: Routledge.

Global School Net. 2000. Introduction to Networked Project-Based Learn-ing.http://www.gsn.org/web/pbl/whatis.htm

Harjanto. 2011. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Heater, F. dkk. 2013. Handbook Teaching and Learning,a.b. Ahmad Asnawi. Riau: Zanafa Pub-lishing.

Kuntowijoyo. 2013. PengantarIlmuSe-jarah. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Minandar, F. 2014. “Model Pembelajaran Sejarah Berbasis Arsip Dokumen untuk Meningkatkan Ek-splanasi Sejarah Mahasiswa STKIP PGRI Pontianak Kali-mantan Barat”. Jurnal Agas-tya. (1) 1

Nordholt, H.S. dkk. 2008. Perspektif Baru Penulisan Sejarah Indonesia. Jakarta: Yayasan Obor Indo-nesia.

Nurpratiwi, H. 2017 “Learning History of Women in History Education FIS UNY”. Dalam Proceed-ings ICTESS (1) 1.

Nygren, A. 2014. The Public Library as a Community Hub for Connected Learning. Sweden: Stockholm Public Library. Tersedia di: http://li-brary.ifla.org/1014/

Rais, M. 2010. Model Project based learning sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. (43) 3..

_______. 2010. Project based learning: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft Skill. (Online). Tersedia: http://digilib.unm.ac.id/down-load.php?id=19

Sani, R. A. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kuriku-lum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sani, R. A. 2015. The Gender Dimension in Learning Achievement and Transition to Stem. Medan: Unimed Press.

Sanjaya, W. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sudarya, Y. 2008. Jurnal Pendidikan Da-sar. Pengembangan Project based learning dalam Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran di PGSD Bumi Siliwangi UPI. No. 10-Oktober 2008.

Sugiono. 2015. Metode Penelitiandan Pengembangan RnD, Ban-dung: Alfabeta

Zaman, B. 2005. Media dan Sumber Bela-jar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Hany Nurpratiwi, Hermanu Joebagio, Nunuk Suryani



Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter