MODUL SEJARAH PERLAWANAN MASYARAKAT LAMPUNG ABAD KE-19 BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul sejarah perlawanan masyarakat Lampung abad ke-19 berbasis Problem Based Learning (PBL) sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan solidaritas sosial dan prestasi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development (R&D) yang mengacu pada desain pengembangan ADDIE. Tahap desain pengembangan ADDIE meliputi (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi (5) evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui modul sejarah perlawanan masyarakat Lampung abad ke-19 berbasis Problem Based Learning (PBL), peserta didik dapat memahami materi serta menyelesaikan masalah yang diberikan secara terstruktur. Penyelesaian masalah secara terstruktur dengan memanfaatkan modul sejarah perlawanan masyarakat Lampung abad ke-19 tersebut dapat meningkatkan solidaritas sosial dan prestasi peserta didik. Sehingga modul sejarah perlawanan masyarakat Lampung abad ke-19 berbasis Problem Based Learning (PBL) efektif untuk meningkatkan solidaritas sosial serta prestasi peserta didik.
Kata Kunci: Modul, perlawanan masyarakat Lampung, Problem Based Learning
Abstract: This study aims to create a module of resistance history in Lampung in 19th century based on Problem-Based Learning (PBL) as a learning tool to promote social solidarity and student achievement. The method used research and development (R & D), following the design of ADDIE development. ADDIE development design stages included (1) analysis (2) design (3) development (4) implementation (5) evaluation. The findings show that tthe historical module could lead student to understand the material as well as solve a given problem in a structured way. Structured problem solving by utilizing historical modules can increase social solidarity and student achievement. Therefore, the historical module is effective to increase social solidarity and student achievement.
Keywords: Module, resistance of Lampung society, Problem Based Learning
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arends, R. I. 2008. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kadir, A, dkk., 2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Group.
Ritzer, G. 2012. Teori Sosiologi dari Sosiologi Klasik sampai Perkembangan
Terahir Postmodern. Yog-yakarta: Pustaka Pelajar.
Rosyad, A. 2003. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Pribadi, B.A. 2014. Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis
Kompetensi (Implementasi Model ADDIE). Jakarta: Prenada Media Group
Soekanto, S. 2006. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suranto. 2015. Teori Belajar dan Pem-belajaran Kontemporer. Yogyakarta: Presindo.
Subakti, Y.R. 2010. “Paradigma Pembelajaran Searah Berbasis Kontruktivisme”. Jurnal SPPS. Vol.24. No.1
Wahyu, A. 2016. Perang Suku di Lam-pung: Sebuah Dendam Lama. Dalam http://www.kompasiana.com/perang-suku-di-lampung-sebuah-dendam-lama. Diakses pada 11 Agustus 2016.
Ward, J., dan Lee C. 2002. “A Review of Problem Based Learning”. Journal of Family and Consumer Sciences Educa-tion, 20(1). [Online].
Wasino. 2005. “Sejarah Lokal dan Pengajaran Sejarah di Sekolah”. Jurnal Paramita. Vol. 15 No. 1.
http://tabikpun.com diask-es pada 8 oktober 2016
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Mujiati Novita
Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya
P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.