ANTARA SEJARAH DAN SASTRA: NOVEL SEJARAH SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN SEJARAH

Ramilury Kurniawan

Abstract


Abstrak: Pelajaran sejarah identik dengan pelajaran yang membosankan dan kurang menarik. Oleh karena itu, praktisi pendidikan pelajaran sejarah terus berinovasi mengembangkan bahan ajar yang menarik. Sayangnya, pengembangan bahan ajar pelajaran sejarah yang selama ini dilakukan kurang memperhatikan budaya literasi bagi peserta didik. Dampaknya adalah kegiatan membaca buku bagi peserta didik menjadi berkurang. Padahal pada pelajaran sejarah, membaca adalah kegiatan yang penting untuk memperluas wawasan dan pemahaman peristiwa sejarah. Di sisi lain, buku yang tersedia di sekolah mayoritas merupakan buku paket dan LKS. Buku paket dan LKS ditulis dengan menggunakan bahasa ilmiah yang akan membuat peserta didik mudah bosan. Oleh karena itu, dibutuhkan pemanfaatan bahan bacaan pelengkap untuk peserta didik. Bahan bacaan pelengkap yang bisa dimanfaatkan adalah novel sejarah. Novel sejarah dapat dijadikan bahan bacaan pelengkap bagi peserta didik dan sebagai bahan ajar dalam pelajaran sejarah. Kelebihan novel sejarah adalah bahasa dan cerita yang ada didalamnya lebih menarik namun tetap tidak meninggalkan latar belakang sejarah. Kekurangan novel sejarah adalah terdapat unsur subyektifitas pengarang dan kurangnya novel sejarah yang sesuai dengan materi yang dibahas dalam pelajaran sejarah. Melihat penjelasan tersebut guru sejarah harus selektif dalam memilih novel sejarah yang akan digunakan dalam pelajaran sejarah. Dengan menggunakan novel sejarah diharapkan peserta didik memiliki budaya literasi sekaligus menambah wawasannya dalam memahami sebuah peristiwa sejarah.

Kata-kata Kunci : bahan ajar, novel, novel sejarah, pembelajaran sejarah

Abstract: History learning is identified as a boring and unattractive subject. Thereby, history educators keep emerging innovation to develop exciting learning media. Unfortunately, learning media improvement does not really notice students’ literacy culture. This affects reading books behavior of students becomes decreased. Whereas, regarding history, reading is an essential action in term to broaden the horizon and intensify the understandings of history events. In the other side, provided books in the school are textbook and worksheet. These textbooks and worksheets were arranged using scientific terms which bring students easily tired. Thus, it requires an addition reading source for students. Additional reading materials that may be used is historical novel. The historical novel can be developed as a supplementary source and learning media regarding history learning. The advantages of history novel are language simplicity used and appealing stories that still exposing history background. The drawbacks of history novel utilization are authors’ subjectivity content and the deficient number of history novel that associated to substances that being studied of history learning. Based on the description above, history should be selective in taking a historical novel that will be utilized in history learning. By using historical novel is expected that students may gain literacy culture in line with increasing their insight when try to understand about history events.

Keywords: learning media, novel, historical novel, history learning

DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v11i12017p055


References


Abrams, M.H. 1981. A Glossary of Lit-erary Terms. New York: Holt, Renehart and Winston.

Adams, C. 2014. Bung Karno Pen-yambung Lidah Rakyat. Jakarta: Yayasan Bung Karno.

Agung, L dan Wahyuni, S. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta:Penerbit Ombak.

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta. Ombak.

Aminuddin. 2004. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Ariffiantono, S. 2011.Pengembangan Pembelajaran Berbasis E-Learning Dengan Aplikasi Moodle Sejarah Ero-pa SMA Kelas XI di SMAN 10 Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang. Universitas Negeri Malang.

Atmowiloto, A. 2010. Senopati Pamungkas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Bracey, P., Grove-Humpries, A. dan Jackson, D.. 2006. Refugees and Evacuees: Enhancing Historical Under-standing Through Irish Historical Fiction with Key Stage 2 and Early Key Stage 3 pupils. Education 3-13. 34. no. 2: 103-112.

Garvey, B dan Krug, M. 2015. Model-Model Pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah. Yogyakarta: Om-bak.

Cohen, S. 2004. An Essay in The Aid of Writing History: Fictions of Historiography. Studies in Philosophy and Education. 23: 317-332.

Crawford, P. & V. Zygouris-Coe. 2008. Those Were the Days: Learning about History Through Literature. Children Education. 84. no. 4: 197.

Departemen Pendidikan Nasional. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Groce, E. & Groce, R. 2005. Authenti-cating Historical Fiction: Rationale & Process. Education Research and Per-spectives. 32 (1): 99-119.

Hariadi, L.K. 2013. Gajah Mada: Tahta dan Angkara. Solo: Tiga Se-rangkai.

Hill, C.P. 1956. Saran-Saran tentang Mengadjarkan Sedjarah. Jakarta: Perpustakaan Perguruan Kem. P.P. dan K.

Howell, J. 2014. Popularising History: Re-igniting Pre-Service Teacher and Student Interest in History via Histori-cal Fiction. Australian Journal of Teacher Education. 39(12): 1-12.

Jatha, P. W. 1984. Pendakian Narasi. Nusa Indah: Flores.

Khakim, N. L. 2012. Nilai Kebangsaan Dakam Karya Sastra Hamka. Jurnal Sejarah dan Budaya. 8(2): 152-164

Khakim, N. L. 2014. Telaah Penulisan Karya Sastra Sebagai Refleksi Sumber Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah dan Budaya. 10(1): 94-100

Kochar, S.K. 2008. Pembelajaran Se-jarah: Teaching of History. Grasindo: Jakarta.

Kuntowijoyo. 1994. Metodologi Se-jarah. Yogyakarta: Jurusan Sejarah Fakultas Sastra Universitas Gajah Mada.

Kuntowijoyo. 2006. Budaya dan Masyarakat. Yogyakarta: PT Tiara Wacana

Kuntowijoyo. 2008. Metodologi Se-jarah. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana.

Kuntowijoyo. 2013. Metodologi Se-jarah. Yogykarta: PT. Tiara Wacana.

Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: Academia.

Muhsin Z., Mumuh. 2010. Novel dan Sejarah. Disampaikan dalam bedah novel sejarah Remy Sylado. 2010. Namaku Mata Hari. Jakarta. Gramedia, Himpunan Mahasiswa Sejarah Univer-sitas Padjajaran, Bandung, 13 Desember.

Mujiyanto, Y & Fuady, A. 2014. Kitab Sejarah Sastra Indonesia.Yogyakarta: Ombak.

Notosutanto, N. 1979. Sejarah Demi Masa Kini. Jakarta: UI-Press.

Nurgiyantoro, B. 2000. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nurhayati, E. S. 2016. Pengembangan Multimedia Interaktif Materi IPS Berbasis Inquiri Kelas V Tema Sejarah Peradaban Indonesia.

Hartono, F. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Tentang Biografi Raden Inten II Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA Negeri 2 Sekampung Tahun 2015-2016. Tesis tidak diterbitkan. Malang. Universitas Negeri Malang.

Parlevliet, S. 2016. Is That Us? Dealing With The ‘Black’ Pages of History in Historical Fiction for Children (1996-2010). Children’s Literature in Education. 47: 343-356.

Pujiharto. 2012. Pengantar Teori Fiksi. Yogyakarta: Ombak.

Republika. 2017. In Picture : Minat Baca di Indonesia Masih Rendah, (Online), (http://m.republika.co.id/berita/inpicture/jabotabek-inpicture/17/03/02/om8k8g283-minat-baca-di-indonesia-masih-rendah , di-akses 10 April 2017).

Reynolds, R. 2006. The Values of His-torical Fiction: avenue to globab citi-zenship. Social Educator. 24. no. 1: 14-25.

Romadloni, S. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Digital Sejarah Nasional Indonesia Berbasis Kakawin Nega-rakretagama Untuk Meningkatkan Ke-mampuan Eksplanasi Sejarah Maha-siswa Program Studi Sejarah FKIP Universitas Jember. Tesis tidak diter-bitkan. Surakarta. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sliwka, C. 2008. Connecting to History Through Historical Fiction. Language Arts Journal of Michigan. 23(11): 61-66.

Toer, P.A. . 2011. Bumi Manusia. Jakarta: Lentera Dipantara.

Widja, I G. 2012. Menuju Wajah Baru Pendidikan Sejarah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Winarni, R. 2014. Kajian Sasta Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yoshikawa, E. 2012. Musashi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ramuliry Kurniawan



Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter