MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SEJARAH WANITA PADA MAHASISWA
Abstract
Abstrak: Pembelajaran sejarah yang menyenangkan dengan membuat kreasi media sangat diperlukan agar motivasi siswa dalam belajar tinggi. Tulisan ini diharapkan mampu memberikan sumbangan pemikiran terhadap pengembangan ilmu kependidikan terutama yang menyangkut permasalahan yang ditemui dalam pembelajaran sejarah yang kontekstual, khususnya yang berkaitan dengan sejarah lokal, sehingga siswa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam, pembelajaran yang menyenangkan, dan prestasi yang lebih baik. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Untuk meningkatkan prestasi belajar dan kesadaran sejarah siswa maka dikembangkanlah media video situs Kerajaan Galuh yang telah dilakukan uji internal (validasi). Hasil eksperimen menunjukkan bahwa media video/audio visual situs sejarah Kerajaan Galuh efektif untuk meningkatkan kesadaran sejarah siswa.
Kata-kata kunci: Audio Visual, Situs, Kesadaran Sejarah.
Abstract: Joyfull teaching of history by making media creation is very important to increase student’s learning motivation. This paper is expected to contribute towards the development of educational science, concerning to the problems encountered in the contextual learning of history, with regards to local history, therefore students gain a deeper understanding, fun learning, and better performance. This paper used a Research and Development (R & D) method. To improve learning achievement and student’s historical awareness is developed by video media of Galuh Kingdom sites has been validated. The experimental results showed that the media of video/audio visual about historical sites of Galuh Kingdom is effective to increase the student’s historical awareness
Keywords: audio visual, site, historical awareness.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agung S, L, Sariyatun, & Joebagjo, H. 2012. “Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah SMA Berbasis Pendidikan Karakter di Solo Raya”. Laporan Penelitian Hibah Bersaing. Surakarta: UNS.
Agung, L dan Sri Wahyuni. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Om-bak
Aman. 2011. Model Evaluasi Pembela-jaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelaja-ran. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Bishop, P.A dan Kathleen Brinegar. “Student Learning And En-gagement In
The Context Of Curriculum Integration”. Middle Grades Research Journal. Winter 2011. Vol 6.4. hal. 207.
Daliman, A. 2012. Manusia dan Se-jarah. Yogyakarta: Ombak
Daniel, D. “Teaching Students How to Research the Past: Histori-ans and Librarians in the Digital Age”. The History Teacher. February 2012. Vol 45 Number 2.
Fountain, G , Harcourt, M & Sheehan, M. “Historical Significance And Sites Of Memory”. Set: Research Information for Teachers (Wellington). May 2011, hlm. 26.
Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan. Bandung: Citra Adtya Bakti
Jayusman dan Purnomo, A. tanpa tahun “Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Berorientasi Pemahaman Makna Sejarah Sebagai Upaya Membangun Karak-ter Bangsa”. Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 26 Nomor 2 (hal. 123-133). Semarang: Unnes.
Kochhar, S.K. 2008. Pembelajaran Se-jarah. Jakarta: Grasindo
Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Se-jarah. Yogyakarta: Bentang Budaya
Lubis, Herlina N, dkk. 2013. Sejarah Kerajaan Galuh. Bandung: Yayasan MSI.
Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya
Sadiman, Arief S, dkk. 2012. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatnnya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia
Suryani, N dan Agung, L. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.
Suswandari. “Paradigma Pendidikan Sejarah dalam Menghadapi Tantangan Masa Depan”. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan. Th XXIX No I (hal. 27-42).
Widja, I.G. 1991. Sejarah Lokal: Suatu Perspektif dalam Pengaja-ran Sejarah. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Yeni Wijayanti
Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya
P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.