Pemahaman Sejarah Daerah dan Persepsi Terhadap Keberagaman Budaya dalam Membina Sikap Nasionalisme (Studi Korelasi pada Mahasiswa Pendidikan Sejarah FKIP UNLAM)

Heri Susanto

Abstract


Abstrak: Artikel penelitian ini menemukan adanya hubungan positif yang signifikan antara pemahaman sejarah daerah dan persepsi terhadap keberagaman budaya dengan sikap nasionalisme mahasiswa. Hal tersebut membawa implikasi bahwa pembinaan sikap nasionalisme dikalangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah seyogyanya dilakukan dengan memperkuat pemahaman sejarah daerah terutama sejarah perjuangan di daerah dan menanamkan persepsi positif terhadap keberagaman budaya bangsa.

Kata-kata kunci: pemahaman sejarah, keberagaman budaya, nasionalisme

Abstract: this research article found the positive relation which was significant between local historical understanding and the perception for the cultural diversity and the student character of nationalism. This affects that the guidance of nationalism character at student of history education study proggramme is implemented by enforcing the understanding of local history especially the struggling history in local areal and the planting of positive perception for the cultural diversity of nation.

Keywords: understanding of history, diversity of culture, nationalism

References


Abdullah, T. 1996 .“Disekitar Pengajaran Sejarah yang Reflektif dan Inspiratif”. Sejarah. No. 6 Februari 1996. Jakarta: Gramedia.

Azra, A. 2011. “Jati Diri Indonesia: Pancasila dan Multikulturalisme” dalam Jusuf Sutanto (edt.). The Dancing Leader, Hening-Mengalir-Bertindak. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Elson, R.E. 2008. The Idea of Indonesia, Sejarah Pemikiran dan Gagasan. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta

Freire, P. 2007. Politik Pendidikan, Kebudayaan, kekuasaan dan Pembebasan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hobsbawm, E.J. 1990. Nations and Nationalism Since 1780: Programme, Myth, Reality. Cambridge: Cambridge University Press.

Kansil, C.S.T. dan Christine Kansil. 2011. Empat Pilar Berbangsa dan Bernegara. Jakarta: Rineka Cipta.

Kochhar, S.K. 2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Grasindo.

Latif, Y. 2011. Negara Paripurna. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

O’neil, W. F. 2008. Ideologi-ideologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto, B. 2006.Gagalnya Historiografi Indonesiasentris. Yogyakarta : Ombak.

Soemitro. 1994. “Tantangan dan Peluang Wawasan Kebangsaan”, dalam Pendidikan Wawasan Kebang-saan, Tantangan dan Dina-mika Perjuangan Kaum Cen-dekiawan Indonesia. Jakarta: LPSP dan Gramedia Widiasa-rana Indonesia.

Sukmadinata, N.S. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Titaley, J. 2011 .”Hikmah Sebuah Keragaman” dalam Jusuf Sutanto (edt.). The Dancing Leader, Hening-Mengalir-Bertindak. Jakarta: Kompas Media Nusantara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v9i12015p39-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Heri Susanto



Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter