PEMBELAJARAN BERBASIS NILAI PADA MATAPELAJARAN SEJARAH MELALUI MODEL VCT (VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE)

Putri Nur Ekasari

Abstract


niversitas Negeri Malang

 

Abstrak: Hasil belajar sejarah tidak hanya berkaitan dengan aspek pengetahuan saja. Peserta didik sudah selaknya merasakan kebermaknaan sejarah bagi diri mereka. Disamping mengenai fakta-fakta sejarah yang disajikan dalam bentuk permasalahan yang problematis, pembelajaran sejarah juga perlu dikemas dengan memperhatikan nilai-nilai. Peserta didik diharapkan mampu mengambil nilai dari sebuah peristiwa sejarah kemudian mereka dapat mempertimbangkan nilai tersebut apakah cocok bagi diri mereka.  Pembelajaran sejarah yang demikian itu nantinya akan berguna bagi peserta didik sebagai bahan pertimbangan untuk bertindak. Tulisan ini akan menggambarkan pembelajaran sejarah yang melibatkan aspek nilai yaitu dengan pembelajaran sejarah berbasis nilai melalui model pembelajaran VCT (Valaue clarification Technique). Model pembelajaran ini memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk menemukan, dan menganalisis nilai pada setiap peristiwa sejarah. Peserta didik tidak hanya sekedar dihadapkan pada fakta sejarah melainkan juga dituntut untuk menemukan nilai. Terlebih dapat menentukan apakah nilai tersebut masih relevan bagi dirinya.

 

Kata-Kata Kunci: pembelajaran berbasis nilai, VCT, fakta sejarah, belajar bermakna

 

Abstract: The result of history learning is not only related to the knowledge aspect. Learners have selaknya sense of historical significance for themselves. Besides the historical facts presented in the form of problematic problems, historical learning also needs to be packed with attention to the value-nili. Learners are expected to take the value of a historical event then they can consider the value of whether it suits them. Such historical learning will be useful for learners as a consideration for action. This paper will describe a history learning that involves the value aspect of learning based on value-based learning through the VCT (Valaue clarification Technique ) learning model. This learning model provides an opportunity for learners to discover, and analyze the value of each historical event. Learners are not only faced with historical facts but also are required to find value. Moreover can determine whether the value is still relevant for him.

 

Keywords: value-based learning, VCT, historical fac, meaningful learning


References


Adisusilo, S. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter: Konstruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Raja Grafindo.

Amin, S. 2011. “Pewarisan Sejarah Nilai Lokal Melalui Pembelajaran Sejarah Pada Jalur Formal dan Informal Pada Siswa di SMA Kudus Kulon”. Jurnal Paramita, 21(1). Universitas Negeri Semarang.

Joyce, B., dkk. 2009. Models of Teaching. Terj Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza. Englewood Cliffs. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Hill, C.P. 1956. Saran-Saran Tentang Mengajarkan Sejarah. Jakarta: Perpustakaan Perguruan Kementrian.

Fraenkel, J.R. 1977. How to Teach About Values: An Analytic Approach. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Ghufron, A dkk. 2017. “Pengembangan Pembelajaran Berbasis Nilai-Nilai Budaya Yogyakarta Di Sekolah Dasar”. Jurnal Cakrawala Pendidikan. 36(2). 318-309. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kirschenbaum, H. 2000. From Values Clarification to Character Education: A Personal Journey. Journal Of Humanistic Counseling, Education And Development. 39. (Online) http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/j.2164-490X.2000.tb00088.x/full.

Koentjaraningrat. 1992. Beberapa Pokok Antropologi Sosial. Jakarta: Dian Rakyat.

Sadono, M. Y. & Masruri, Muhsinatun Siasah. 2014. Keefektifan VCT Dalam Pembelajaran Sejarah Untuk Meningkatkan Nilai Nasionalisme, Demokrasi, Dan Multikultural. Jurnal Harmoni Sosial. 1 (1). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wibowo, A. 2015. Keefektifan Metode Klarifikasi Nilai Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran PKN. Jurnal JIPSINDO. 1 (2). 66-82. Dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jipsindo/article/download/4525/3897.

Widja,I.G. 1989. Dasar-Dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: DEPDIKBUDRISTEK.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Putri Nur Ekasari



Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter