Membicarakan sejarah kontroversial: historiografi, ingatan masyarakat dan pendidikan sejarah di Indonesia

Anung Jati Nugraha Mukti, Johan Inda Permana

Abstract


This research aims to determine the history, memory, and historical education that are built-in historical discourse. History and memory are two components that influence and support each other. But what if the narrated history is different from the people's memory and how is this conveyed in education?. Answering the researcher's questions using the literature review method. In the last five years, major countries in the world have apologized and reconciled historical events that occurred in the past. The apology came after it emerged proving the victims as well as humanitarian considerations. In Indonesia, the events of 1965 and the Indonesian revolution have become the main discussion in the history of history to this day. Differences in historical narratives and people's memories of these events harm historical education. History will lose its soul and function because it is unable to achieve the goals achieved both in learning and in society.


Penelitian ini bertujuan untuk mendiskusikan bagaimana sejarah, ingatan dan pendidikan sejarah dibangun dalam wacana sejarah kontroversial. Sejarah dan ingatan adalah dua komponen yang saling mempengaruhi dan saling menyokong. Namun bagaimana jika sejarah yang dinarasikan berbeda dengan ingatan masyarakat serta bagaimana hal tersebut disampaikan dalam pendidikan ?. Menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan metode kajian pustaka. Lima tahun terakhir negara-negara besar di dunia melakukan ucapan permintaan maaf dan rekonsiliasi peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu. Permintaan maaf tersebut terjadi setelah muncul kesaksian para korban serta pertimbangan kemanusiaan. Di Indonesia, peristiwa 65 dan revolusi Indonesia menjadi pembahasan utama dalam sejarah kontroversial hingga hari ini. Perbedaan narasi sejarah dan ingatan masyarakat tentang peristiwa tersebut memberikan dampak negatif dalam pendidikan sejarah. Sejarah akan kehilangan jiwanya dan fungsinya karena tidak mampu mencapai tujuan yang dicapai baik dalam pembelajaran maupun dalam masyarakat.



Keywords


kontroversi; sejarah; ingatan; pendidikan sejarah; historiografi

References


Abdullah, T. (1997). Ke arah penulisan sejarah pemikiran Islam di Asia Tenggara: sebuah pelancongan bibliografis. In Sejarah Indonesia: penilaian kembali karya utama sejarawan asing. Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya, Lembaga Penelitian, Universitas Indonesia.

Adam, A. W. (2006). Soeharto file: sisi gelap sejarah indonesia. Ombak.

Adam, A. W. (2007). Seabad kontroversi sejarah. Ombak.

Affan, H., & Lestari, S. (2015, September 28). Komnas HAM: presiden minta maaf kepada korban, bukan kepada PKI. BBC News Indonesia. BBC News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2015/09/150921_indonesia_lapsus_kasus65_komnasham

Ahmad, T. A. (2016). Sejarah kontroversial di Indonesia: perspektif pendidikan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Ankersmit, F. R. (1987). Refleksi tentang Sejarah: Pendapat-Pendapat Modern tentang filsafat sejarah (Terjemah D). Gramedia.

Arta, K. S. (2012). Kurikulum dan kontroversi buku teks dalam KTSP. Media Komunikasi FPIPS, 11(2), 153–168. http://dx.doi.org/10.23887/mkfis.v11i2.459

BBC News Indonesia. (2015, September 28). Eks tapol 1965: lima puluh tahun menanti keadilan.. BBC News Indonesia. https://www.bbc.com/indonesia/berita_in-donesia/2015/09/150925_indonesia_lapsus_ekstapol_rehabilitasi

Becker, C. (1938). What is historiography?. The American Historical Review, 44(1), 20–28. https://doi.org/10.2307/1840848

Danial, E., & Wasriah, N. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Laboraturium Pendidikan Kewarganegaraan.

Daniel, B. (2019, April 3). Belgium to apologize for kidnapping of children from Congo Belgium. TheGuardian.Com. https://www.theguardian.com/world/2019/apr/03/belgiu¬m-apologise-kidnapping-mixed-race-children-from-congo

Denny/Reuters, A. (2015, August 14). Shinzo Abe minta maaf atas kekejaman Jepang di perang dunia. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/interna-sional/20150814223353-11372316/shinzo-abe-minta-maaf-atas-kekejaman-jepang-di-perang-dunia

Funkenstein, A. (1989). Collective memory and historical consciousness. History and Memory, 1(1), 5–26.

Garranghan, G. (1963). A Guide to Historical Methods. Fordham University Press.

Gottschalk, L. (1969). Understanding history : a Primer of Historical Method. Alfred A. Knoff.

Guldi, J., & Armitage, D. (2014). The History Manifesto. Cambridge University Press.

Haagsche Courant. (1933, May 8). Steun aan oorlogsslachtoffers.

Harrison, R., Jones, A., & Lambert, P. (2004). Scientific history and the problem of objectivity. In Making History: An Introduction to the History and Practices of a Dicipline. Routledge.

Iggers, G. G. (1997). Historiography in the Twentieth Century: from scientific objectivity to the postmodern challenge. Wesleyan University Press.

Kartodirdjo, S. (2014). Pemikiran dan perkembangan historiografi Indonesia. Ombak.

Kartodirdjo, S. (2015). Pemberontakan petani Banten 1888. Komunitas Bambu.

Kartodirdjo, S. (2019). Pendekatan ilmu sosial dalam metodologi sejarah. Ombak.

Kartodirdjo, S., Kuntowijoyo, K., Purwanto, B., & Nursam, M. (2017). Sejarah sosial: konseptualisasi, model dan tantangannya. Ombak.

Kochar, S. K. (2008). Pembelajaran sejarah. Grasindo.

Kuntowijoyo, K. (1987). Religion, state and social formation in indonesia. Asian Journal of Social Science, 15(1), 1–15.

Kuntowijoyo, K. (2013). Pengantar Ilmu Sejarah. Tiara Wacana.

Leirissa, L. (2001). Sejarah dan Demokrasi. Makalah dalam Konferensi Nasional Sejarah Indonesia VII.

Maestro, P. L., Woodyatt, A., Mendonca, D., & Crawford, J. (2019, September 1). World War II: German President asks for forgiveness 80 years on - CNN. CNN. https://edition.cnn.com/2019/09/01/europe/germany-poland-ww2-forgiveness-grm-intl/index.html

Margana, S. (2021). Historiography lecture UGM.

Purwanto, B. (2001). Historisisme baru dan kesadaran dekonstruktif: kajian kritis terhadap historiografi indonesiasentris. Humaniora, 13(1), 29–44.

Purwanto, B. (2020). Mengapa Indonesia memerlukan ilmu sejarah? Beberapa gagasan untuk ‘hilirisasi’ historiografi. Bakti Budaya, 3(1), 4.

Purwanto, B., & Adam, A. W. (2006). Gagalnya historiografi indonesiasentris ?. Ombak.

Stanford, M. (1987). The nature of historical knowledge (1st edition). Wiley-Blackwell.

Tim detikcom. (2021, July 3). Amsterdam Jadi Kota Pertama di Belanda yang Minta Maaf ke Indonesia. DetikNews. https://news.detik.com/internasional/d5629245/amst¬erdam-jadi-kota-pertama-di-belanda-yang-minta-maaf-ke-indonesia

Timmins, A. (2013). Memory and history: Understanding memory as source and subject. In J. Tumblety (Ed.), Reviews in History Published on Reviews in History (pp. 1–230). Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203552490

Trouw, T. (1975, september 11). Belangrijkste conclusie in rapport Van Namen: “Oorlogsslachtoffers moeten hogere uitkeringen krijgen”. Organisatie Trouw.

White, H. (1982). The politics of historical interpretation: discipline and de-sublimation. Critical Inquiry, 9(1), 113–137. http://www.jstor.org/stable/1343276.

Widodo, T. (2011). Memahami makna praksis pelaksanaan pembelajaran sejarah kontroversial. Paramita: Historical Studies Journal, 21(2).

Wineburg, S. (2001). Historical thinking and other unnatural acts: charting the future of teaching the past. Temple University Press, Philadelphia 19122.

Winter, J. (2006). Remembering war: the great war between memory and history in the Twentieth Century. Yale University Press.

Yamin, Moh. (2020). Menggugat pendidikan Indonesia: belajar dari Paulo Freire dan Ki Hajar Dewantara. Ar Ruzz Media.

Zed, M. (2004). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v17i12023p105-122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter