PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN ‘’ARTICLE ASSIGNMENT-BASED TEACHING PRACTICE’’ BERBASIS APLIKASI RESPONSIVE WEBSITE DESIGN (ARBES)

Wahyu Djoko Sulistyo, Riki Pratama

Abstract


Artikel ini merupakan hasil penelitian pengembangan. Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk inovasi pembelajaran sejarah. Sesuai dengan perkembangan zaman, adopsi teknologi menjadi syarat utama. Bentuk produk dari adopsi teknologi yang dihasilkan dari penelitian ini adalah Aplikasi Responsive Website Design (ARBES). Aplikasi ini diimplementasikan pada mata kuliah Pasca Kemerdekaan Jurusan Sejarah Univeristas Negeri Malang (UM) . ARBES ini dirancang untuk mengemas pembelajaran sejarah yang inovatif dan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan historis dan analisis mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Dick dan Carrey yang telah diuji oleh peneliti sehingga menjadi 9 detail yang detail.Prorduk yang telah dikembangkan melalui validator ahli materi dan validator ahli media. Hasil dari penilaian validator menyatakan bahwa produk ini layak. Hasil validasi materi mendapatkan skor sebesar 87 persen dan hasil validasi media mendapatkan skor 92 persen. Selain itu, produk ARBES telah diuji coba oleh responden yang menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan efektif dan layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase sebesar 91persen. Hasil pengukuran untuk manfaat peningkatan kemampuan berfikir analisis historis menunjukkan angka koofisiensi yang signifikan.

Keywords


Model Pembelajaran, ARBES, Indonesia Pasca Kemerdekaan,

References


Afolabi, S. O. (1999). The philosophy of supervision in education. Journal of Kwara State College of Education, 1, 39–48.

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosda-karya.

Arends, R., & Kilcher, A. (2010). Teaching for student learning. Routledge New York.

Baturay, M. H., & Birtane, M. (2013). Responsive web design: A new type of design for web-based instructional content. Procedia-Social and Behavioral Sci-ences, 106, 2275–2279.

Brame, C. (2016). Active learning. Vanderbilt University Center for Teaching.

Cairns, L., & Malloch, M. (2011). Theories of work, place and learning: New direc-tions. The Sage Handbook of Workplace Learning, 3–16.

Defelice, R. A., & Sittler, R. L. (2010). A brief history of the Dick and Carey Model. Journal of Communications Media Studies, 2(1), 101–115.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction.

Drake, F. D., & Brown, S. D. (2003). A systematic approach to improve students’ historical thinking. The History Teacher, 36(4), 465–489.

Ercikan, K., & Seixas, P. C. (2015). New directions in assessing historical thinking. Routledge New York, NY.

Hudaidah, H. (2014). Historical Thinking, Keterampilan Berpikir Utama Bagi Maha-siswa Sejarah. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(1).

Kuklinski, H. P., Brandt, J., & Puerta, J. P. (2008). Mobile Web 2.0. Theoretical-technical framework and developing trends. International Journal of Inter-active Mobile Technologies (IJIM), 2(4), 54–61. https://doi.org/10.3991/ijim.v2i4.535

Lase, D. (2019). Education and industrial revolution 4.0. Jurnal Handayani Pgsd Fip Unimed, 10(1), 48–62.

Learning, A. (2013). Strategies to promote critical thinking and active learning. Teach-ing in Nursing E-Book: A Guide for Faculty, 258.

McPeck, J. E. (2016). Critical thinking and education. Routledge.

O’Brien, C. P., Childress, A. R., McLellan, A. T., & Ehrman, R. (1992). A learning model of addiction. Portions of This Review Were Previously Presented at a National Institute on Drug Abuse Technical Review.

Paiva, S., & Pinheiro, P. (2020). Responsive Web Design for Smartphones Users: A Case Study of Higher Education Institutions in Portugal.

Peechapol, C., Na-Songkhla, J., Sujiva, S., & Luangsodsai, A. (2018). Development of Smartphone Application Based on the Theory of Planned Behaviour to En-hance Self-Efficacy for Online Learning. International Journal of Interac-tive Mobile Technologies (IJIM), 12(4), 135–151. https://doi.org/10.3991/ijim.v12i4.8715

Shahroom, A. A., & Hussin, N. (2018). Industrial revolution 4.0 and education. Inter-national Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(9), 314–319.

Streumer, J. N., & Kho, M. (2006). The world of work-related learning. In Work-related learning (pp. 3–49). Springer.

Sulistyo, W. D., Khakim, M. N. L., Jauhari, N., & Anggraeni, R. D. (2021). Fun Learn-ing History: Explore the History of Water Sites Based on Android. Interna-tional Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 16(07), 105–118.

Taylor, E. W. (1994). A learning model for becoming interculturally competent. Inter-national Journal of Intercultural Relations, 18(3), 389–408.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v16i12022p33-42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter