MEMBONGKAR MITOS KECANTIKAN DAN BUDAYA KONSUMEN DALAM CHICK LIT ‘BEAUTY CASE’ KARYA ICHA RAHMANTI

Tania Intan, Prima Agustina Mariamurti

Abstract


This study aims to dismantle the myths of beauty and consumer culture in the second chick lit of Icha Rahmanti, entitled Beauty Case (2005). The novel was examined using a feminist literary criticism approach and analyzed using descriptive-qualitative methods. The theoretical references used mainly are the ideas of Wolf (2017) to interpret beauty in various contexts, as well as the meaning of beauty in colonial and market discourse according to Priyatna (2018b). The issue of consumer culture is further discussed with the rationale of Wilson (1985) and Bowlby (1993). The results showed that: (1) in accordance with Wolf's ideas, the forms of beauty myths revealed in the novel included moving in the areas of work, culture, and sexuality. (2) The consumer culture that is experienced by the main characters and other female characters in the novel is the impact of the beauty myth, namely because of the desire to be seen, the demands of the environment, and the desire to look young.


Penelitian ini bertujuan untuk membongkar mitos kecantikan dan budaya konsumen dalam chick lit Beauty Case (2005), karya kedua dari Icha Rahmanti. Novel tersebut dikaji dengan pendekatan kritik sastra feminis dan dianalisis dengan metode deskriptif-kualitatif. Referensi teoritis yang digunakan terutama adalah gagasan Wolf (2017) untuk menafsir kecantikan dalam berbagai konteks, serta makna kecantikan dalam wacana kolonial dan pasar menurut Priyatna (2018b). Isu budaya konsumen selanjutnya dibahas dengan landasan pemikiran dari Wilson (1985) dan Bowlby (1993). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sesuai dengan gagasan Wolf, bentuk-bentuk mitos kecantikan yang terungkap dalam novel tersebut bergerak dalam wilayah pekerjaan, kultur, dan seksualitas. (2) Budaya konsumen yang dihayati oleh tokoh utama dan tokoh-tokoh perempuan lainnya dalam novel tersebut merupakan dampak dari mitos kecantikan, dan didasari oleh keinginan untuk dipandang, tuntutan dari lingkungan, dan hasrat untuk tampil muda.


Keywords


mitos kecantikan, budaya konsumen, chick lit, Beauty Case

References


Adlin, A. 2006. Menggeledah Hasrat: Sebuah Pendekatan Multi Perspektif. Yogyakarta dan Bandung: Jalasutra.

Anugrah, A. 2015. Mitos Kecantikan dalam Cerpen Barbitch dan Lipstik Merah Tua Karya Sagita Suryoputri (Telaah Kritik Sastra Feminisme). Jurnal Humanika, 15(3), 1–15.

Beauvoir, S. de. 2003. Beauvoir, Simone de (N. J. T. B. Febriantono, Penerj.). Yogyakarta: Pustaka Promethea.

Bowlby, R. 1985. Just Looking: Consumer Culture in Dreisen, Gissing, and Zola. London: Methuen.

Bowlby, R. 1993. Shopping with Freud. London: Routledge.

Dwiningtyas, S. A. H. 2016. Pemaknaan Perempuan Terhadap Konstruksi Mitos Kecantikan dalam Media Online Femaledaily.com. Jurnal Interaksi Online, 16(4), 1–11.

Humm, M. 2007. Ensiklopedia Feminisme (M. Rahayu, Penerj.). Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.

Intan, T., & Handayani, T. 2019. Formulasi Romance dalam Chick Lit Beauty Case Karya Icha Rahmanti. Kajian Sastra Feminis.

Julian, R. 2016. Mitos Kecantikan dalam Cerpen-cerpen Dwi Ratih Ramadhany. Jurnal Poetika, 4(1), 52–60.

Kamahi, U. 2017. Teori Kekuasaan Michel Foucault: Tantangan bagi Sosiologi Politik. Al-Khitabah, 3(1), 117–133.

Klein, R. D. (1983). Theories of Women Studies. New York: Routledge and Kegan Paul.

Mardhani, N. F. 2013. Penindasan Terhadap Perempuan Melalui Mitos Kecantikan yang Dialami oleh Tokoh Oba Nobuko dalam Drama Rebound Karya Nagumo Seiichi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FIB, 1(7), 1–5.

Meloni, C. 2010. Chickalicious. School Library Journal, 56(6), 1–8.

Moleong, L. J. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mujiningsih, K. 2016. Chicklit dalam Dunia Sastra Indonesia. Jurnal Pujangga. Jurnal Pujangga, 2(1), 121–167.

Mulyana, D. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Priyatna, A. 2018a. “Age is just a Number”: Tubuh Selebritas yang [tidak] Menua (Tubuh dalam dailymail.co.uk). Dalam A. Priyatna (Ed.), Tubuh dan Ideologi (hlm. 1–34). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.

Priyatna, A. 2018b. Kajian Budaya Feminis, Tubuh, Sastra, dan Budaya Pop. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rahmanti, I. 2004. Cintapuccino. Bandung: Gagas Media.

Rahmanti, I. 2005. Beauty Case. Bandung: Gagas Media.

Rosida, I. 2018. Tubuh Perempuan dalam Budaya Konsumen: Antara Kesenangan Diri, Status Sosial, dan Nilai Patriarki. Jurnal Antropologi: Isu-Isu Sosial Budaya, 20(1), 85–101. https://doi.org/10.25077/jantro.v20.n1.p85-101.2018

Safitri, K. 2006. Konstruksi Gaya Hidup Posmo Wanita Karier dalam Novel Cintapuccino (Skripsi, Universitas Islam Bandung). Diambil dari http://elibrary.unisba.ac.id/files/06-2277_Fulltext.pdf

Saguni, Syam, S., & Baharman. 2016. Narasi Tentang Mitos Kecantikan dan Tubuh Perempuan dalam Sastra Indonesia Mutakhir: Studi Atas Karya-Karya Cerpenis Indonesia. Jurnal Retorika, 9(2), 90–163.

Steedman, C. 1986. Landscape for A Good Woman. London: Virago.

Syaifuddin, H. H. 2013. Mitos Kecantikan dalam Berbagai Perspektif (Skripsi, UIN Surabaya). Diambil dari http://digilib.uinsby.ac.id/10568/7/bab%204.pdf

Taylor, A. 2012. Single Woman in Populer Culture: The Limits of Post-feminism. New York: Palgrave Macmillan.

Thornham, S. 2010. Teori Feminis dan Cultural Studies: Tentang Relasi yang Belum Terselesaikan. Yogyakarta: Jalasutra.

Wilson, E. 1985. Adorned in Dreams: Fashion and Modernity. London: Virago.

Wolf, N. 2004. Mitos Kecantikan: Kala Kecantkan Menindas Perempuan. Yogyakarta: Niagara.

Wolf, N. 2017. Mitos Kecantikan: Menafsir Kecantikan dalam Berbagai Konteks (L. M. Rahayu, Ed.; A. S. W. Sundasari, Penerj.). Bandung: Unpad Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um020v13i22019p164-178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Editorial office:
History Department, Faculty of Social Science,
Universitas Negeri Malang
Jl. Semarang No.5 Kota Malang 65145,  
Phone. (0341) 551312,
email: jsb.journal@um.ac.id
Website: http://journal2.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya

P-ISSN 1979-9993
E-ISSN 2503-1147

  Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY SA 4.0.

Web
Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats 

Flag Counter