PENGEMBANGAN DUMATARI SEBAGAI MEDIA BIMBINGAN KARIER

Nurbaity Nurbaity, Yuliana Rizki, Nadia Nadia, Ilham Tawakal, Muhammad Rizky

Abstract


Remaja memiliki berbagai masalah yang berkaitan dengan pemahaman, perencanaan dan pemantapan diri berkenaan dengan karier yang penting untuk diperhatikan terutama dalam bidang bimbingan dan konseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media berupa sebuah modul pemahaman diri karier (Dumatari) yang layak untuk digunakan baik secara mandiri oleh siswa maupun sebagai media dalam layanan bimbingan karier di sekolah.  Penelitian menggunakan prosedur penelitian pengembangan (research and development) dengan tahapan penelitian sesuai dengan panduan Sugiyono (2009). Subyek dalam penelitian ini terdiri dari ahli materi dan ahli media pada tahapan validasi produk, serta guru BK dan siswa sebagai pengguna produk dalam tahapan uji coba produk. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan data kualitatif dengan alat pengumpul data berupa angket dan wawancara. Validasi produk dengan ahli materi menghasilkan kesimpulan  bahwa modul berada pada kategori baik sementara validasi dengan ahli media menghasilkan kesimpulan bahwa modul berada pada kategori sangat baik. Ahli materi dan ahli media juga menyediakan saran-saran untuk perbaikan modul. Uji coba pada pengguna yaitu guru BK dan siswa  setelah modul direvisi menghasilkan kesimpulan bahwa modul berada pada kategori sangat bagus.Tahapan yang perlu dilakukan selanjutnya adalah menggunakan produk untuk meningkatkan pemahaman dan perencanaan karier siswa serta melaporkan hasilnya.

Keywords


pengembangan; modul; layanan bimbingan karier

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. & Jabar, C.S.A. (2010). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Brown, S.D. & Lent, R.W. (Eds.). (2013). Career Development and Counseling: Putting Theory and Research to Work. New Jersey: John Wiley & Sons.

Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Gothard, B., Mignot, P., Offer, M., & Ruff, M. (2001). Careers Guidance in Context. London: Sage.

Jainal, B., Rahim, M., & Puluhulawa, M. (2015). Pengembangan Modul Pemahaman Diri Sebagai Media Bimbingan Karir Siswa SMP Negeri 1 Gorontalo (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Gorontalo).

Leksana, D.M. (2015). Pengembangan Modul Bimbingan Karir Berbasis Multimedia Interaktif untuk meningkatkan Kematangan Karir Siswa. Akademika, 9(2), 290-298.

Masluchah, H. & Nursalim, M. (2016). Pengembangan Modul Perencanaan Karir Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Surabaya. Jurnal BK Unesa, 6(2).

Nasution. (2008). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nursalim, M. (2015). Pengembangan Media Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks

Nursalim, M. & Mustaji. (2010). Media Bimbingan dan Konseling. Unesa Univeristy Press

Satria, B., & Wahyuna, S. (2017). Self Efficacy Keputusan Karir Pada Siswa Madrasah Aliyah. Idea Nursing Journal, 6(3), 10-18.

Sudjana, N. & Rivai, A. (2009). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Offset.

Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta: Bandung.

Sujana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Sukiman. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogja

Tiara, S. W. (2013). Pengembangan Modul Perencanaan Karir Model Career Exploration Program (CEP) bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. SKRIPSI Jurusan Bimbingan dan Konseling & Psikologi-Fakultas Ilmu Pendidikan UM.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.