ANALISIS APLIKASI SOSIOMETRI UNTUK PENGUNGKAPAN INTERPERSONAL SKILL (SOLUSI YANG DITAWARKAN MENUJU PROFESIONALISME GURU BK)

Rahma Wira Nita, Ahmad Zaini

Abstract


Teknologi dewasa ini telah menjadi kebutuhan bagi setiap individu, terlebih bagi peserta didik sebagai pelanjut estafet masa depan bangsa. Kecenderuangan keteragantungan generasi muda pada teknologi akan mengkhawatirkan terhadap kemampuan interpersonal generasi muda. Menghadapi fenomena tersebut diperlukan ide solutif dari konselor untuk melakukan upaya preventif maupun kuratif untuk mengatasinya. Adapun formula yang dapat ditawarkan untuk menepisnya yaitu melakukan analisis pengungkapan kecakapan interpersonal skill peserta didik melalui aplikasi sosiometri dan merencanakan program pelayanan konseling yang representatif.


Keywords


self reports; interpersonal skill; sosiometri

Full Text:

PDF

References


Wisnuwardani, D. & Mashoedi, S. F. 2012. Hubungan Interpersonal. Jakarta: Salemba Humanika.

Duffy, F. D., Gordon, G. H., Whelan, G., Cole-Kelly, K., & Frankel, R. (2004). Assessing competence in communication and interpersonal skills: the Kalamazoo II report. Academic Medicine, 79(6), 495-507.

Frymier, A. B., & Houser, M. L. (2000). The teacher‐student relationship as an interpersonal relationship. Communication education, 49(3), 207-219.

Hébert, A., & Hauf, P. (2015). Student learning through service learning: Effects on academic development, civic responsibility, interpersonal skills and practical skills. Active Learning in Higher Education, 16(1), 37-49. Jeanette Murad Lesmana2006. Dasar-dasar Konseling. Jakarta: UI Press.

Moore, M. J. C., & Buehler, C. (2011). Parents’ divorce proneness: The influence of adolescent problem behaviors and parental efficacy. Journal of Social and Personal Relationships, 28(5), 634-652.

Rahardjo, S & Gudnanto. 2013. Pemahaman Individu: Teknik Nontes. Jakarta: Kencana

Sukmadinata, N. S. 2007. Bimbingan dan Konseling Dalam Praktek:Mengembangkan Potensi dan Kepribadian Siswa. Bandung: MAESTRO

Sutirna. 2013. Bimbingan dan Konseling: Pendidikan Formal, Non Formal dan Informal. Yogyakarta: ANDI.

Thijs, P. E., Van Dijk, I. K., Stoof, R., & Notten, N. (2015). Adolescent Problem Behaviour: The Gender Gap in European Perspective. European Journal of Criminology, 12(5), 598-615.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.