MELATIH KEMAMPUAN MENULIS PADA ANAK TUNAGRAHITA MELALUI GERAKAN COCL (CROSS CRAWL)
Hetti Zuliani, Nadia Nadia, Maula Arifa, Ditriya Aderisa Putri, Muhammad Mizlan Nuzuly, Mufti Akbar
Abstract
Penyandang tunagrahita membutuhkan waktu lebih banyak untuk menguasai suatu keterampilan, termasuk keterampilan menulis. Program ini bertujuan melatih kemampuan menulis pada anak tunagrahita. Tujuan yang diharapkan dari program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak tunagrahita dalam mengembangkan keterampilan memegang alat tulis untuk menulis dan mewarnai. Metode yang digunakan dalam program ini adalah gerakan cross crawl yang merupakan bagian dari brain gym. Program ini juga ditujukan agar guru yang mengajar di sekolah luar biasa dapat memahami gerakan yang dapat digunakan untuk memaksimalkan kemampuan otak khususnya untuk meningkatkan keterampilan menulis dan menggambar pada anak tunagrahita. Sekolah SMPLB YPPC Labui dijadikan sebagai sekolah percontohan dalam pengembangan keterampilan motorik pada anak tunagrahita dengan menggunakan metode cross crawl di Aceh. Sasaran program ini adalah lima orang anak tunagrahita sedang dan dua orang guru. Program dilakukan selama dua bulan dengan frekuensi tiga kali dalam seminggu. Waktu yang digunakan dalam setiap sessi adalah 30 menit. Hasil yang diperoleh, empat orang anak tunagrahita sudah meningkat dalam menuliskan huruf dan kata sedangkan satu diantaranya masih membutuhkan bantuan untuk menulis.
Keywords
melatih kemampuan menulis; tunagrahita; cross crawl; SMPLB YPPC Labui
References
Abdullah, Nandiyah. (2013). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus, Magistra No. 86 Th. XXV Desember 2013 1 ISSN 0215-9511. Diambil dari:http://journal.unwidha.ac.id/index.php/magistra/article/viewFile/388/335
Dennison, Paul E; Dennison, Gail E. (1986). Brain Gym Simple Activities for Whole Brain Learning. https://eric.ed.gov/?id=ED328436
Sumaryanti; Kushartanti, Wara; Laksmi Ambardhini, Rachmah. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Jasmani Adaptif Untuk Optimalisasi Otak AnakTunagrahita. Jurnal Kependidikan, 1(40), 29-44. Diambil dari: https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/511/380
Putri, Ni Luh; (2013). Kesulitan Menulis Permulaan Pada Anak Usia Dini dengan Kelainan Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(19). Diambil dari: http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/3760
https://ryansbg.wordpress.com/2013/08/03/
Refbacks
- There are currently no refbacks.