Pengembangan modul pembelajaran fuzzy pada mata kuliah Sistem Cerdas untuk mahasiswa S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang

Dyah Rosita Anggraeni, Hakkun Elmunsyah, Anik Nur Handayani

Abstract


Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran Fuzzy dan menguji kelayakan modul tersebut untuk dimanfaatkan di Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE dengan lima tahap pengembangan sebagai berikut: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi.  Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta diujicobakan pada mahasiswa yang sudah dan sedang menempuh mata kuliah Sistem Cerdas. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah modul fuzzy untuk pegangan dosen dan modul fuzzy untuk pegangan mahasiswa. Persentase kelayakan yang didapatkan dari validasi ahli materi untuk modul pegangan mahasiswa 91.00% dan modul pegangan dosen 93.00%, validasi ahli media 91.00%. Sedangkan untuk hasil uji coba didapatkan persentase hasil uji coba kelompok kecil 93.36% dan kelompok besar 89.47%. Berdasarkaan data hasil validasi dan uji coba tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan secara keseluruhan layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran Sistem Cerdas di Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang.


Keywords


pengembangan, modul pembelajaran, logika fuzzy, sistem cerdas.

Full Text:

PDF

References


Mahasiswa Menggunakan Modul. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(5). (Online), (http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/2868), diakses 26 Mei 2017.

Akbar, Sa’dun. 2016. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anwar, Ilham. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktori UPI. Bandung.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : Rineka Cipta.

Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Chao, L.2014. Cloud Database Development and Management. Florida, USA: CRC Press, Taylor & Fancis Group.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta : Penerbit Gava Media.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Hartoyo. 2009. Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Teknik Pendingin dan Tata Udara Berbasis Kompetensi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Edukasi Elektro, 5 (1). (Online), (http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/

article/view/974/783), diakses 29 Mei 2017.

Hernawan, A.S., Permasih, & Dewi, L. 2012. Pengembangan Bahan Ajar. (Online), (http://file.upi.edu/direktori /fip/jur. kurikulum_dan_tek._pendidikan/194601291981012permasih/pengembangan_bahan_ajar.pdf, diakses 13 juli 2016.

Mahfudhillah, Hamim T., Mimien Henie, Sueb. 2017. Pengembangan Modul Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Berbasis Proyek untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. (Online), 2 (3) : 400-408, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8655), diakses 29 Mei 2017.

Nurseto, T. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. (Online), 8 (1):19-35, (http://journal.uny.ac.id/index.php/jep/article//706/570), diakses 29 mei 2017.

Prihastono, Endro. 2009. Teknologi Sistem Fuzzy. Jurnal Dinamika Informatika, (Online), 1 (2): 108, (http://download.portalgaruda.org/article), diakses 26 Mei 2017.

Santyasa, I.W. 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan Teori Pengembangan Modul. Makalah Disajikan dalam Pelatihan Bagi Para Guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK Tanggal 12-14 Januari 2009, di Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung. (Online), (http://downloads.ziddu.com/downloadfile/11250926/metode_penelitian.zip.html, diakses 29 Mei 2017.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wahab, Albert. 1995. Teknolologi Sistem Fuzzy. Jurnal Elektro Indonesia, 1(4). (Online), (http://elektroindonesia.com/elektro/no6b.html), diakses 20 Mei 2017.

.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v29i1p26-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TEKNO

Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats