Pengembangan trainer PLC sebagai pengendali sistem pneumatik pada matapelajaran perekayasaan sistem kontrol bagi siswa kelas XII Teknik Elektronika Industri SMKN 1 Jenangan Ponorogo

Andrik Kurniawan, Arif Nur Afandi, Dwi Prihanto

Abstract


Sistem pneumatik adalah semua sistem yang menggunakan tenaga yang disimpan dalam bentuk udara yang dimampatkan untuk menghasilkan suatu kerja. Dalam penerapannya, sistem pneumatik banyak digunakan sebagai sistem otomasi pada dunia industri. Pemakain teknologi kontrol pneumatik murni saat ini sudah sangat jarang sehingga banyak industri yang mengubah teknologinya menggunakan perpaduan teknologi elektrik dengan pneumatik. Salah satu teknologi yang digunakan adalah Programmable Logic Controller (PLC), PLC digunakan sebagai pengendali dan pneumatik hanya digunakan sebagai komponen daya. PLC merupakan salah satu jenis controller yang banyak digunakan di industri karena berbagai keungulannya. Penelitian dan pengembangan ditujukan kepada siswa kelas XII Teknik Elektronika Industri (TEI) yang sedang menempuh matapelajaran perekayasaan sistem kontrol pada materi pokok PLC di semester 6. Kelas XII TEI di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo terdiri dari dua kelas yaitu: XII TEI A berjumlah 31 siswa dan XII TEI B berjumlah 29 siswa. Pada skripsi ini mengunakan model pengembangan ADDIE dengan tahap: (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Hasil penelitian dan pengembangan ini di uji kelayakannya oleh ahli untuk dinyatakan valid, selanjutnya di implementasikan kepada subjek uji coba untuk diuji kelayakan berdasarkan penilaian oleh pengguna pembelajaran. Hasil pengembangan berupa: Trainer aplikasi pneumatik dengan kendali PLC, dan jobsheet.  Adapun hasil pengujian produk oleh ahli didapatkan 49,5 untuk trainer dan 94.5 untuk jobsheet yang masuk dalam kriteria sangat valid. Selanjutnya produk di implementasikan kepada subjek ujicoba dimana hasilnya dinyatakan sangat layak dengan keseluruhan persentase validitas sebesar 93,13%, untuk trainer dan sebesar 91,99%, untuk jobsheet.


Keywords


penelitian pengembangan, pneumatik, PLC, perekayasaan sistem kontrol.

Full Text:

PDF

References


Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Benny, Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyatakbar.

PPKI UM.2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Malang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rahman, Muhammad & Amri, Sofan. 2013. Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Said, Hanif. 2012. Aplikasi Programable Logic Controller (PLC) dan Sistem Pneumatik pada manukfatur Industri. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Suryani, E. 2006. Pemodelan & Simulasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Undang-Undang RI No. 18 Tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian Pengembangan dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.(online), (http://www.batan.go.id/prod_hukum/extern/uu_18_2002.pdf) di akses 2016.

Wena, M. 1995. Strategi Pembelajaran Praktik ketrampilan Kerja Kejuruhan. Malang:Ikip Malang.

Wicaksono, Handy. Programmable Logic Controller (Teori, Pemograman dan aplikasinya dalam otomasi sistem). Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v29i1p41-49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TEKNO

Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats