Pengembangan Virtual Laboratory Entrepreneurship sebagai sistem monitoring usaha bagi mahasiswa

M Zainal Arifin, Syaad Patmanthara, Daniar Wahyu Akbar Oktaviando

Abstract


Tujuan dari pengembangan virtual laboratory sebagai sistem monitoring usaha mahasiswa adalah membangun sistem yang dapat membantu Dosen untuk memantau (monitoring) progress usaha yang sedang dijalankan oleh mahasiswa, kemudian sistem yang mampu mengukur progress dari usaha mahasiswa. Model pengembangan ini dilakukan melalui 5 tahapan yaitu : (1) Requirement analysis and definitions; (2) System and software design; (3) Implementation and unit testing; (4) Integration and system testing; (5) Operation and maintenance. Metode pengujian yang digunakan adalah blackbox, yakni untuk menguji fungsionalitas dan usabilitas sistem yang dikembangkan. Berdasarkan pengujian fungsionalitas dan usabilitas oleh ahli sistem, dosen, dan mahasiswa, mendapatkan hasil yang baik untuk aspek fungsionalitas dan presentase 85.86% untuk aspek usabilitas, sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem ini telah layak dan dapat dioperasikan. Diharapkan dengan pengembangan sistem Virtual Laboratory Entrepreneurship dapat bermanfaat bagi dosen dan mahasiswa sebagai sarana yang dapat membantu proses pengembangan usaha mahasiswa.


Keywords


Virtual Laboratory, Entrepreneurship, Monitoring

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari, Prof. Dr. H. 2017. Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta.

Amsler, G. M. et al. 2009. Performance monitoring: guidance for the modern workplace. Supervision, 70, 12-19.

Ferreira. et al. 2010. Collaborative learning based on a micro-webserver remote test controller. Bridgeport: University of South Australia.

Nann. Et al. 2010. Comparing the structure of virtual entrepreneur networks with business effectiveness. Procedia – Social and Behavional Sciences 2.

Sommerville, Ian. 2011. Software Engineering. 9th Edition. America : Pearson. Education ,Inc.

Subijanto. 2012. Analisis Kebijakan Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol 18, No. 2 Edisi Juni 2012, Balitbang, Kemdikbud.

Wiratno, Siswo. 2012. Pelaksanaan Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidika dan Kebudayaan, (Online), (http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/ 101/98), diakses 26 Maret 2018..




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v29i1p68-74

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 TEKNO

Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats