Pengembangan Metode Pembelajaran Mata Kuliah Sistem Distribusi Daya Listrik Berbasis Lingkungan Dengan Pendekatan Teknologi

Stieven Netanel Rumokoy, Langlang Gumilar, Dezetty Monika

Abstract


Metode dalam mengajar untuk mencapai tujuan pemahaman terus berkembang. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya perkembangan teknologi. Metode pembelajaran yang baik akan mempengaruhi pencapaian pembelajaran yang baik pula. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melaksanakan konsep pengembangan metode pembelajaran pada mata kuliah Sistem Distribusi Daya berbasis lingkungan dengan pendekatan teknologi. Dari hasil pelaksanaan, proses pengembangan metode pembelajaran pada mata kuliah Sistem Distribusi Daya berbasis lingkungan dengan pendekatan teknologi, dapat disimpulkan bahwa materi pengajaran dapat tersusun dengan sistematis dengan dilengkapi materi yang aplikatif yang diambil dari lingkungan Politeknik Negeri Manado. Mahasiswa dapat memahami dengan baik dibuktikan dengan hasil akhir dan bukti test yang dapat memenuhi Capaian Pembelajaran. Proses pembelajaran terlaksana lebih mudah dengan bantuan teknologi

Keywords


Proses Pembelajaran, Kognitif, Afektif, Psikomotorik.

Full Text:

PDF

References


Dwi Prasetya, R. (2012). Aplikasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Kuliah Manajemen Di Bidang Desain Interior. LINTAS RUANG: Jurnal Pengetahuan & Perancangan Desain Interior, 2(3), 71–82. https://doi.org/10.24821/lintas.v2i3.26

Kunaefi, T. D. (2008). Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi. Direktorat Akademik Direktorat Je3nderal Pendidikan Tinggi, 49.

Padangratu, K. (2014). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PRAKTIK BERBASIS KOMPETENSI BERORIENTASI PRODUKSI. 1, 27–40.

Parmin, & Peniati, E. (2012). Pengembangan modul mata kuliah strategi belajar mengajar ipa berbasis hasil penelitian pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 8–15. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2006

Puskur. (2001). Kurikulum berbasis kompetensi, mata pelajaran matematika SD. Jakarta: Depdiknas.

Rumokoy, Stieven N, & Simanjuntak, C. H. (2016). Perancangan Konsep Modul Praktek Instalasi PLTS Skala Rumah Tangga Berbasis Kompetensi Berorientasi Produksi. Fokus Elektroda, 04(04), 6–12. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33772/jfe.v4i4.8897

Rumokoy, Stieven Netanel, & Dkk. (2020). Perancangan Konsep Alat Praktek PLTS Skala Rumah Tangga Berbasis PV Roof Top Installation. Jurnal Ilmiah SETRUM, 9(1), 68–74. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36055/setrum.v9i1.7751

Sawitri, S., Krisnawati, M., Teknik, F., & Negeri, U. (2015). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK KULIAH PENGEMBANGAN DESAIN. 2(2), 45–60.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v30i1p55-65

Refbacks



Copyright (c) 2020 TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan

Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats