Implementasi Kontroler Logika Fuzzy sebagai Soft Starting Motor BLDC di Sepeda Listrik

Hendi Purnata, Sugeng Dwi Riyanto, Muhamad Yusuf

Abstract


Saat ini, sepeda diakui secara internasional tidak hanya sebagai bentuk rekreasi tetapi juga sebagai sarana transportasi perkotaan dan promotor kesehatan yang baik. Sepeda listrik adalah alat transportasi yang memadukan manfaat dan Kesehatan dari sepeda konvensional dengan keunggulan kendaraan bermotor. Telah kita ketahui juga kendaraan listrik saat pertama kita diberikan tegangan/gas oleh pengemudi terdapat gaya tarik yang kuat atau bisa dikatakan ciri khas dari motor listrik yang mana tarikan tersebut merupakan lonjakan arus yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi lonjakan arus saat starting, lonjakan tersebut berbahaya dikarenakan dapat mengurangi umur pada motor listrik. Peneliti merancang mekanisme soft starting pada motor BLDC (Brushless DC) dengan cara merancang algoritma kontroler logika fuzzy dan pensaklaran enam tahapan pada rangkaian inverter. Hasil menunjukan bahwa lonjakan arus saat starting sebesar 4,42 Ampere. Kecepatan motor BLDC saat throttle full kecepatan menunjukan 332 rpm dengan respon transient masing-masing sistem sebesar 1.5 s. Ketika diberikan set point kecepatan berubah-ubah, putaran motor BLDC dapat mengikuti yaitu sebesar 88 rpm menuju 180 rpm, kemudian naik sebesar 258 rpm dan puncak sebesar 331 rpm, kemudian turn ke 25 rpm dan terakhir sebesar 145.8 rpm. Saat respon transien sistem layaknya seperti sistem step orde dua, tidak ada overshoot tetapi masih ada osilasi saat mau menuju steady state.

Keywords


Soft Starting, Kontroler Logika Fuzzy, Sepeda Listrik

Full Text:

PDF

References


Apatya, Y. B. A., Subiantoro, A. and Yusivar, F. (2017) ‘Design and prototyping of 3-phase BLDC motor’, QiR 2017 - 2017 15th International Conference on Quality in Research (QiR): International Symposium on Electrical and Computer Engineering, 2017-Decem, pp. 209–214. doi: 10.1109/QIR.2017.8168483.

Bayindir, R., Ocak, C. and Topaloǧlu, I. (2011) ‘Investigation of the effect of magnet thickness on output power and torque of PM BLDC machines using parametric approach method’, International Conference on Power Engineering, Energy and Electrical Drives, (May), pp. 1–4. doi: 10.1109/PowerEng.2011.6036466.

Chen, S. et al. (2018) ‘Adaptive commutation error compensation strategy based on a flux linkage function for sensorless brushless DC motor drives in a wide speed range’, IEEE Transactions on Power Electronics, 33(5), pp. 3752–3764. doi: 10.1109/TPEL.2017.2765355.

Dias, C. G. and Pereira, F. H. (2018) ‘Broken Rotor Bars Detection in Induction Motors Running at Very Low Slip Using a Hall Effect Sensor’, IEEE Sensors Journal, 18(11), pp. 4602–4613. doi: 10.1109/JSEN.2018.2827204.

Du, S. et al. (2018) ‘A hall sensor-based position measurement with on-line model parameters computation for permanent magnet synchronous linear motor’, IEEE Sensors Journal, 18(13), pp. 5245–5255. doi: 10.1109/JSEN.2018.2836218.

Li, J. et al. (2015) ‘Analysis and Reduction of Magnet Loss by Deepening Magnets in Interior Permanent-Magnet Machines with a Pole/Slot Ratio of 2/3’, IEEE Transactions on Magnetics, 51(11), pp. 1–5. doi: 10.1109/TMAG.2015.2445787.

Pribadi, W. and Prasetyo, Y. (2019) ‘Sistem Kontrol Motor Dc Brushless Dengan Fix Frequency Hybrid Fuzzy Logic Controller’, Journal of Electrical Electronic Control and Automotive Engineering (JEECAE), 4(2), pp. 269–272.

Purnata, H., Pratiwi, A. F. and Yusuf, M. (2020) ‘Mekanisme Soft Starting Pada Pengaturan Kecepatan Motor BLDC Menggunakan Kendali Logika Fuzzy’, 1(1), pp. 13–19.

Purnata, H., Rameli, M. and Effendie Ak, R. (2017) ‘Speed control of three phase induction motor using method hysteresis space vector pulse width modulation’, 2017 International Seminar on Intelligent Technology and Its Application: Strengthening the Link Between University Research and Industry to Support ASEAN Energy Sector, ISITIA 2017 - Proceeding, 2017-January(Ilc), pp. 199–204. doi: 10.1109/ISITIA.2017.8124080.

Rizal, J. G. (2020) Booming di Seluruh Dunia karena Corona, Ini Tren Penjualan Sepeda Saat Ini, kompas.com. Available at: https://www.kompas.com/tren/read/2020/06/27/154500965/booming-di-seluruh-dunia-karena-corona-ini-tren-penjualan-sepeda-saat-ini?page=all.

Tang, M. and Zhuang, S. (2019) ‘On speed control of a permanent magnet synchronous motor with current predictive compensation’, Energies, 12(1). doi: 10.3390/en12010065.

Yan, H. et al. (2019) ‘DC Drift Error Mitigation Method for Three-Phase Current Reconstruction with Single Hall Current Sensor’, IEEE Transactions on Magnetics, 55(2), pp. 1–4. doi: 10.1109/TMAG.2018.2869837.

Yusuf, M. et al. (2019) ‘Desain Simulasi Sistem Pengaturan Kecepatan Motor Induksi Tiga Fasa Dengan Switching Space Vector Pulse Width Modulation’, Jurnal Ecotipe (Electronic, Control, Telecommunication, Information, and Power Engineering), 6(1), pp. 24–31. doi: 10.33019/ecotipe.v6i1.943.

Zhu, X. et al. (2019) ‘Systematic multi-level optimization design and dynamic control of less-rare-earth hybrid permanent magnet motor for all-climatic electric vehicles’, Applied Energy, 253(July), p. 113549. doi: 10.1016/j.apenergy.2019.113549.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v30i2p41-51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan

Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats