Rancang Bangun Sistem Informasi Laboratorium Teknik Elektronika dan Prediksi Usulan Bahan Habis Pakai Praktikum Menggunakan Algoritma Artificial Neural Network Backpropagation

Hera Susanti

Abstract


Laboratorium Teknik Elektronika Politeknik Negeri Cilacap bertugas untuk menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung seluruh kegiatan pengajaran dan penelitian pendidikan vokasi dilingkup kampus. Dalam pelaksanaan kegiatan di laboratorium, terdapat pengelola laboratorium yang bertanggung jawab dalam kegiatan administrasi laboratorium. Pengelolaan laboratorium mencakup pengolahan inventaris laboratorium yang meliputi peralatan laboratorium dan Bahan Habis Pakai (BHP). Oleh karena itu, dibangun sebuah sistem informasi yang dapat membantu mengelola laboratorim sekaligus melakukan prediksi terhadap bahan habis pakai yang akan diusulkan selanjutnya. Perancangan sistem informasi yang dibangun menggunakan UML (Unfied Modeling Language)  sebagai alat untuk menganalisa dan desain, dan untuk implementasinya menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL, dan framework Bootstrap, serta untuk memprediksi usulan pengadaan BPH menggunakan Artificial Neural Network (ANN) dengan algoritma Backpropagation. Pengujian sistem menggunakan Usability Testing serta Functional Testing. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah sistem dapat berjalan sesuai dengan kegunaan dan fungsinya masing-masing, dan nilai root mean squared error adalah 6.409 +/- 0.000 dan squared error adalah 41.071 +/- 165.081 untuk memprediksi usulan BHP selanjutnya.


Keywords


Unfied Modeling Language, analisa dan desain, inventaris, prediksi, PHP dan MySQL.

Full Text:

PDF

References


Adrian W.West. 2013. Practical PHP and MySQL Web Site Databases - A Simplified Approach. New York: Apress.

DIS, I. 2009. Ergonomics of Human System Interaction-Part 210: Human-Centred Design for Interactive Systems. Switzerland: International Standardization Organization (ISO).

Eka Wida Fridayanthie, Tias Mahdiati. 2016. Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung). Jurnal Khatulistiwa Informatika, Vol. IV, No. 2. Hal. 126-138.

Glenford, J. M., Sandler, C., & Badgett, T. 2012. The Art of Software Testing. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Hasin Hayder. 2007. Object-Oriented Programming with PHP5. Birmingham: Packt Publishing Ltd.

I Wayan Suardinata, Junaedi Adi Prasetyo. 2019. Pengembangan Sistem Informasi Laboratorium Teknik Informatika dan Penentuan Pengadaan Bahan Habis Pakai Praktikum Menggunakan Algoritma C4.5. JIFTI - Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Robotika Volume 1 Nomor 2. Halaman 7-11.

Kwok, L. 2015. A vision for the development of I-campus, Smart Learn. Environ 2. pp. 1–12.

Liu, D., Huang, R., Wosinski, M. 2017. Smart Learning in Smart Cities. Singapore: Springer. pp. 1–232.

Siti Aminah, Susetyo Bagas Bhaskoro, Adhitya Sumardi Sunarya. 2019. Desain dan Implementasi Aplikasi Inventaris Alat Praktikum Pada Laboratorium Berbasis Android dan QR Code. Prosiding Seminar Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat Unjani Expo (UNEX) I 2019. Halaman 91-95. ISSN: 2721-351X.

Stephen R. Schach. 2011. Object-Oriented and Classical Software Engineering, Eighth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Widyastuti. 2019. Perancangan Sistem Informasi Laboratorium Fisika (Silabfis) Berbasis Web Menggunakan Program Php Dan MySQL. Integrated Lab Journal. Vol. 07, No. 01, April 2019. Halaman 15 – 28. ISSN 2339-0905.

Zhao Yang Dong, Yuchen Zhang, Christine Yip, Sharon Swift, Kim Beswick. 2020. Smart campus: definition, framework, technologies, and services. Journals of IET Smart Cities. eISSN 2631-7680.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v30i2p85-101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan

Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats