HUBUNGAN KEAKTIFAN MAHASISWA BERORGANISASI DAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK) MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA 2018 UNIVERSITAS NEGERI MALANG DENGAN KESIAPAN MENJADI GURU KEJURUAN

Hesti Nur Afifah, Heru Wahyu Herwanto, Gres Dyah Kusuma Ningrum

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) membutuhkan pengajar dengan kemampuan abad 21 yang tidak dapat digantikan oleh teknologi. Riset ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat keterlibatan siswa dalam organisasi (X1), nilai rata-rata (X2), dan kesiapan menjadi guru SMK (Y); (2) mengungkapkan secara parsial hubungan antara (X1) dan (Y) dan (X2) dan (Y); dan (3) mengungkapkan hubungan simultan antara (X1) dan (X2) dan (Y). Teknik penelitian ex post facto ini memanfaatkan desain deskriptif korelasional dan metodologi kuantitatif. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian angket kepada 73 mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika angkatan 2018 dengan menggunakan metode sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data adalah kuesioner yang telah dievaluasi validitas dan ketergantungannya. Nilai variabel untuk melakukan analisis korelasi parsial dan regresi berganda, analisis uji prasyarat, dan analisis kontribusi efektif dan relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel X1 termasuk dalam kategori sangat tinggi (25%), (2) variabel X2 dalam kategori sedang (26%), dan (3) Variabel Y dalam kategori tinggi (40%). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian yaitu (1) variabel X1, X2, dan Y dalam kategori tinggi; (2) adanya hubungan positif dan signifikan secara statistik antara X1 dan Y, X2 dan Y; dan (3) ada hubungan simultan antara X1 dan X2 dengan Y

Keywords


Keaktifan Organisasi; Indeks Prestasi Komulatif (IPK); Kesiapan Guru Kejuruan; Abad 21

Full Text:

PDF

References


Adi, Y.K., 2019. Kesiapan mahasiswa PGSD untuk menjadi guru SD. mjpgmi 2, 20–30. https://doi.org/10.47971/mjpgmi.v2i2.128

ANDIKA, K., 2019. Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Dan Prestasi Belajar Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan 11, 69. https://doi.org/10.20961/jiptek.v11i2.19570

Arifah, I.W.N., 2016. Hubungan Antara Keaktifan Mahasiswa di Unit Kegiatan Mahasiswa FKIP UNS dan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa FKIP UNS dengan Kesiapan Menjadi Guru. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Arikunto, S., 2016. Manajemen Penelitian, 13th ed. Rineka Cipta, Jakarta.

Hakam, M., Sudarno, Hayyi, A., 2015. Analisis Jalur Terhadap Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Prestasi Kumulatif (Ipk) Mahasiswa Statistika Undip. Jurnal Gaussian 4, 61–70. https://doi.org/10.14710/j.gauss.4.1.61-70

Indonesia, P.P., 2005. Undang-undang (UU) Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Kristiawan, M., 2020. A Model for Upgrading Teachers’ Competence on Operating Computer as Assistant of Instruction (preprint). Open Science Framework. https://doi.org/10.31219/osf.io/m6wgn

Kurnia, H., 2014. Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Universitascokroaminoto Yogyakarta. Academy of Education Journal 5. https://doi.org/10.47200/aoej.v5i2.120

Maharrani, D., 2017. Membaca Kritis, Berpikir Kritis dan Mahasiswa: Optimaliasi Peran Universitas Melalui Fungsi Organisasi Kemahasiswaan. PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG 13.

Maretha, W., Siahaan, A., Sitorus, D., 2022. Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Prestasi Belajar terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa FKIP. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 4, 7150–7158. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i5.4005

PEDOMAN PENDIDIKAN Edisi 2020, 2020. . Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, Informasi, dan Kerjasama (BAKPIK) UM.

Rini, R.B., 2022. Pengaruh Keaktifan Berorganisasi, Self Efficacy Dan Magang Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Reguler A Angkatan 2018 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tanjungpura). Jurnal Manajemen Update 11.

Sholikhah, A., 2018. Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FE Unesa Angkatan 2015 6.

Universitas Pendidikan Ganesha Indonesia, Widja, I.G., 2018. Pembelajaran Sejarah Yang Mencerdaskan Suatu Alternatif Menghadapi Tantangan dan Tuntutan Jaman yang Berubah. JPSI 1, 117–134. https://doi.org/10.17977/um033v1i22018p117

Wina, W., 2022. Analisis Pengaruh Keaktifan Berorganisasi, Manajemen Waktu, Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian). Hirarki : Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis 4, 835–844. https://doi.org/10.30606/hirarki.v4i3.1543




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um034v33i1p36-45

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 TEKNO: Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan

Gedung B11, Lantai 2
Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Fakultas Teknik
Universitas Negeri Malang
Jln. Semarang No.5 Malang, Jawa Timur

Creative Commons License TEKNO : Jurnal Teknologi Elektro dan Kejuruan licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View Tekno Stats